FlipaClip cara mudah membuat filem animasi pendek hanya dengan sentuhan jari


flipaclip gambar

Langkah pertama kalian harus memiliki sebuah ponsel atau sebuah tablet, hari segini ponsel android paling banyak dimiliki orang jadi kalian bisa langsung mendonlot aplikasinya di: DISINI!
(Dengan mengklik link diatas kalian akan langsung dibawa ke App Store Android di hape kalian)

Setelah aplikasi di donlot, jalankan dan ikuti saja perintahnya hingga muncul lembar untuk di coret coret, kemudahan apliksi ini dalam membuat animasi adalah bingkai demi bingkai atau didalam dunia animasi para animator menyebut istilahnya "frame by frame" lihat gambar dibawah ini:

form flipaclip untuk judul dan keterangan animasi

beri nama proyek dan setelah itu tekan "BUAT PROYEK" maka akan muncul lembar kerja seperti pada gambar dibawah:

form flipaclip untuk corat coret membuat animasi

Seperti kalian lihat terdapat tool pena untuk menggambar, ada juga penghapus jika kalian melakukan kesalahan pada saat menggambar dan tool lain yang nantinya bisa di pelajari sendiri setelah engutak atiknya. Dibagian bawah lembar kerja ini ada 2 kolom yang apabila tanda + di tekan akan bertambah menjadi 3, 4, 5 dan sampai banyak sekali, itulah namanya layer "frame by frame" yang saya maksud dan untuk lebih memahami cara kerjanya saya berikan contoh sederhana melalui video dibawah ini:


Nah jika kalian telah menonton video diatas, kalian akan mengerti membuat animasi itu sebenarnya mudah, modalnya hanya rajin mencorat coret, bukan? Untuk membuat karakter animasi yang rapi dan menarik tentu saja kalian butuh latihan dan kesabaran. Saya menyarankan agar kalian berlatih menggambar.

Dibawah ini contoh animasi yang saya buat sendiri dan sedikit lebih rapi walau hanya dengan mencorat coret beberapa menit untuk membuat karakter seekor anjing yang sedang berlari lari:


Bagaimana? siapa tahu kalian dapat membuat serial filem kartun lucu melalui aplikasi flipaclip ini dan menayangkannya di Youtube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Caranya kalian harus membuat sebuah proyek dan konsisten dalam pembuatannya, kalian bisa membuat sebuah cerita lucu tentang seekor serangga atau seekor hewan, kucing misalnya. Untuk melakukan ini tentu saja syaratnya adalah:
  • Kalian harus bisa membuat gambar gak usah jadi ahli, cukup sederhana saja terutama gambar karakter tokoh animasi kalian yang akan kalian jadikan bintang utama pada proyek filem kartun animasi kalian
  • Minimal harus memiliki sebuah hape layar 5" keatas atau sebuah tablet dengan ruang simpan minimal 16GB, minimal RAM 2GB (Kelihatannya standard banget ya)
  • Kesabaran, selalu simpan hasil kerja kalian sebelum dirangkai menjadi sebuah filem animasi.
  • Kalian harus memiliki akun youtube sebagai channel atau saluran tayangan agar filem animasi kalian nanti ditonton.
  • Monotesi, kalian dapat memonotesi saluran youtube milik kalian dan mendapatkan bayaran hasil afiliasi melalui penayangan iklan
Itu hanya beberapa syarat, tetapi sesungguhnya mudah sekali membuat sebuah filem kartun kesayangan kalian jika kalian sudah menguasai dasar dasar menggambar.

Percayalah setiap pekerjaan terlihat tidak mungkin hanya karena kalian takut memulainya. Saya mau berbagi pengalaman sedikit, pada saat saya melihat orang main piano saya pikir itu keren sekali, dan saya selalu berfikir saya ini tidak ada bakat. Lalu diam diam saya coba, saya buka google dan saya cari aplikasi main piano, eh ternyata itu sangat asik.

Cukup sekian dulu lain kali akan kita bahas aplikasi alikasi yang bisa membuat kalian dapat rejeki berupa uang karena menekuninya.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak