CARA MEMBUAT STUDIO DARURAT BUAT VIDEO STREAMING PEMULA

sebaiknya bagi pemula jangan terlalu fokus pada perlatan lengkap, fokuslah pada membuat konten dengan perlengkapan yang telah ada
Ini zamannya membuat konten video, akan tetapi kemudian banyak juga yang gagal melakukannya karena memikirkan kendala. Sebenarnya dengan menyiasati peralatan yang seadanya seperti hape dengan kameranya yang mampu mengambil video banyak juga para Youtuber pemula kemudian sukses dan pada akhirnya setelah punya modal lalu membangun studio sendiri.

Saya sendiri akhirnya menggunakan perangkat sederhana berikut:

cara membuat studio darurat buat video streaming

Bagi saya memiliki studio penting jika ingin memberikan tayangan berisi tutorial dan narasi. Atau memperagakan peralatan make up dan kecantikan. Tentu dengan sebuah studio dan perlengkapan pekerjaan akan menjadi lebih mudah, bukan?
  • Ada stand yang cukup semaca tripod yang fleksibel untuk menempatkan hape di atasnya. Mau tahu berapa harganya? Di Batam dapat di beli dengan bermacam macam model seharga Rp. 40ribuan.
  • Lalu ring light yang berguna untuk menerangi wajah atau objek objek yang mau di terangi. Harganya berkisar Rp. 25ribuan
  • Yang paling terakhir adalah pengeras suara, atau microfon buat streaming ini sedikit agak mahal namun ia dapat di hubungkan langsung ke perangkat mobile, tablet atau hape genggam untuk meningkatkan kualitas suara. Kami membelinya seharga Rp. 400ribuan, tapi ini adalah opsi terakhir.
  • Punya hape atau laptop untuk pengambilan video dan pada akhirnya pengeditan juga baik melalui hape maupun melalui laptop.
  • Terakhir ada yang pandai dalam pengambilan video, tahu sudut tepat agar konten dapat di tonton oleh pemirsa dengan baik, dan mengerti teknik pengambilan video atau gambar yang baik.
Semuanya di tempatkan di kamar tidur, dan membuat konten tutorial atau narasi ketika hari telah malam agar suasana tenang dan suara suara dari luar tidak masuk. Itu gambaran studio sementara kami.

Tonton video:

  
Tetapi pada beberapa jenis konten video perlengkapan seperti di atas tidak terlalu di butuhkan juga asalkan sudah punya sebuah hape dengan kamera yang memiliki kemampuan merekam video, tentunya sudah cukup. Persoalanya adalah setiap orang ingin agar konten videonya menarik dan kadang peralatan video yang lengkap memang mereka butuhkan. 

Kendala para pemula

Kendala pemula adalah ingin membuat konten bagus, namun juga ingin memiliki perlengkapannya terlebih dahulu, alih alih menggunakan peralatan yang telah ada, misalnya hape. Atau tidak terfikir membuat sendiri tripod dari material yang telah tersedia di sekeliling kita tanpa harus keluar modal duit.

peralatan streaming vieo
contoh peralatan streaming vieo
Akhirnya jika cara berfikirnya demikian maka Ia akan menyerah dan menunda membuat konten video dengan pikiran nanti saya akan memiliki alat alat tersebut. padahal salah satu musuh terberat untuk sukses adalah menunda nunda.

Itu kendala pemula yang pertama. 

kendala yang kedua memilih jenis apa yang akan di jadikan sebagai konten video nanti? Disinilah perlunya terget dan tujuan, kalian menarget penonton apa? Kan banyak tuh disana di dunia ini orang yang suka dengan komedi dan hal hal lucu, banyak orang suka dengan hewan hewan yang imut dan lucu lucu, banyak suka tutorial kecantikan, banyak yang menyukai pengatahuan umum, semuanya dapat di eksploarasi.

Gambaran Studio pemula

Namun jika kalian masih ingin studio, kalian bisa membuatnya sendiri. Saya pernah nonton video seorang petani pada akhirnya menjadikan dangau tempat dia istirihat setiap hari dari pekerjaan mencangkul, merawat dan bercocok tanam sebagai studionya. Dulu studio itu sangat bersahaja, namun kini tampak menjadi cantik dan rapi. 

blogging mobile
blogging hanya pakai hape 
Studionya mobile. Dia dapat membawa seluruh perlengkapannya dengan troli khusus yang dia rancang sendiri sehingga dapat merekam gambar ke tanaman hingga sedetil detilnya. Itu kemudian banyak di tiru oleh para youtuber lainnya. Bahkan menurut saya banyak produsen barang barang perlengkapan mulai membuatnya walau sudah di modifikasi dan beda.

Itu yang saya katakan motivasi tinggi. Tidak terhalang oleh alasan dan keterbatasan peralatan. Pada faktanya hal tersebut ternyata bisa di atasi. Apa sih yang tidak bisa kita atasi jika kita telah memiliki tekad yang bulat? 

Peralatan studio murah.

Buka halaman tokopedia, cari tahu berapa harga peralatan berikut:

Ring light, yang di tengahnya ada holder hape yang tiangnya fleksibel dapat di arahkan ke segala arah. 

Dengan hanya peralatan itu kalian sudah bisa membuat konten video tutorial kecantikan, atau make up dan demo produk, seperti dilakukan oleh ilustrasi youtuber di bawah berikut:

video tutorial dengan hanya menggunakan hape dan ring light
video tutorial dengan hanya menggunakan hape dan ring light
Dengan meletakan ponsel pada holder dan berfungsi sebagai kamera kita dapat merekam kegiatan dalam bentuk video. 

Namun terkadang kita menginginkan suara yang jernih agar konten dalam bentuk suara dapat ditangkap dan dimengerti dengan jelas oleh pemirsa. Hal yang sebenarnya tidak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki suara jelas, lantang dan keras. Namun bagi saya yang suaranya lemah maka saya membutuhkan bantuan microfon pengeras yang mampu memperbaiki suara.

Itulah mengapa akhirnya mengapa saya membeli microfon, dan ia membantu menutupi kekurangan saya ketika memberikan narasi suara untuk membuat konten tertentu yang memang membutuhkan narasi.

Belajar dan Melatih ketrampilan

Pada akhirnya kita semua harus belajar, segala hal membutuhkan keahlian khusus jika ingin menjadi yang terdepan. Dengan rajin membaca, nonton video tutorial dan mempelajari teknik para youtuber yang telah sukses, kita dapat meningkatkan pengatahuan sekaligus mempraktekannya untuk meningkatkan ketrampilan.

Siapa bilang membuat konten video itu, mudah dan tidak membutuhkan pengatahuan? Kalian bayangin coba:
  • Mengambil video, mempelajari cara pengambilan video yang menarik dari berbagai sudut.
  • Mempelajari fitur kamera hape 
  • Mengedit video dan mempelajari aplikasi dan tool tool pengeditannya melalui perangkat baik hape maupun laptop.
  • Mempelajari pembuatan konten, contoh tutorial, cara tampil dan berbicara dengan baik agar dapat di tangkap dan dimengerti oleh pemirsa.
Jika hal tersebut tidak dipelajari kuatirnya target pemirsa akan sia sia saja. 

Kesempatan dan Faktor keberuntungan.

Kita tidak menampik jika banyak juga orang yang kedapatan beruntung. Akan tetapi keberuntungan tidak bisa di jadikan patokan kesuksesan. Ia adalah kasus langka. Anda bisa beruntung sekali dalam seumur hidup daripada berkali kali. 

Namun orang yang sukses adalah mereka yang pandai memanfaatkan kesempatan lalu memperjuangkan apa yang mereka inginkan dengan cara bekerja keras untuk meraihnya dan samasekali tidak mengandalkan dan mengharapkan keberuntungan.

Ada sih orang yang tanpa sengaja membuat video dan videonya itu menjadi viral. Kebetulan seperti itu tidak akan terjadi setiap hari. Yang akan terjadi adalah konten video kita akan di tonton orang jika telah berusaha membuat konten yang bagus lalu mempromosikannya melalui saluran saluran medsos yang ada misalnya.

web streaming sound condenser

Salah satu tanda kita berusaha tadi ya tentu saja dengan berusaha menyediakan segala kemudahan dalam melakoni pekerjaan kita, kalau misalnya menggarap sawah tentu kita sekurangnya butuh cangkul, syukur ada dangau untuk beristirihat agar pekerjaan menjadi lebih optimal.

Demikian juga dalam hal membuat konten video dengan memiliki dan membuat sebuah studio untuk menopang pekerjaan tersebut, tentu pekerjaan akan menjadi semakin optimal.

Jadi kesimpulannya kita dapat membuat studio sederhana dan murah karena peralatan murah untuk itu sebenarnya dapat menjadi pilihan dan juga telah tersedia di pasaran.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
I want go anyway, but so manything still leave behind.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain