TERNYATA BUKAN ARM, TAPI APPLE SILICON...

AvatarOleh:
Seperti yang telah kita ketahui bulan lalu, CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan bahwa mereka akan mengubah jajaran Mac, MacBooks, iMacs, semuanya, dari chipset Intel ke Apple Silicon khusus. 

ilustrasi chipset

Wah keliru bin meleset kitanya, ternyata bukan ARM, melainkan Apple Silicon kustom. Dan perbedaannya mungkin sangatlah halus tetapi juga sangat sangat signifikan.

Mengapa mereka tidak pindah ke ARM? 

Kalau ada yang mengatakan pada dasarnya itu adalah ARM, maka tidak sepenuhnya benar. 

Pertama ARM memiliki dua jenis lisensi. Yaitu untuk desain chipset. Apple membayar biayanya, Apple mengambil inti Cortex atau apa saja. 

Dan  lisensi ISA. Kalau hanya itu, Apple tidak mendapatkan desain chip. Tidak ada apa apa selain arsitektur set instruksi. Apple harus membuat sendiri desain yang sebenarnya. Kalau Intel dan AMD jelas sekali bayar selesai.  Itu bedanya ARM dengan Intel dan AMD yang memiliki pabrik, arm tidak punya pabrik seperti menjalankan bisnis waralaba. 

Dan, kedua, karena set instruksi ARM, bahkan CPU, secara harfiah hanya satu bagian kecil dari paket silikon Apple. Ia sudah bekerja pada perangkat iPad dan iPhone. 

A ADALAH CHIPSET ITU.

Pada Januari 2010, silikon Apple memulai debutnya di dalam iPad asli. Ditanamkan ke iPhone pada tahun yang sama. 

Mereka menyebutnya A4 dan itu adalah sistem-on-a-chip atau SoC. Itu berarti, alih-alih memiliki prosesor terpisah, kartu grafis, modul RAM, sebagaimana layaknya PC, semuanya diintegrasikan bersama menjadi satu chip tunggal. Pada dasarnya, bukannya seperti piringan pada komputer, itu lebih cocok jika dipadankan sebagai roti sandwich komputer.

Memanglah selama ini Ia menggunakan versi prosesor ARM Cortex-A8, karena saat itu, Apple melisensikan desain ARM. A5 menggunakan versi Cortex-A9. Jadi tidak heran jika orang menganggap itu adalah ARM.

Akan tetapi, pada tahun 2012, Apple beralih ke lisensi set instruksi dan merilis CPU kustom pertama mereka dengan A6. Dan pada bulan September 2013, Apple memperkenalkan tidak hanya chipset 64-bit pertama mereka, tetapi terlebih dahulu  memperkenalkan industri seluler: iPhone. 

Demikianlah adanya, sementara Qualcomm dan Samsung berpuas diri dengan R&D pada 32-bit selama itu dan  berlanjut hingga bertahun-tahun berikutnya, Apple benar-benar mengejutkan dunia silikon dengan memulai sesuatu yang hebat dan dimulai dari NOL yakni sebuah lompatan chipset menuju ke 64-bit.

Terlihat Apple selalu menjadi yang terdepan dalam membawa perubahan besar dan di ekori oleh pelaku bisnis berbasis teknologi serupa dibelakangnya. Apple yang penuh dengan kejutan. 

JADI BUKAN ARM, TAPI APPLE SILICON? 

Alasannya bukan semata mata karena menanamkan ARM ke Macbook seperti memasangkan mesin kecil ke perangkat besar, tetapi memang kita salah menangkap maksud Apple mau move on dari Intel dan AMD kita menyangka mereka mau pindah ke ARM, demikian yang telah di posting juga pada halaman blog ini keliru karena ikut ikutan opini umum yang sedang berkembang.

BACA: 6 PERBEDAAN PENTING MACBOOK DENGAN LAPTOP WINDOWS DI TAHUN 2020-2022

Apple bisa memutuskan membuat apa saja. Walaupun membuat chipset berarti berbisnis prosesor, namun Apple beda: Mereka melakukannya Nothing to loose, Apple tidak menjual chipsetnya. Mereka bukan vendor silikon. Mereka tidak harus beroperasi seperti layaknya vendor silikon. Mereka tidak perlu khawatir tentang pemasaran atau kenaikan harga atau berapa lama properti mereka disimpan. Mereka bahkan tidak peduli mendapat untung atau tidak dari setiap generasi chipset yang telah mereka buat. 

Tim teknologi platform Apple tidak dibatasi atau terhalang oleh semua itu, tidak dengan cara apa pun. Mereka independen - setidaknya dalam batasan ini. 

Dan lagipula, tim silikon Apple hanya memiliki satu pelanggan. Mereka tidak perlu khawatir akan keharusan mendukung banyak vendor yang berbeda beda dengan beragam variasi teknologi, tidak perlu membuat chipset untuk perangkat lain selain merek Apple,  tidak perlu menebak kebutuhan apa pada pabrikan lain seperti intel, AMD dan bahkan ARM yang memiliki banyak pelanggan dan pabrikan di luar mereka. Mereka hanya perlu fokus pada diri mereka sendiri.

Semua yang harus dilakukan oleh tim teknologi platform Apple saat ini, adalah hanya menjalankan iOS dan iPadOS dan tvOS dan watchOS  dan selanjutnya macOS  yang lebih cepat dari apa pun di planet ini. Hanya itulah satu-satunya pekerjaan mereka.

Sekali lagi kita perjelas bahwa set instruksi ARM bagian CPU, hanya bagian yang sangat kecil dari paket, semuanya telah disesuaikan di luar desain ARM.

Tetapi juga lebih dari sekedar CPU, Apple memulai prosesor grafis kustom mereka sendiri atau GPU. Sebelumnya, Apple telah menggunakan PowerVR .

Ada manajemen daya, akselerator kriptografi, Enklave Aman, pemrosesan audio efisiensi tinggi, mesin kedalaman, mesin pro display, pengontrol penyimpanan, encoder video HEVC, prosesor video HDR, prosesor selalu aktif, memori terpadu kinerja tinggi, cache bandwidth tinggi, silikon pengemasan, dan pemrosesan OLED yang ditingkatkan.

Bukan karena Apple ingin membuat setiap komponen di dalam setiap perangkat, karena kesombongan seperti itu bisa mengarah pada kejatuhan yang buruk. Tetapi, memang sangat terasa sepertinya Apple ingin memiliki setiap komponen yang mengarah pada pengalaman pengguna, berdampak besar bagi pelanggan.

Karena tim Apple silikon hanya memiliki satu klien, dan karena tim Apple bekerja sangat dekat baik dengan tim rekayasa piranti keras, tim piranti lunak bahkan tim antarmuka untuk manusia, tidaklah mengherankan jika mereka dapat membuat silikon secara khusus untuk mendukung perangkat keras, perangkat lunak, dan antarmuka yang diinginkan oleh tim tersebut. Apple adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari tim tim yang paling solid di muka bumi.

Ini bukan desain ARM. Ini bukan soal membuang chip Qualcomm ke Surface atau bahkan AMD hybrid atau Intel Chip ke perangkat HP atau Dell. Ini memang beda alam, alamnya Apple. 

Mengapa selalu silikon? Karena sehebat dan secanggih apapun produsen teknologi mereka tetap membutuhkan tempat dan harus berdagang : membuat silikon mereka sendiri di Lembah Silikon. Mereka membutuhkan bisnis di Lembah Silikon.

Microsoft saja sampai menghabiskan waktu dan kekayaan mereka selama bertahun-tahun membuat silikon sendiri atau Qualcomm menciptakan sistem operasinya sendiri dan memproduksi perangkat keras komputer.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

2 Komentar untuk "TERNYATA BUKAN ARM, TAPI APPLE SILICON..."

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel