EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

CARA SEO MELALUI DATA WEB INTI

AvatarOleh:

cara seo melalui data web inti

Perlu di ingat untuk sukses orang harus selalu bekerja keras, berdedikasi dan bertanggung jawab, termasuk pekerjaan sebagai websider dan termasuk blogging. Salah satu point yang populer pada saat ini di dunia blogging adalah perihal Data Web Inti atau Web Core Vital yang tampil semakin penting di halaman Webmaster Google.

Tidak perlu jadi ahli webmaster untuk menjadikan halaman lebih SEO dan dan salah satunya adalah dengan cara memahami data web inti atau Web Core Vital, semuanya mungkin sudah Anda pikirkan demi kemajuan halaman web atau halaman blog. Yakni semua hal sederhana yang terkait dengan hal hal berikut:
  1. Halaman blog yang mobile friendly
  2. Halaman cepat loading
  3. Browsing yang aman menurut aturan
  4. Gunakan URL HTTPS
  5. Menjadikan halaman web atau blog menjadi interaktif
  6. Visual halaman yang stabil
  7. Dll
Mari kita bahas satu persatu:

1. Halaman blog harus mobile friendly

Dapat di terapkan melalui penggunaan template yang mobile friendly dan menghindari penggunaan template lama tanpa modifikasi atau penyesuaian. Untuk template default bawaan yang gratis saya rekomendasikan menggunakan template terbaru. Google juga pernah meminta dan mengingatkan pengguna agar beralih (pindah) dari penggunaan template lama ke template baru melalui laman resminya.

Jika hal tersebut merugikan tentu mereka tidak akan membuat himbauan tersebut. Memangnya kita lebih ahli daripada Google?

Jadi gunakan salah satu dari empat template default (bawaan) blogger terbaru (contempo, soho, emporio, dan notable).

2. Halaman blog harus cepat loading

Caranya (terbukti ampuh) antara lain: 
  • Gunakan template terbaru baik premium maupun bawaan Blogger.
  • Hindari penggunaan gambar ukuran besar, gunakan format terbaru gambar seperti WEPB, JPG dll.
  • Hindari penggunaan javascript berlebihan
  • Compress CSS
  • Hindari menampilkan widget widget berikut: Pengikut (follower), widget gambar.
  • Batasi pemasangan iklan tambahkan atribut 'async' pada kode pembukaannya.
3. Browsing aman

Apa maksudnya browsing aman? Mungkin uraian berikut dibawah ini dapat menggambarkannya. 

Google Chrome setidaknya  pernah dijuluki sebagai “browser paling aman” di acara peretasan Pwn2Own selama dua tahun berturut-turut. Selama acara tersebut, browser ini tidak berhasil diretas, sementara pesaingnya, Microsoft Edge, Firefox dan Safari, semuanya dikompromikan setidaknya sekali.

Google menggunakan dua daftar hitam: satu untuk phishing dan satu lagi untuk malware untuk memperingatkan pengguna ketika mereka mencoba mengunjungi situs web yang berpotensi berbahaya. Browser juga menawarkan perlindungan pemindaian unduhan untuk melindungi terhadap malware.

Perlu dicatat bahwa sekalipun Anda melakukan mode Penyamaran pada saat browsing hal tersebut tidak akan dapat mencegah pihak ketiga, seperti peretas (hacker) atau bahkan Penyedia Layanan Internet milik pengguna. Hanya saja memang benar status koneksi dinyatakan terenkripsi, seperti yang disediakan oleh Virtual Private Network (VPN)

4. Gunakan URL HTTPS

Menurut sumber wikipedia: 
HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol (http) Secure adalah protokol komunikasi di jaringan (network) komputer yang biasa digunakan di internet yang terenkripsi
HTTPS ini sedianya telah dienkripsi menggunakan Transport Layer Security (TLS) atau Secure Sockets Layer (SSL). Jadi, untuk mengubah http ke https, kita itu perlu punya TLS atau SSL ini. Mereka inilah yang menyamarkan data yang dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan itu. Untuk blogger pengaturannya telah disediakan oleh Google di dasbor pengaturannya.

5. Jadikan halaman blog interaktif

Ada blog yang tampak interaktif karena banyaknya komentar pada postingannya. Mungkin menurut tool pihak ketiga (MOz, Semrush dan Ahref) itu bagus dan menaikan ranking, tetapi belum tentu bagi Google yang tahu persis bahwa hal itu hanya dikarenakan "blogwalking" sesama blogger.

Ada beberapa tipe pengunjung sejauh yang kita ketahui secara sederhana:
  • Pengunjung unik yang benar benar manusia yang menginginkan sesuatu yang bermanfaat daripada konten atau artikel sebuah halaman.
  • Pengunjung Blogwalking, silaturahmi sesama blogger
  • Pengunjung robot dengan tujuan tertentu dan khusus
Bagi Google Pengunjung jenis pertama adalah pengunjung sejati yang memiliki nilai sangat tinggi, dan itu sulit kita dapatkan jika halaman blog tidak interaktif. Dan untuk menjadikan halaman berubah menjadi interaktif dapat dilakukan beberapa langkah:
  • Sederhanakan tampilan halaman blog
  • Buat artikel atau konten yang bermanfaat bagi orang lain 
  • Sertakan Artikel dengan gambar berkualitas, menarik namun ringan dengan format modern (terkini)
  • Utamakan kecepatan loading halaman agar pengunjung tidak terpental
  • Hindari menggunakan widget widget tidak bermanfaat bagi pengunjung 
  • Hindari artikel copy-paste (karena terkadang tanpa bisa dihindari akan menyertakan format bawaan yang melambatkan loading blog meskipun Anda telah memformatnya)
6. Visual halaman yang stabil

Hati hati mengelola widget, tampilan iklan di halaman blog, jangan sampai itu semua menutup bagian penting dari artikel atau konten. Dalam survey terbaru di ketahui, 80% pengunjung sangat terganggu, marah, kecewa dengan banyaknya tampilan iklan pada halaman blog, lebih 60% tidak mau kembali lagi. 

no comment for this way

Contoh paling buruk adalah pemasangan widget (termasuk widget iklan adsense) dengan tampilan pop up yang pada saat pengunjung mengklik tautan yang mereka inginkan halaman malah pindah halaman landing yang lain yang jelas tidak mereka inginkan. Google sendiri telah membahas hal ini panjang lebar di laman mereka. Semuanya itu mereka lakukan karena menerima masukan dari hasil survey.

Itulah sebabnya mengapa sekarang tampilan iklan di batasi dalam beberapa buah saja di halaman blognya para blogger.

Untuk lebih jelasnya betapa web core vitals atau Halaman Web Inti menjadi sangat penting (di letakan pada prioritas pertama) berikut kami kutip pernyataan John Mueller:

Berikut  rangkuman apa yang harus diperhatikan di tahun 2021:
  • Core Web Vital (yaitu Pembaruan Pengalaman Halaman).
  • Situs yang secara teknis lebih baik memiliki keuntungan.
  • SEO teknis secara umum lebih sulit jadi mintalah bantuan ahli.
  • Situs harus bertujuan untuk membuat pengguna "menarik pengguna" lainnya, yang berarti orang ingin menelusuri Anda dengan nama merek (branding) Anda.
  • Pembaruan peringkat akan terus berlanjut, termasuk pembaruan inti yang sulit dijelaskan.
  • Akan ada pembaruan SEO yang membantu situs yang kurang paham SEO seperti pengindeksan bagian, RankBrain, BERT, dan lain-lain (John tidak secara khusus menyebutkan ini)
  • Cari cara agar halaman lebih terlihat oleh pengguna, mungkin data terstruktur atau penelusuran secara vertikal.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
CARA SEO MELALUI DATA WEB INTI

3 komentar

  1. Ini hasil dari mana mas info nya

    BalasHapus
  2. Dari SEJ (search engine journal)

    BalasHapus
  3. Yang ke 6 itu penting banget nih, karena saya juga mengalami baik sebagai blogger dan pengunjung blog

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas