EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

6 PERBEDAAN PENTING MACBOOK DENGAN LAPTOP WINDOWS SETELAH TAHUN 2020

AvatarOleh:
Macbook memang beda, dan sebelum tahun 2020 perbedaan macbook dengan Laptop populer Windows adalah dari sisi desain dan Platform OS yang dipergunakannya namun semenjak Apple berencana 'move on' dari INTEL ke chipset buatan mereka sendiri pada produksi tahun 2020, menjadikan jurang perbedaan itu bertambah lebar saja.

Apple Macbook

ARM adalah teknologi chipset yang biasa digunakan pada perangkat smartphone. Teknologi ini menjadi dasar pembuatan chipset Qualcomm, Huawei Kirin, Samsung Exynos, hingga MediaTek. Kini dunia akan mengenal ARM sebagai Chipset yang digunakan buat laptop dan juga desktop karena sebelumnya dunia hanya mengenal dua prosesor: Intel dan AMD. Dan Apple sedang memulai langkah tersebut. Ini menarik karena ketika hal tersebut terjadi jurang perbedaan antara Laptop Windows dan Macbook akan menjadi semakin besar.
  1. Macbook menggunakan chipset buatan mereka sendiri ada yang bilang basisnya ARM, ada yang mengatakan itu adalah chipset Apple Silicon alias chipset buatan mereka sendiri, sedangkan Laptop Windows menggunakan INTEL dan AMD.
  2. Macbook menjalankan platform MacOS, sedangkan Laptop Windows menjalankan platform OS Microsoft Windows.
  3. Desain fisik Macbook akan menjadi sangat tipis sedangkan Windows masih butuh waktu lama sampai teknologi INTEL dan AMD memungkinkannya.
  4. Macbook semakin kompak dengan perangkat mobilenya, tidak perlu aplikasi tambahan apa apa untuk saling tersinkron satu perangkat dengan perangkat lainnya, sedangkan windows membutuhkan banyak prosedur.
  5. Sistem keamanan Macbook yang semakin terintegrasi akan semakin sulit dtembus oleh peretas, karena hampir semua komponen hardware dan software di buat dan di kembangkan oleh satu tangan: Apple, dan mereka yang bekerja di dalamnya telah di akui kapasitas globalnya. Karuan hal ini akan membuat MacOs akan semakin ringan dan cepat pada saat dijalankan. Beda sekali dengan Windows yang di produksi oleh berbagai macam pabrikan.
  6. Akan menjadi jauh lebih hemat battery, jika ARM di buat dengan benar berdasarkan prosedur dan standar mereka, maka hal tersebut akan membuat perangkat menjadi irit battery.

Bukan hanya beda dengan laptop windows, Macbook 2020 bakalan beda banget dengan Macbook produksi tahun tahun sebelumnya, diantaranya:
  1. Secara fisik akan menjadi jauh lebih tipis bahkan jika dibanding dengan lini Macbook Air.
  2. Macbook 2020-2022 menggunakan chipset buatan mereka sendiri sedangkan Macbook sebelumnya menggunakan INTEL
  3. Karena menggunakan otak berarsitektur sama dengan perangkat mobile mereka maka Macbook 2020 dapat menjalankan hampir semua aplikasi aplikasi iOS, iPadOS seperti game, aplikasi utility dll. Macbook sekarang akan dapat memainkan game game mobile yang ciamik.
  4. Relatif lebih murah dengan spek yang lebih tinggi.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

6 PERBEDAAN PENTING MACBOOK DENGAN LAPTOP WINDOWS SETELAH TAHUN 2020

4 komentar

  1. Desainnya yang makin tipis lebih comfortable dibawa kemanapun, Macbook 2020 bisa jadi incaran.
    Menurut prediksiku begitu, entah faktanya nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dengan mengadopsi chipset buatan sendiri banyak kalangan memprediksi perangkat Apple akan semakin mendominasi perangkat kelas atas

      Hapus
    2. Berarti prediksiku ngga jauh dari prediksi banyak kalangan :)

      Hapus
  2. Aku suka baterainya yang kuat dan tahan lama...sehingga cocok buat bekerja atau blogging diluar rumah

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas