Konten video streaming semakin populer, apalagi ketika pandemi covid 19 sedang berlangsung. Konten video menjadi sangat populer dinanti nanti bukan hanya oleh kalanngan pengguna kalangan netizen tapi juga oleh para pengusaha yang memburu konten konten serupa untuk tujuan pemasaran produk mereka. Bahkan dunia pendididkan banyak yang melakukan kegiatan mengajar melalui daring.

video streaming dengan narasi
video streaming dengan narasi
Lagipula Youtube sangat welcome kepada para kreator konten video, Facebook dan Instagram juga. Bahkan kita melihat video video viral di Twitter dan snapchat. Semua itu membuka peluang yang menggembirakan bagi para kreator konten konten video. Mampu menghasilkan cuan yang jauh mengatasi para pembuat konten tulisan.

Tingkat kesulitan membuat konten video juga menentukan kualitas hasil akhirnya. Jadi jika kalian ingin video kalian menarik, interaktif dan berkualitas tentu saja harus memiliki perangkat keras dan sekaligus perangkat lunak untuk mengolah konten video tersebut. Tidak juga perlu yang mahal, yang penting dapat di maksimalkan melalui keahlian diri dalam membuat konten video.

Tapi mengapa perangkat android? Karena perangkat inilah yang paling umum dipergunakan oleh manusia pada saat ini. Perangkat yang dapat di beli dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Karena perangkat mobile sejenis produk Apple seperti iPhone dan iPad tidak mungkin terjangkau oleh semua orang. 

Kalian hampir tidak percaya kalau saya katakan harga iPad terbaru dengan prosesor M1 2 Terra harganya hampir RP.42 jutaan. Hampir tidak ada versi murahnya.

Itulah uniknya Android, ia perangkat sejuta umat. Disamping itu perangkat Android umumnya sangat mobile dan sangat umum di miliki oleh kalangan umum jika dibanding dengan PC desktop dan Laptop. Bahkan di zaman sekarang anak anak kecil telah banyak yang memiliki perangkat hape mereka sendiri. 

Demikian alasanya.

Perangkat keras

Jika menulis online membutuhkan perangkat komputer baik PC maupun mobile, membuat konten video juga sama. Namun berbeda dengan proses menulis yang cukup memiliki laptop, tablet atau ponsel sudah bisa dilakukan, membuat konten video mungkin harus memiliki perangkat keras berikut meskipun tidak semuanya harus:

1. PC laptop, tablet atau ponsel atau kamera

Nah pada perangkat keras di atas yang paling kalian perlukan adalah kamera perekam video. Saya rasa memiliki sebuah ponsel di zaman sekarang sudah cukup untuk merekam video alalu mengolahnya menjadi konten video untuk di publikasikan.

Jika kalian hanya memiliki kamera, kalian tidak bisa mengedit dan mengolah konten video. Namun jika kalian memiliki ponsel kamera, kalian dapat mengambil video, mengolahnya sekaligus dengan sederhana memanfaatkan aplikasi pengedit video yang dapat kalian download melalui aplikasi Android atau iOS jika kalian menggunakan ponsel iPhone.

Namun beberapa konten video tutorial, kecantikan, Teknologi dll membutuhkan peralatan yang lebih spesifik. Kalian bisa membelinya dari yang paling murah hingga yang paling mahal dan telah di jual di toko toko online sperti tokopedia, Alibaba, Amazon dll.

Jika kalian ingin mengambil video menggunakan hape Android dalam berbagai sudut, mungkin kalian membutuhkan tripod yang flexible, berikut berbagai jenis tripod hape buat streaming:

beberapa model tripod buat hape

Banyak sekali tripod murah di jual secara online harganya beragam di mulai 10ribuan hingga 100ribuan, tergantung toko dan juga kualitas tripod yang dijual.

2. Microfon streaming

Menurut saya microfon suara tidak kalah penting karena membuat konten video berarti sekaligus juga membuat dan mengolah konten audio. Nah beberapa perangkat audio dasar buat video streaming juga telah menjadi perangkat keras yang di buru dan sangat populer. Beberapa merek yang lumayan di jual dengan harga mulai harga 600 ribuan hingga 2 jutaan ke atas seperti Boya dan blue Yetti adalah rekomendasi dari saya.

beberapa model microfon untuk video streaming
beberapa model microfon untuk video streaming
Dengan menggunakan microfon ini kalian terhindar dari beberapa masalah noise dan untuk menutup suara yang kurang power. Tentu saja microfon ini sangat berguna bagi pembuat konten video tutorial dan konten konten video dengan narasi pada umumnya.

Perangkat lunak

Jika kalian telah memiliki perangkat keras android maka otomatis kalian akan memiliki banyak aplikasi pengedit video yang semakin hari semakin mumupuni. Saya menggunakan dua perangkat lunak atau aplikasi pengedit video yang saya pasang ke dalam perangkat tablet Android:


Adalah pengedit video yang sangat powerful. Dengan memiliki aplikasi pengedit video ini hape atau tablet dapat melakukan pengeditan video dasar dan advance dengan sangat mudah.

Kinemaster memiliki beberapa lebih 2 lusin musik latar gratis yang bebas copyright jika kalian mengunduh video nantinya ke Yotube. Ia juga memiliki beberapa video klip yang dapat di pasang sebagai video pembukaan agar video tampak lebih profesional.

Kemampuan kinemaster dapat melakukan trim, pemotongan, pengaturan volume suara menambahkan video dalam video sembari menghilangkan suara salah satu video, menambahkan teks dan menambahkan banyak sekali efek yang menakjubkan.

Lalu ada pilihan dimensi video yang akan di buat, dan ada juga pengaturan batasan berapa besar video yang akan di simpan (hingga berresolusi tinggi 4K dengan laju bingkai hingga 30 fps). 

Kalian dapat mengunduh Kinemaster di Play Store Android secara gratis, namun versi berbayar adalah versi yang paling lengkap.


Suara atau Audio tidak kalah penting demi membuat konten video yang berkualitas tinggi. Jika kalian hanya mengandalkan hape Android dan tidak memiliki microfon streaming sebagai sistem audio untuk menangkap suara, maka memasang aplikasi video volume booster wajib, kalian akan merasakan manfaatnya.

Sesuai namanya aplikasi pengedit video ini adalah perangkat lunak yang dapat membantu menjadikan video dengan suara kecil menjadi besar. Saya menggunakan aplikasi ini ketika menemukan kualitas volume audio video yang saya buat ternyata rendah atau kecil.

Benar, ia membuat audio suara yang keluar dari video saya menjadi jauh lebih kuat dan lebih nyaring. Tinggal buka aplikasi, ikuti perintah tool, misalnya dengan mengklik insert video lalu proses, maka suara video akan menjadi lebih keras.

Aplikasi ini di perlukan ketika saya belum memiliki microfon streaming dan hanya mengandalkan perangkat hape Android ketika membuat konten video.

Meningkatkan ketrampilan membuat konten video

Bahkan walaupun saya tempatkan pada urutan terakhir, ketrampilan atau kepandaian seseorang dalam membuat, mengolah atau meng 'create' konten video adalah bagian yang sangat penting!

Bukan hanya dibutuhkan pengatahuan perihal teknik pengambilan gambar dan video namun juga kemampuan editing. Dan terakhir adalah kemampuan melakukan narasi.

Terutama mereka yang membuat video dengan narasi, tutorial atau video live streaming, tanpa ketrampilan berbicara maka di kuatirkan apa yang akan kita sampaikan menjadi tidak optimal sampai kepada pengunjung atau pemirsa.

Dan kelemahan saya adalah melakukan narasi. Saya selalu mengeluh kepada Anissa jika suara saya ketika bernarasi mirip seperti orang sedang berkumur kumur. He he he.

Itulah bedanya membuat konten video dengan membuat konten tulisan. Bahkan konten video lebih mendekati konten konten multimedia yang berada pada bidang keahlian berbeda, dimana di butuhkan skill dan kemamp[uan total dalam mengolah konten konten serupa.

pentingnya kepiwaian membuat konten adalah karena seorang pembuat konten yang piawai akan mampu memanfaatkan perangkat yang ada dengan maksimal dalam membuat konten konten video yang berkulaitas tinggi...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: