PERLUKAH MEMASANG ANTIVIRUS GRATIS KHUSUS PENGGUNA MACBOOK?

Setelah menimbang nimbang apakah perlu antivirus di pasang di macbook? Pada beberapa waktu pemakaian yang lebih banyak terhubung ke internet memang masalah yang datang tidak sebanyak ketika menggunakan laptop windows akan tetapi ketika masalah timbul misalnya ternyata macbook terdeteksi telah terinfeksi, penanggulangannya benar benar tidak sederhana, jadi sama saja dengan laptop windows.

bekerja dengan macbook tetap berisiko terkena virus
kredit gambar: Shopee

Nah ketika sedang browsing saya menemukan sebuah artikel menarik, yakni tentang ati virus gratis untuk Macbook, tanpa menunggu lebih lama saya langsung mendownloadnya, disini ada sebuah kejutan: laman ini tidak ribet, tidak ada iklan popup, tombol download di tampilkan agar mudah di klik. Namanya Total AV.

Alamat web: https://www.totalav.com/mac-free-antivirus

Jadi memang demikianlah seharusnya bisnis: melayani dan membuat nyaman pelanggan. Karena kita adalah pengguna Macbook juga. 

Apa gunanya antivirus?

Untuk melindungi data data baik pribadi atau peronal maupun data data terkait dengan bisnis dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab yang bermaksud mencuri data data berharga dan mendapatkan keuntungan daripadanya.

Apa yang kita dapatkan dari versi gratis?

Anti-Malware
Mesin Anti malware untuk melindungi dunia digital kita darei inspeksi disebagkan oleh berbagai tipe virus

Anti-Ransomware
Mencegah perangkat menjadi korban serangan malicious dengan menginskrepsi file pengguna dan lalu meminta bayaran untuk membukanya kembali.

Anti-Spyware
Satu-satunya tujuan software Spyware adalah mengumpulkan informasi tentang Anda untuk dibagikan dengan entitas lain yang dapat memperoleh keuntungan finansial darinya. Maka Anti-Spyware mampu mencegahnya.

Anti-Adware
Nah bagi kebanyakan pengguna sekarang inilah hal yang menjengkel yakni Adware, adalah perangkat lunak yang dibuat untuk mengiklankan sesuatu kepada kita secara agresif, sering kali tanpa disadari diunduh dan bisa sangat sulit untuk dihapus.


Tentu saja untuk perlindungan lanjutan kita harus membayar.

Setelah saya menjalankan antivirus tersebut saya heran, notifikasi yang muncul tidak sebanyak jika kita memasang pada laptop windows, saya baru menyadari karena antivirus tidak perlu sibuk ketika berada di dalam sistem MacOs, mereka hanya perlu bekerja pada saat terdeteksi sesuatu yang tidak lazim. Beda dengan sistem windows yang telanjang dan setiap waktu datang hal hal mencurigakan, antivirus pasti menjadi luarbiasa sibuk.

Kesimpulan

Walaupun lebih sering bekerja dan menulis menggunakan tablet Android, saya juga adalah pengguna laptop windows dan macbook. Semua perangkat sebenarnya tidak pernah benar benar aman dari virus. Meskipun sistem macbook telah dilengkapi dengan sistem pengaman yang sangat tertutup rapat dibanding sistem android yang naked atau windows yang exposed, namun beberapa pekerjaan yang kita lakukan mau tidak mau harus ter 'expose' ke jaringan web dan itu tidak dapat di hindari.

Dan walau harus di akui sistem pengamanan Macbook sangat baik, sulit untuk terinfeksi virus karena sistem environmental softwarenya yang terpadu. Kita tidak perlu mendownload apa apa dari software buatan pihak ketiga, hampir segala hal tersedia di App Store milik Apple. Namun tetap saja banyak orang menganjurkan pemasangan antivirus.

Bagi kalian yang tidak banyak melakukan pekerjaan yang terekspose langsung ke pekerjaan internet memang sih memasang antivirus bukan keharusan karena sekali lagi sistem keamanan sebuah laptop macbook itu telah terintegrasi mulai dari hardware hingga softwarenya.

Apapun alasan dibaliknya, memasang antivirus itu sendiri juga ikut menguras sumber daya dan performa laptop kita bukan? Karena ia adalah software yang berjalan di dalam sistem dan juga ikut memakan sumberdaya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak