G E N O M Kisah spesies manusia dalam 23 bab

Sedianya buku ini telah saya tawarkan di toko online. Tentang Genom manusia-seperangkat gen manusia-hadir dalam paket lengkap berisi dua puluh tiga pasangan kromosom yang terpisah pisah. Dari semua ini, di dalam buku Genom Matt Ridley menjelaskan dengan gamblang, dua puluh dua pasangan diberi nomor berdasarkan urutan ukuran, dari yang paling besar (nomor 1) hingga yang paling kecil (nomor 22). Sedangkan sepasang sisanya terdiri atas kromosom seks: dua kromosom X yang besar pada wanita, satu X dan satu Y pada pria. Angka 23 tidak terlalu penting.

Baca Juga: 

TUHAN SESUDAH DARWIN (GOD AFTER DARWIN)


Banyak spises, termasuk hewan terdekat kepada susunan tubuh biologis manusia diantara kelompok kera, justeru mempunyai kromosom lebih banyak ada juga yang kurang dari 23. Ini menjadi menarik karena soal jumlah baik kelebihan maupun kekurangan dalam genom ternyata tidak berpengaruh terhadap kecerdasan.


genom kisah spesies manusia dalam 13 bab

koleksi buku karya Matt Ridley (MattRidley copyright) Buku ini terdiri dari 23 bab, dan berjudul G E N O M berisi kisah spises manusia dalam 23 Bab.

  1. Bab pertama atau kromosom 1 mengisahkan tentang KEHIDUPAN, pada mulanya adalah KATA. Kata mempengaruhi laut dengan pesan yang dikandungnya. Kata menemukan cara menata ulang bahan bahan kimia sampai mampu menangkap pusaran pusaran kecil dalam sungai entropi dan menjadikannya hidup. DNA adalah untaian kata empat huruf, itulah kisah seluruh kehidupan.
  2. Bab kedua atau kromosom 2, bertutur tentang SPESIES manusia. Kadang segala sesuatu yang jelas di depan mata belum tentu kelihatan, sampai tahun 1955, orang masih sepakat bahwa manusia mempunyai 24 kromosom, dan itu hanyalah salah satu fakta keliru yang dari sekian fakta yang diyakini kebenarannya oleh setiap ilmuwan dan selama 30 tahun tidak seorang pun membantah 'fakta' tersebut. Sampai akhirnya kebenaran terungkap ketika seorang Indonesia bernama Joe-Hin Tjio pada tahun 1955 berangkat dari Spanyol ke Swedia untuk bermitra dengan Albert Levan, menggunakan teknik yang lebih baik, dengan jelas melihat dua puluh tiga pasng kromosom, rasanya sangat mengejutkan manusia ternyata tidak memiliki 24 kromosom sementara simpense orangutan dan gorilla memiliki dua puluh empat kromosom!
  3. Bab ketiga KROMoSOM SEJARAH, perjalanan hidup, pengalaman hingga budaya dan keyakinan anda tertulis dalam Kromosom ini
  4. Bab keempat KROMOSOM TAKDIR, sekalipun kapan anda akan mati ditentukan oleh Kromosom ini.
  5. Bab kelima KROMOSOM LINGKUNGAN
  6. Bab keenam KROMOSOM KECERDASAN
  7. Bab ketujuh KROMOSOM NALURI (konflik gen X dan gen Y)
  8. Bab kedelapan KROMOSOM MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI
  9. Bab kesembilan KROMOSOM PENYAKIT
  10. Bab kesepuluh KROMOSOM STRESS
  11. Bab kesebelas KROMOSOM KEPRIBADIAN
  12. Bab keduabelas KROMOSOM KEMAMPUAN MERAKIT DIRI
  13. Bab ketiga belas KROMOSOM PRASEJARAH
  14. Bab keempat belas KROMOSOM KEBADIAN
  15. Bab kelima belas KROMOSOM SEKS
  16. Bab keenam belas KROMOSOM MEMORI
  17. Bab ketujuh belas KROMOSOM M A U T
  18. Bab kedelapan belas KROMoSOM PENYEMBUHAN
  19. Bab kesembilan belas KROMOSOM PENCEGAHAN
  20. Bab kedua puluh KROMOSOM POLITIK
  21. Bab keduapuluh satu KROMOSOM EUGENIC
  22. Bab keduapuluh dua KROMOSOM KEHNDAK BEBAS
Jadi dimana kromosom ke duapuluh tiga? Itu tidak penting. Setiap kromosom mewakili apa yang tercetak pada untaian gen kita, misal kromosom maut itu telah tertulis jelas dalam kromosom ketujuh belas, jika disana telah tertulis, penyakit dan batas usia para ahli akan mengatakan hidupnya hanya tinggal tujuh bulan, sama seperti kita mampu mengukur usia pohon dari pola lingkarannya ketika ia dipotong. Tidak ada yang dapat mencegah atau merobah kromosom takdir, dia tertulis dan terpatri kokoh dalam GEN.

Bagi anda yang tertarik dengan sains, buku ini layak dibaca, Matt Ridley mampu memisahkan mana yang sekedar opini dan mana yang fakta...Buku ini termasuk favorite saya disamping buku buku sains fisika, astronomi, dan matimatika tulisan Karl Sagan.x

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Sumber: adedansasa.com

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak