Postingan

Menampilkan postingan dengan label sains

Renunganku, tentang kehidupan, sains dan blogging

Gambar
Bisakah aku kembali ke masa lalu, tidur bersama ibuku, kembali dan kembali, bisakah seseorang pergi ke masa lalu dan mengalami realitas yang sama dan lalu pergi dan pergi lagi lebih dalam dan lebih jauh ke masa lalu untuk membunuh kakeknya yang pada waktu itu masih bujangan?  Lalu apa yang terjadi setelah itu? Bukankah paradox itu tidak mungkin dalam hukum fisika biasa? Karena jika aku dapat kembali ke masa lalu dan membunuh kakekku, tentu bapakku tidak akan di lahirkan dan jika bapakku tidak dilahirkan bagaimana masa kini menjelaskan realitas bahwa saya dilahirkan karena bapakku menikah dengan ibuku?  ilustrasi: Coretan pensil Adelina Sofyan Ya saya sedang bermain main dengan teori 'Grandpa Paradox'. Saya sudah merenungkannya sejak saya masih kecil. Tentu saja saya tidak mungkin terlintas niat menjadi seorang pembunuh apalagi membunuh kakek yang sangat saya cintai. Dan banyak hal hal lebih menjijikan dapat kita bayangkan di balik imajinasi dan keindahan. Saya tidak selalu dapa

Ditemukan Jalan Tol ruang angkasa awal perjalanan manusia menuju tepian Alam Semesta

Gambar
Di jagat raya yang tidak bertepi manusia membayangkan petualangan masa depan. Tidak ada lagi perjalanan kapal antar benua, tidak ada lagi perjalanan selama berbulan bulan melalui laut dari ujung ke ujung dunia yang hanya di permukaan kerak bumi. Tidak ada lagi perjalanan berkuda selama berminggu minggu hingga pulang setelah bertahun tahun hanya di atas permukaan perut bumi. Tidak ada air mata perpisahan karena jarak lagi disini sudah tiada berarti lagi, ketika mengucapkan selamat jalan kepada sang kekasih.  Mari lupakan dulu zaman pesawat terbang penumpang ultrasonik di zaman kita, karena kita sedang membicarakan impian masa depan yang semakin dekat menjadi kenyataan. Bumi sudah sangat sempit bagi manusia, tempat ini telah sesak! Kepala kepala mereka mulai memandang ke langit biru dan mengamati bintang kemintang pada malam hari. Kerinduan berpetualang telah bangkit. Dan berkat ilmu pengatahuan manusia mulai mengerti bagaimana caranya menghitung lengkungan langit dengan matimatika! Dan

HARGA KEABADIAN JIKA MANUSIA BISA HIDUP SELAMANYA DI DUNIA FANA

Gambar
M anusia memang sedang menaruh harapan kepada teknologi, dan teknologi di yakini akan mampu menguak rahasia penciptaan di masa depan. Terlihat dengan di mulainya usaha beberapa projek yang menarget tahun 2050 dan salah satunya adalah project singularity. Keabadian adalah harapan manusia di samping ingin memiliki kesehatan, usia panjang, awet muda dan kesenangan. Oleh karena itu sebagian besar manusia memeluk agama dan keyakinan yang walaupun berbeda beda memiliki tujuan akhir yakni hidup abadi di dalam sorga. Kita tidak akan pernah tahu apa cita cita spesies hewan dan tanaman, adakah secara nalurian mereka juga ingin hidup abadi? Ataukah mereka hanya mengikuti kepatuhan terhadap hukum alam tentang keharusan mati setelah hidup, sementara manusia dengan inteligensianya justeru ingin menaklukan hukum alam? Manusia mempetakan genom, mempelajari genetik dan seluk beluk biologi kehidupan makhluk hidup hingga ke bagian yang paling detail, sejauh ini pemahaman itu telah membuka cakrawala kita

TUHAN SESUDAH DARWIN (GOD AFTER DARWIN)

Gambar
Charles Darwin telah menggemparkan dunia pada masa lalu dengan teori evolusinya, salah satu akibatnya terhadap agama dan keyakinan kita kini adalah dunia benar benar harus memandang sisi penciptaan secara realistis dan ilmiah, terlepas kita suka dan tidak suka, saat ini dan seterusnya pandangan orang terhadap alam dan seisinya sudah tidak sama lagi.  Ada sebuah buku menarik yang membahas hal terkait berjudul 'GOD AFTER DARWIN'. Buku ini menarik karena ia mencoba memberikan solusi berbeda untuk melawan faham Atheisme dan bahkan Pantheisme. Khusus pada teori evolusi, ia menyarankan agar tidak menghindarinya tapi justeru melampauinya.   Baca juga:  G E N O M KISAH SPESIES MANUSIA DALAM 23 BAB Buku yang menarik untuk disimak dan walaupun sudah cukup lama namun terasa masih menggelitik di dalam pikiran saya.  Buku ini saya dapatkan di toko buku sewaktu iseng pergi ke tempat barang barang seken di Singapore dan isinya begitu universal: Menceritakan bagaimana awalnya agama dan Tuhan m

G E N O M Kisah spesies manusia dalam 23 bab

Gambar
Sedianya buku ini telah saya tawarkan di toko online. Tentang Genom manusia-seperangkat gen manusia-hadir dalam paket lengkap berisi dua puluh tiga pasangan kromosom yang terpisah pisah. Dari semua ini, di dalam buku Genom Matt Ridley menjelaskan dengan gamblang, dua puluh dua pasangan diberi nomor berdasarkan urutan ukuran, dari yang paling besar (nomor 1) hingga yang paling kecil (nomor 22). Sedangkan sepasang sisanya terdiri atas kromosom seks: dua kromosom X yang besar pada wanita, satu X dan satu Y pada pria. Angka 23 tidak terlalu penting. Baca Juga:  TUHAN SESUDAH DARWIN (GOD AFTER DARWIN) Banyak spises, termasuk hewan terdekat kepada susunan tubuh biologis manusia diantara kelompok kera, justeru mempunyai kromosom lebih banyak ada juga yang kurang dari 23. Ini menjadi menarik karena soal jumlah baik kelebihan maupun kekurangan dalam genom ternyata tidak berpengaruh terhadap kecerdasan. koleksi buku karya Matt Ridley (MattRidley copyright) Buku ini terdiri dari 23 bab, dan berju

BENARKAH MANUSIA ADALAH MAKHLUK YANG PALING CERDAS?

Gambar
Mengapa aku jadi manusia, mengapa aku tidak pernah ingat bahwa aku pernah memintanya?.Jika menyadarinya tentu aku akan menerimanya. Begitu yang pernah kubaca sekilas dari sebuah novel. Itu kesadaran kita mempertanyakan keberadaan dan posisi kita di Alam semesta. Tetapi bukan itu inti dari tulisan ini, pertanyaannya menyangkut dimensi yang agak luas: Benarkah manusia itu sesungguhnya adalah spises makhluk yang paling cerdas? Apakah setiap makhluk sebenarnya merasa cerdas?   KESADARAN KOGNITIF. Ada yang mengatakan cerdas itu karena manusia memiliki kompliksitas yang rumit, memiliki kesadaran yang kognitif: Misalnya jika semut mencari makan di bawah matahari apakah mereka pernah berfikir dan menyadari bahwa mereka itu ada? Atau hanya sekedar benda benda yang bergerak gerak di bawah matahari tanpa kesadaran? Dan manusia memiliki kesadaran itu, kesadaran bahwa mereka ada. Kesadaran itu menyangkut kemampuan kognisi suatu entitas benda, misalnya batu jika terkena hujan maka konsekuensi dan re

MENGAPA REALITAS TEKNOLOGI MENGECEWAKAN SEBAGIAN MANUSIA?

Gambar
Manusia butuh waktu untuk menerima hal hal baru, lagi pula sebagian manusia juga terobsesi dengan kemapanan, dengan status quo. Dan keabadian menurut versi dan sudut pandang mereka masing masing. Contohnya ketika hape menjadi booming di kalangan remaja dan merubah gaya hidup, dengan mudah akan tercetus keluhan para generasi pendahulu kita: "Oh zaman sekarang, masing masing hanya sibuk dengan gadget saja, mata hanya tertumpu pada layar hape, kapan berinteraksi normal?" Sampai ada yang mencetuskan pernyataan: "Tandanya dunia sudah mau kiamat". Eh mengerikan sekali. Sudah zamannya... Pada faktanya setiap zaman memiliki keluhan yang sama, namun sesuai dengan kebutuhan populasi manusia pada zaman tersebut. Zaman ini populasi manusia sudah mencapai 6 milyar butuh kecepatan pendistribusian segala hal: Terutama informasi. Jadi zaman serba komputing dan Ponsel memang diperlukan. Namun jika hal tersebut malah mengubah gaya hidup orang adalah hal yang tidak mungkin terelakan.

Kindle Amazon tablet revolusioner yang merubah cara orang membaca buku

Gambar
amazon kindle water proof Tahu gak kalian, pasar buku di Amerika sempat mulai sangat panik ketika Amazon Kindle di publikasikan? Hal itu terjadi pada tahun 2010 yakni sembilan tahun yang lalu, karena ternyata lebih separoh buku buku digital di Amazon Kindle ternyata gratis! Apalagi terdapat kecenderungan popularitas yang terus meningkat di Amerika, Kanada, Australia dan Eropa (umumnya di negara negara maju). Tentu saja buku buku gratis ini muncul di tengah kepanikan para penerbit bahwa harga buku elektronik, yang harganya 10 dolar AS per judul untuk terbitan baru dan yang paling laku, bisa menjatuhkan pasaran buku hardcover yang harganya bisa sampai 25 dolar AS atau spaling sedikitnya 13 dolar AS untuk sampul tipis. Lho kok pakai main gratis? Atau paling tidak jauh lebih murah daripada beli buku konvensional, tentu saja karena beaya "cetaknya" gak ada lagi. Menggandakannya juga tinggal "copy-paste" begitu sih kira kira tekniknya. Namun jangan coba coba menc

MENGAPA PROGRAMMER IT HARUS BELAJAR KALKULUS?

Gambar
Sekedar ngoding saja mudah...tapi B oro boro belajar yang lain, ngoding saja sudah bikin mumet bagi sementara mahasiswa, apalagi kalau dengar matimatik, khususnya KALKULUS. Ngomong gomong: Kalau ingat kalkulus jadi kebayang sama kalkulus integral dan kalkulus differensial. Jadi teringat rumus rumus Newton deh, memang ilmu koding selalu terkait erat dengan komputer, dan komputer selalu terkait dengan kalkulus. Sepertinya banyak pelajar programming yang rada rada malas belajar kalkulus. Apa sih kaitan kalkulus dengan programming? Soalnya kalau kalian memang cuma ingin menjadi programmer, membuat database dan membuat software game ringan gak perlu kuliah dong. Saya juga tidak kuliah. Eh pernah tapi putus dipinggir jalan (ketawa agak sedih) Cukup rajin membaca buku programming, mengikuti tutorial di youtube. Selesai. Kalian tetap akan mendapatkan pekerjaan dari jerih payah yang telah kalian lakoni, contohnya banyak tawaran "proyek-proyek"  di internet yang dapat kalia

GENERASI Z: GENERASI DIANTARA KECANGGIHAN TEKNOLOGI DAN SENTUHAN CINTA

Gambar
Ilustrasi Selamat tingal era Generasi millenial. Selamat datang Gen Z. Ini adalah generasi baru ras manusia yang sungguh berbeda: Dilahirkan di era teknologi A.I dan mesin mesin digital cerdas seperti apa perbedaannya bagi dunia? Wow sungguh menarik mencermatinya dan mereka ini memiliki jiwa, cara pandang dan pola berfikir dan bertindak yang berbeda dari generasi generasi sebelumnya, yang jelas lebih bebas dan terarah. Beberapa diantaranya telah banyak diteliti. Majalah Forbes bahkan telah mengangkatnya menjadi sebuah liputan utama. 1. Pekerjaan Generasi Z tidak akan sama lagi dengan generasi sebelumnya. Menurut para ahli psikologi dunia. Generasi ini akan bekerja lebih efektif, cepat dan akurat berkat dukungan dan penguasaan teknologi. Dimana batas senioritas, posisi (pangkat dan jabatan) tidak akan begitu menimbulkan respek mereka seperti generasi masa lalu. Gen-Z tidak akan sungkan menghadap atasan dan minta naik posisi setelah bekerja selama dua tahun. Segala bentuk sokon

A.I. dan impian manusia untuk hidup abadi

Gambar
Kita semua tahu, ide sains sangat bertolak belakang dengan agama. Walaupun suatu ketika kita melihat ada persamaan, namun hal itu bukanlah prinsip sains untuk meletakkan penelitiannya berdasarkan keyakinan apalagi agama. Itu hanyalah kebetulan. Sains adalah sains, diletakan berdasarkan tradisi ilmiah dan tidak memiliki hubungan apa apa dengan agama atau kepercayaan tertentu. Pada prinsipnya tidak ada tabu dalam penelitian, tidak ada hal yang mustahil seiring waktu yang berjalan, walaupun awalnya ditentang habis habisan penemuan akhirnya diterima oleh semua kalangan tidak perduli darimana dia berasal, agama apa yang dia anut dan kepercayaan apa yang dia yakini. Misalnya, dalam kurun terakhir muncul pertanyaan pertanyaan seiring mencuatnya ide singularity, bagaimana seandainya jika tidak ada Tuhan, apakah itu berarti bahwa kematian adalah kematian? Nah jika umat manusia bertahan sepanjang masa (menjadi abadi) mungkinkah perjalanan ruang waktu akan menjadi kenyataan, atau mungkin juga t

Labels

adwords aibo ajax alexa algoritma alternative Am I Responsive amazon ambigu Amerika AMP Andorid Android Android 10 Angular animasi apple ARM Art Of War artikel sabtu asesories autodidact avatar avatar penulis awesome awsome back to top backdoor backlink bahasa bank btn batam beautiful beginning belajar belajar koding berita bing web master biografi blackberryOS blackhat blockquote blog blogcomments blogger bloggerhelp blogging Blogging mobile bloging blogspeed blogspot bluetooth bootstrap border dash breadcrumb browser btn mobile bugs Buku business capital letter cara catatan catatan awal tahun Cek IMEI Cerita cerpen cewek chimpense chipset chrome chrome 76 Cina cinta clickjacking codepen coding compose contact form contempo contempo base contempo blackmagic contempo hibrida contempo hybrid converter coolest copy-paste copyright covid 19 covid_19 cowok CPC credit footer css CTR cuitan curhat cybercrime Dahlan Iskan dark mode dasbor data default Demo desain diblokir dirtylink disway DOM domain domain authority Donald Trump download download template terbaru dropdown earn money edisi minggu edit editblogtema editor HTML ekonomi elektronik Elle Darby embed emoji emporio emporio hybrid english error essential expires header expires headers facebook fakta fanpage fast loading template fastloading template favicon featured posts feed burner firefox fitur fixed fixed sidebar font font awsome footer footer link Footer navigasi forbes Free friendship fuchsia full stacks furure g-suite gadget gagdet galeri gambar gambar bergoncang gambar profile penulis gambar responsive game generasi Alpha Generasi Z geng motor genius gerhana girl gmail Gmetrix gong xi fa cai good news google google chrome Google Domain google drive google font Google honemoon google Plus google search console google webmaster Googlewebmaster gradasi warna grafik gramedia gratis grid style GTmetrix h1 Habibie hack hacker halaman web hamburger menu hanya opini hapus hari bumi harimau heading headings heart secret hewan hoax hobi hotpink HTM5 html huawei hukum human Idulfitri Iklan ikon Imlek in memories indie Indonesia Indonesia darurat corona indosat infinite color infinity war informasi instagram intel inteligensia internal link internasional internet internt interntet interntt intert iOS iPad iPadOS iPhone isu IT italia Jaime Ocabo java JavaScript jimdo jin Ping jingling Jokowi jQuery JSitor kaca pembesar kafe kalimantan kalkulus kamera kanonis kartun keamanan keamanan blogger kebijkan kecepatan blog mobile kehidupan kemanusiaan kesehatan keyakinan keyboard keyword kiata G+ klasik klik kode warna koding komentar komentar blog komputer konsipirasi konten konversi kopi kota kotak navigasi menu blog kotak pencarian kotlin kriminalitas kualitas kucing label laptop lay out lay out version 3 theme layarlipat layout lazyload lifehack lingkungan logitech logo love Macbook Macbook Air machine learning MacOS magnifier maintenance makmur manusia margasatwa masa depan masonry matahari matematika medsos mega menu mengganti tempa menu menu navigasi menu pencarian menulis merombak metafisika Microsoft microsoft edge Minggu minify misteri mitos mobile modal modern modifikasi monetisi morality motivasi motivation moz myths nasehat terbaik navbar navigasi navigasi menu blog ngeblog nibbler notable office Omnibus online online editor operating sistem opini otodidak pagelist pagerank paginator Pandora panduan panduan mobile paradox parameter parasit parse pembatasan pemilu 2019 Pemilu Indonesia 17 April 2019 pemrograman pemula pendidikan pengalaman pengaturan pengusaha Penulis perang dagang Cina vs Amerika perang dunia ketiga perangdagang perceraian perihal perubahan pexel phablet PHP plagiat plagiator PlagScan play store polemik politik ponsel popularitas popularposts portable powered by blogger Powerpoint prediksi premium privasi produk profesi profile programmer programming programming. prosesor pseudo-sains psikologi Python rahasia ramalan ranking faktor rawgit re-desain re-desain tema blogger React Reactions read more recentPosts redesain related posts remaja resolusi responsinator responsive review robot robot.txt sains samsung sanggahan saran temaplate blogger saran template search secrets security sederhana sejarah seken selegram semrush SEO share button sharing buttons I.O sidebar sidenav siginifikan silikon simple simpson singularity sitelink sitemap smartphone snippet soho solusi somadmorroco spesial spoiler star wars sticky sidebar sticky widget Strategi SEO Student study study online style submenu subscriber success sudut cerita SVG SVG icon syimbian tab s2 tabel tablet tabs2 tagging takdir takhyul talenta tataletak Teen teka teki teknik teknologi TELKOMSEL tema tema kesederhanaan template template premium template premium gratis template SOHO template versi ke-2 terkemuka tes popularitas testimoni testmysite text theme Thucydides tip tips toggle tokoh tombol berbagi tombol pengalihan tombol reply komentar tops traffik trafic trafik translator tribun tricks Trik triks troubleshooting Tutorial Tutorial Anissa tutorialKhusus twitter uang UAS unduh unik update urang utan ustazd Abdul Somad vanilla Script video viomagz viral virus corona vlogging vue w3-css w3school W3Shool wabah warna web web story WebAssembly webdesign WEBP website whatsapp widget wifi ID windows Windows Mobile wisata WIX wordpress X-Frame xiomi xml yandex youtube youtuber z-index
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email