Mana lebih baik buat kerja dan blogging, iPad Air atau Tab s7 Android?

mana yang terbaik, tablet Android atau iPad, jika dipergunakan buat bekerja dan blogging di tahun 2020?

1. iPad AIR 

Jika pertanyaan ini di ajukan 3 hingga 4 tahun lalu saya langsung menjawab dan memilih tablet Android buatan Samsung dengan alasan:
  1. iPad pada masa masa itu masih menggunakan OS sama dengan iPhone, sulit sekali mengakses browser buat blogging layaknya seperti yang dapat kita lakukan melalui PC, namun Tablet Android seperti keluarga samsung galaxy mampu melakukannya. Misalnya ketika mengakses browser chrome atau bahkan safari bawaan ipad itu sendiri untuk membuka dasbor blogger tidak akan sampai dapat membuka halaman editor HMTL browser langsung berhenti bekerja di iOS.
  2. Pada masa itu Samsung galaxy S2 saja bahkan dapat menyamai laptop dalam hal kemampuan blogging langsung melalui browser seperti yang telah saya singgung di atas.
Dua alasan itu membuat saya memiliki iPad hanya buat nonton video dan main game, namun iPad memiliki kekuatan grafis yang lebih baik, aplikasi yang lebih stabil, sehingga mampu di pergunakan untuk mengedit video dan gambar jauh lebih mumpuni daripada sekedar tablet Android. Lalu apa bedanya dengan sekarang di tahun 2020?
iPad Air

Jauh banget! iPad justeru semakin powerful terutama setelah memiliki OS-nya sendiri yakni ipadOS, sehingga ia dapat menjalankan aplikasi yang lebih berat dan benar benar mendekati kemampuan PC atau MacOS yang dijalankan pada Macbook. Istemewanya memiliki iPad di zaman now adalah ia seolah di buat untuk menjadi jembatan antara iOS dan MacOS, ia dapat menjalankan kedua jenis aplikasi di dalam perangkatnya. Ia juga mewakili dimensi ukuran dan performance dua perangkat Apple: Menengahi gap antara iOS dan MacOS, berada diantara ukuran iPhone yang kecil dan Macbook yang besar.

Ya di tahun sebelumnya (2018) kita diperkenalkan dengan iPad pro, dimana varian iPad Air masih memiliki keterbatasan, namun di tahun 2020, iPad Air telah memiliki hampir semua fitur dan kemampuan iPad pro di tambah dengan kehadiran iPadOS sebagai operating systemnya, telah dipasangi chip paling kuat di tahun ini yakni A14 bionic, dan yang penting iPad Air telah memiliki ukuran dimensi layar 10,9inchi.

Karuan hal ini membuat iPad Air mampu di pakai buat bekerja dan apalagi jika hanya sekedar buat blogging, mengambil dan mengedit konten gambar, membuat dan mengedit konten video, dan membuat konten tulisan. Kalian hanya perlu menambahkan cover yang sekaligus bisa menjadi papan ketik untuk menjadikannya serasa sebuah laptop.

Spek iPad menurut GSM Arena:

BODY Dimensions 247.6 x 178.5 x 6.1 mm (9.75 x 7.03 x 0.24 in)
Weight 458 g (Wi-Fi) / 460 g (3G/LTE) (1.01 lb)
Build Glass front, aluminum back, aluminum frame
SIM Nano-SIM, eSIM
Stylus support

DISPLAY Type Liquid Retina IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 10.9 inches, 359.2 cm2 (~81.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1640 x 2360 pixels (~264 ppi density)
Protection Scratch-resistant glass, oleophobic coating
True-tone
Wide color gamut
500 nits typ. brightness (advertised)

PLATFORM OS iPadOS 14
Chipset Apple A14 Bionic (5 nm)
CPU Hexa-core
GPU Apple GPU (4-core graphics)

MEMORY Card slot No
Internal 64GB, 256GB

MAIN CAMERA Single 12 MP, f/1.8, (wide), 1/3", 1.22µm, dual pixel PDAF
Features HDR
Video 4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps; gyro-EIS

SELFIE CAMERA Single 7 MP, f/2.0, 31mm (standard)
Features HDR
Video 1080p@30/60fps

SOUND Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack No

COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, EDR
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS (LTE model only)
Radio No
USB Type-C 1.0 reversible connector; magnetic connector

FEATURES Sensors Fingerprint (top-mounted), accelerometer, gyro, compass, barometer
Siri natural language commands and dictation

BATTERY Type Li-Po, non-removable (28.6 Wh)
Talk time Up to 10 h (multimedia)

MISC Colors Space Gray, Silver, Rose Gold, Green, Sky Blue
Models A2324, A2072
Price About 640 EUR

2. Tablet Android untuk blogging mobile

Tablet Android jauh lebih rame dan bervariasi jika dibanding dengan iPad yang hanya memiliki satu satunya pabrikan: Apple.inc. Sedangakan Android

Namun karena banyaknya itu pula membuat bingung untuk memilih salah satunya. Masing pabrikan mengklaim dan menawarkan berbagai kelebihan. 

Saya merekomendasikan Samsung karena memiliki varian tablet premium seperti tab s, sampai saat ini bapak saya masih memiliki tab s2 dan dia pakai buat menulis dan kadang untuk menopang pekerjaannya. Seperti kita ketahui di tahun 2020 telah hadir tab s7 yang jauh lebih mumpuni. Bayangkan saja tab s2 telah tertinggal 5 generasi.

samsung galaxy s7
Tablet tablet Android dengan OS Android memang mumpuni dalam hal mengakses browser browser besar terutama chrome, ya bisa dimaklumi, mungkin karena baik sistem Android dan aplikasi web itu memang buatan Google, jadi memang sangat kompatibel. Tapi  mengapa iOS begitu lemah saat mengakses safari, padahal safari dan iOS itu sendirj kan buatan Apple?

Well itu sudah berlalu, kini iPad tidak menggunakan iOS lagi sebagai sistem operasinya, kini iPad menggunakan iPadOS. Jadi belilah iPad baru jangan iPad lama yang masih menggunakan iOS! iOS hanya cocok buat perangkat genggam iPhone dengan segala kekurangan maupun kelebihannya.

Kembali ke pembahasan tablet Android. Dengan memiliki tablet seperti tab s6, kita tentu dapat menggunakan atau memanfaatkannya buat menopang pekerjaan produksi, menggambar, atau membuat dan mengedit konten konten video. Apalagi tablet ini telah dilengkapi dengan cover yang juga berfungsi sebagai papan ketik (keyboard).


Speks Galaxy S7 menurut GSM Arena:

BODY Dimensions 253.8 x 165.3 x 6.3 mm (9.99 x 6.51 x 0.25 in)
Weight 498 g (Wi-Fi), 500 g (LTE), 502 g (5G) (1.10 lb)
Build Glass front, aluminum back, aluminum frame
SIM Nano-SIM
Stylus support, 26ms latency (Bluetooth integration, accelerometer, gyro)

DISPLAY Type LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 11.0 inches, 350.9 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio)
Resolution 1600 x 2560 pixels, 16:10 ratio (~274 ppi density)
HDR10+
120Hz refresh rate

PLATFORM OS Android 10, One UI 2.5
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
CPU Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585
GPU Adreno 650

MEMORY Card slot microSDXC (dedicated slot)
Internal 128GB 6GB RAM, 256GB 8GB RAM, 512GB 8GB RAM
UFS 3.0

MAIN CAMERA Dual 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.4", 1.0µm, AF
5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µm
Features HDR, panorama
Video 4K@30fps

SELFIE CAMERA Single 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4", 1.12µm
Video 1080p@30fps

SOUND Loudspeaker Yes, with stereo speakers (4 speakers)
3.5mm jack No
Tuned by AKG

COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Radio No
USB 3.2, Type-C 1.0 reversible connector; magnetic connector

FEATURES Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Samsung DeX
ANT+

BATTERY Type Li-Po 8000 mAh, non-removable
Charging Fast charging 45W

MISC Colors Mystic Black, Mystic Bronze, Mystic Silver
Models SM-T870, SM-T875, SM-T876B
SAR 1.26 W/kg (body)
SAR EU 1.38 W/kg (body)
Price About 700 EUR

Menilik speks di atas tab S7 tidak kalah speksnya dengan iPad Air, malah ukuran layarnya lebih lega yakni 11inch dibanding iPad Air yang 10.9 tentu saja dengan aspek ratio yang berbeda. Keduanya tampak memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing pada saat dipergunakan buat berproduksi.

3. Jadi mana yang terbaik?

Mungkin untuk beberapa tahun sebelumnya saya akan memilih tablet Android. Namun kini diluar pertimbangan harganya yang mahal, saya menempatkan iPad Air sebagai prioritas saya dengan alasan berikut:
  1. Perubahan OS dari iOS ke ke iPadOS membuat sebuah iPad adalah Macbook Air versi light yang mampu mengerjakan tugas tugas dan pekerjaan menengah ringan, blogging menggunakan iPad hari ini sangatlah mudah dan nyaman.
  2. Memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi daripada tablet Android.
  3. Memiliki aplikasi aplikasi grafis lebih baik.
Namun tablet tablet Android kelas premium juga telah mengalami peningkatan yang signifikan, chip yang lebih baik, fitur kamera semakin garang, mesin yang semakin kuat. Plus kebebasan mengkustomisasi tampilan dan beberapa fungsinya. Meskipun harga Samsung tab S7 terlihat lebih mahal (700 EUR berbanding iPad Air yang 640 EUR) namun jangan tertipu, Samsung tab S7 telah dilengkapi dengan keyboard sandingan yang sangat nayaman buat mengetik harganya apabila dibeli secara terpisah mungkin sekitar 2,8 jutaan Rupiah. 

Sedangkan iPad Air tidak menyertakan keyboard pada setiap unit pembeliannya, kalian harus membelinya secara terpisah dengan harga yang cukup mahal. Menimbang jika kita mempertimbangkan untuk membelinya bukan hanya sekedar buat bermain dan untuk hiburan, namun di peruntukan buat berproduktifitas, maka melengkapinya dengan keyboard fisik adalah hal yang sangat penting, kecuali jika kalian memang sangat menyukai keyboard virtual atau papan ketik layar sentuhnya yang juga memang hebat. Namun sehebat apapun keyboard layar sentuh pertimbangan untuk memiliki keyboard fisik adalah sebagai berikut:
  1. Keyboard virtual/layar sentuh menyita ruang layar/screen hingga separoh pada posisi landscape, dan nyaris sepertiga pada posisi portrait.
  2. keyboard fisik iPad
  3. gambar keyboard fisik iPad
  4. Ada sementara orang tidak suka terlalu dekat dengan layar pada saat melakukan pengetikan.
  5. Orang menyukai keyboard fisik zaman now yang juga berfungsi sebagai cover pelindung iPad/tablet Android karena sudah sedemikian tipisnya namun berkat teknologi malahan menjadi semakin efesien, efektif dan akurat.
    keyboard fisik samsung tab s
      gambar keyboard Samsung Tab S
  6. Keyboard fisik berguna pada saat melakukan penulisan artikel panjang berupa tutorial, penulisan cerpen, novel dsb melalui perangkat mobile. Keyboard fisik dapat difungsikan sebagai stand atau dudukan tablet/ponsel sekaligus sehingga posisi badan mengetik menjadi lebih ergonomic (lebih sehat) untuk pekerjaan yang memang membutuhkan waktu lama. Ini adalah pengalaman yang berbeda jika misalnya saya harus mengetik konten panjang seperti blogging menggunakan layar sentuh tablet, lama lama tangan akan kelelahan.
Ada kelebihan tentu ada kekurangannya secara umum keyboard milik samsung lebih mirip kinerjanya dengan keyboard PC, sedangkan keyboard fisik iPad selalin cantik juga sangat presisi. Kedua keyboard tampak seimbang. Sama sama nyaman pada saat melakukan pekerjaan pengetikan terutama berguna dalam membuat konten atau artikel panjang.

Dua duanya memiliki pensil stylus, namun dalam hal ini samsung melengkapi pensil stylus tabletnya dengan fitur baru, yakni mudah terintegrasi dengan koneksi bluetooth.

Namun secara keseluruhan iPad jika dibanding tablet Android tetaplah lebih menggoda  karena nilai Eksklusivitas yang tinggi. Memiliki sebuah tablet Android seperti memiliki sebuah perangkat yang dimiliki oleh orang kebanyakan, sedangkan memiliki sebuah iPad tentu saja hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Tidak akan ditemukan perangkat iOS untuk entry level.

Alternatif tablet murah.

Namun jika Kalian ingin memiliki tablet murah kalian bisa mempertimbangkan tablet bekas Android seperti samsung tab S2 dan S3, saya tidak menyarankan membeli iPad bekas dengan keluaran tahun yang sama dengan Android tadi karena selain alasan mesin juga alasan mampukah iPad lama tersebut menjalankan iPadOS? Karena jika tidak perangkat tersebut akan kesulitan pada saat mengakses browser buat blogging tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Samsung S2 mampu melakukannya, harga seken dikisaran 1,8 - 2 jutaan saja. Sementara tab S3 mungkin harganya lebih tinggi.

Kalian bisa juga mempertimbangkan tablet tablet merek lain seperti xiomi, lenovo, Samsung tab A yang lebih murah... 

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

2 komentar

  1. Masih bingung Kak enakan milih Ipad apa Tablet, padahal aku kepengen sekali punya di antaranya untuk mengetik tanpa perlu repot-repot membuka pc atau mungkin lewat smartphone yang kecil. Kalau laptop belum tertarik karena kurang simple.
    1. keluarga samsung tab S terbaru sudah sangat mumpuni dan sudah satu paket dengan cover dan s pen. Jika ingin serasa menggunakan Macbook air ya gunakan iPad Air, namun arus membeli keyboard dengan harga terpisah.

      Sebagai pegiat sosial/pendidikan Mbak Eunid pastinya memiliki mobilitas yang tinggi sehingga membutuhkan perangkat yang lebih mobile pula..
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain