CARA MENAMBAHKAN KOTAK PENELUSURAN SITELINK KE DALAM TEMPLATE VIOMAGZ

sitelink itu penting untuk mengotimalkan mesin pencari dalam meranking halaman blog
Jika kalian adalah pengguna template viomagz versi yang lebih lama kalian mungkin pernah menerima perbaikan atau update breadcrumb yang tidak valid karena Google menghentikan dukungannya kepada breadcrumb versi struktur data tertentu, sebaliknya mendukung penuh breadcrumb schema.org.

Waktu itu template viomagz buatan mas sugeng ini menggunakan data vocalubary.org alih alih menggunakan data terstruktur schema.org yang di dukung oleh Google.

kotak penelusuran sitelink google

Alhasil ketika dilakukan pengujian di halaman Google webmaster, breadcrumb dinyatakan tidak valid dan dapat angka merah. Bukan seluruhnya kesalahan mas Sugeng. Kadang di  dunia web dan di halaman Internet terjadi perubahan yang tidak terduga, dan kita baru merasakan dampaknya setelah melihat notifikasi yang menyalahi parameter.

Cara mengganti breadcrumb template viomagz telah banyak di posting oleh para blogger, dan lagi pula Mas sugeng telah merilis update template viomagz dengan tampilan yang lebih segar dan mengganti data terstruktur breadcrumb yang valid. 

Jadi masalah itu saya ungkit hanya sebagai contoh. Saya juga tahu tidak ada yang sempurna, termasuk template viomagz, hanya saja ia sudah terlanjur sangat populer dan memang memiliki banyak hal yang bagus. Contohnya saya menggunakannya walaupun hanya untuk sementara, sebelum template buatan saya sendiri lolos uji coba.

Cara menambahkan fitur kotak penelusuran ke dalam template viomagz versi ke 3

Setelah memperbaiki breadcrumb saya kemuida melakukan pengujian dengan mengirimkan konten tulisan ke Google webmaster, dan mengujinya, saya merasa ada yang kurang. Ya template viombaz masih minus kotak penelusuran SITELINK. Padahal itu penting karena ia masuk ke dalam bagian penyempurnaan agar dapat di ranking oleh mesin pencari dengan lebih maksimal.

Perhatikan contoh record datanya di webmaster sebelum saya tambahkan script SITELINK:

tanpa script sitelink

Contoh di atas adalah hasil pengujian template viomagz versi 3.1.1 setelah saya perbaiki parameter breadcrumbnya. Namun saya membandingkannya dengan template buatan saya yang memiliki kotak penelusuran SITELINK, ternyata template viomagz tidak memilikinya. 

Jadi saya memeriksa halaman HTMLnya pada bagian bawah tag <head> memang benar tidak ada jadi saya tambahkan script berikut yang saya ambil dari halaman resmi panduan Google:
<script type='application/ld+json'>
{
&quot;@context&quot;: &quot;https://schema.org&quot;,
&quot;@type&quot;: &quot;WebSite&quot;,
&quot;url&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;,
&quot;name&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;alternateName&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;potentialAction&quot;: {
&quot;@type&quot;: &quot;SearchAction&quot;,
&quot;target&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>search?q={search_term_string}&amp;max-results=6&quot;,
&quot;query-input&quot;: &quot;required name=search_term_string&quot;
}
}
</script>
Pokoknya letakan dia setelah kode tag <head> di dalam halaman HTML template viomagz

Dan setelah saya uji ulang konten segera di baca telah memiliki fitur kotak penelusuran:


Perhatikan bagian bawah telah ada fitur kotak penelusuran Sitelink yang valid. 

Apa gunanya fitur kotak penelusuran Sitelink ini?

Jika ia tidak berguna Google tidak akan menambahkankannya ke dalam dasbor penyempurnaan di halaman Google Webmaster. Ia dapat memaksimalkan mesin pencari dalam meranking halaman blog kita.

Menurut google:

Kotak penelusuran sitelink adalah cara cepat bagi orang-orang untuk menelusuri situs atau aplikasi Kalian di halaman hasil penelusuran. Kotak penelusuran menerapkan saran real-time dan fitur lainnya.

Google Penelusuran dapat otomatis menampilkan kotak penelusuran yang dicakupkan ke situs Kalian saat situs muncul sebagai hasil penelusuran, Kalian tidak perlu melakukan apa pun untuk mewujudkannya. Kotak penelusuran ini didukung oleh Google Penelusuran. Namun, Kalian dapat secara eksplisit memberikan informasi dengan menambahkan data terstruktur WebSite, yang dapat membantu Google memahami situs Kalian dengan lebih baik.

Jika Google Penelusuran sudah menampilkan kotak penelusuran sitelink untuk situs, Kalian dapat mengontrol aspek tertentu dari kotak penelusuran sitelink dengan menambahkan data terstruktur WebSite.

Manfaat sitelink adalah untuk kampanye iklan adsense, video dan halaman Blog kalian karena:
  1. Mempermudah pembaruan: Ubah teks link dan URL kapan pun Kalian inginkan, sehingga memastikan iklan terus diperbarui dengan info penjualan dan penawaran khusus. Kalian tidak perlu membuat iklan baru atau mengeditnya untuk menyertakan sitelink.
  2. Melihat data yang mendetail tentang klik Kalian: Temukan jumlah klik yang terjadi pada iklan Kalian saat sitelink muncul. Kelompokkan statistik menurut kampanye, grup iklan, atau iklan. Segmentasikan statistik Kalian untuk melihat jumlah klik yang terjadi pada masing-masing sitelink versus bagian lain dari iklan (misalnya, judul, sitelink lain, atau ekstensi lain).
  3. Menggunakan tracking konversi untuk halaman landing: Siapkan tracking konversi untuk halaman landing yang dikunjungi orang saat mereka mengklik sitelink di bawah iklan. Kalian harus mengoptimalkan halaman landing untuk peristiwa konversi "ringan" (seperti kunjungan situs atau "tambahkan ke keranjang").
  4. Mengedit ekstensi sitelink tanpa kehilangan data: Edit ekstensi sitelink tanpa mereset statistik performanya.
  5. Sitelink yang disesuaikan untuk seluler: Buat sitelink yang dioptimalkan untuk seluler untuk tampil di perangkat seluler.
  6. Menjadwalkan dengan tanggal mulai dan akhir: Tentukan tanggal, hari, atau waktu untuk menampilkan sitelink Kalian.
Manfaat untuk penelusuran:
  • Ekstensi sitelink muncul di iklan di bagian atas dan bawah hasil penelusuran Google.
  • Kalian memerlukan minimal 2 ekstensi sitelink (untuk desktop), dan minimal 1 ekstensi sitelink (untuk seluler) agar sitelink muncul di iklan. Jumlah sitelink yang dapat muncul berbeda-beda bergantung pada tempat orang melihat iklan:
  • Desktop: Iklan Kalian dapat menampilkan hingga 6 sitelink. Sitelink dapat muncul pada baris yang sama atau mengisi hingga 2 baris iklan Kalian.
  • Seluler: Iklan Kalian dapat menampilkan hingga 8 sitelink. Sitelink ini muncul berdampingan pada satu baris dalam format carousel. Orang dapat menggeser ke kiri atau ke kanan di carousel untuk menjelajahi berbagai sitelink. Jika iklan Kalian muncul di posisi paling atas, sitelink Kalian memenuhi syarat untuk ditampilkan di baris yang menonjol, dengan hanya satu sitelink di setiap baris.
Manfaat untuk kampanye video
  • Ekstensi sitelink muncul di bawah iklan yang memenuhi syarat yang diputar sebelum, selama, atau setelah video lain di YouTube. Sitelink hanya muncul di bawah iklan yang memenuhi syarat di perangkat seluler.
  • Kalian memerlukan setidaknya 2 ekstensi sitelink agar sitelink muncul di iklan.
  • Iklan Kalian dapat menampilkan hingga 4 sitelink. Orang-orang dapat menjelajahi dan memilih sitelink saat menonton iklan.
Kesimpulan:

Kotak penelusuran sitelink itu penting bagi halaman Anda sekaligus penting bagi pengoptimalan mesin pencari dalam meranking halaman.

Dan script ini dapat di tambahkan ke dalam template blogger tipe apa saja dengan posisi penempatan yang telah saya singgung di atas.
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain