CARA MENGATUR TAMPILAN DAN POSISI APLIKASI DI TABLET SAMSUNG ANDROID


Keluarga tablet premium samsung tab S adalah tablet premium besutan samsung dimulai dari tabS pertama yang di rilis tahun 2014, hingga tab s8 di tahun 2022 ini. Dalam beberapa tahun perkembangannya, tablet ini membawa serta fitur dan teknologi yang semakin meningkat, sehingga di klaim mampu sepenuhnya menggantikan laptop.

Meskipun demikian hingga hari ini tablet ini masih menggunakan sistem operasi yang sama dengan sistem operasi smartphone Android. 

Itulah perbedaannya dengan iPad, dimana iPad telah meninggalkan sistem operasi iPhone dan memiliki sistem operasi mereka sendiri, iPadOS, yang membuat iPad menjadi tablet yang sejati, tablet yang optimal dan tidak lagi terasa sebagai sebuah iPhone yang besar.

Pada tablet Android besutan samsung terdapat opsi seperti samsung DEX, dan ONE UI versi ke empat yang dapat memaksimalkan tampilan tablet dengan layar besar. Salah satunya kita dapat mengatur tampilan aplikasi aplikasi android agar posisinya tidak berdiri (portrait) seperti tampilan hape. 

Pada pengaturan ini kita dapat memilih 3 opsi tampilan
  1. Default (bawaan)
  2. Rasio aspek aplikasi
  3. Tampilan penuh
Pilihan pertama adalah bawaan perangkat, beberapa aplikasi tampak kurang optimal tampil pada layar besar. Misalnya IG tidak akan bisa tampil landscape ia akan tampil portrait. Sehingga pada saat layar tablet landscape kepala kita terpaksa di miringkan untuk membaca atau merobah posisi tablet menjadi portrait, barulah aplikasi terbuka dengan  nyaman.

Pada pilihan kedua rasio aspek layar, ukuran aplikasi asli seperti pada smartphone, namun ia tampil dengan benar pada posisi layar tablet yang sedang landscape.

Dan pada pilihan ketiga, aplikasi tampil sepenuh layar, namun beberapa aplikasi bisa saja kurang optimal, ketika di tampilkan penuh.

Setiap aplikasi tidak sama dari segi kemampuan dan fitur tampilannya, misalnya ada beberapa aplikasi seperti game yang dapat secara otomatis menyesuaikan diri dengan posisi landscape dan portrait, dan juga adaptif terhadap segala ukuran layar.

Saya berharap jika Google sudah siap mengganti sistem operasi Android smartphone menjadi Android 12L ke tablet, maka hal ini berangsur angsur akan dapat teratasi secara otomatis.

Silahkan tonton video di atas.


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak