INI SEBAB MENGAPA PERANKINGAN HALAMAN WEB MOBILE DAN WEB DESKTOP DI BERBEDA

Menurut sumber Google itu disebabkan karena personalisasi, jika kita membuat halaman kita mobile friendly, cepat dan simple, itu berarti halaman kita akan di index dan di ranking sebagi mobile. Boleh jadi saat kita periksa di webmaster ia tidak masuk pengindeksan pada versi dekstop.

halaman web mobile di utamakan
halaman web mobile di utamakan

Orang bisa bertanya mengapa ranking halaman itu harus dibedakan antara pengideksan mobile dan web? Sedangkan kita telah menghubungkannya ke versi mobile. Dan alasan kita mengaitkan halaman lebih kepada mobile tentu saja karena dunia web mobile itu sekarang lebih penting daripada dunia web desktop. Akan tetapi mengapa terkadang halaman yang kita telah kita buat tetap saja di index sebagai web desktop?

Personalisasi Web mobile

Halaman web mobile adalah halaman yang mobile friendly, halaman tersebut dapat dengan mudah di akses melalui hape atau ponsel atau peralatan mobile lainnya termasuk tablet. Jika dulu sebala hal yang terkait mobile di aplikasikan sebagai gadget hape layar genggam, kini muncul trend baru layar mobile semakin besar hingga menjadi lebar seperti tablet. Namun ia tetap di kategorikan sebagai halaman mobile.

Alasan lain adalah Halaman mobile hanya akan di indeks oleh robot mobile atau Mobile Bot. Sedangkan yang desktop di indeks oleh google bot biasa. Dan bot bot mengenali perangkat mobile dan perangkat desktop karena mereka masuk ke dalamnya.

Halaman mobile memang berbeda dengan halaman web desktop. Perangkat yang menayangkannya juga beda, Yang satu di tayangkan oleh perangkat mobile seperti hape atau seperti tablet, sedangkan yang lain di tayangkan oleh perangkat PC seperti PC desktop dan laptop.

Pemilik situs web biasanya membuat personalisasi halaman dan menghubungkan halamannya sebagai halaman mobile. Alasanya sudah sangat jelas halaman mobile selalu akan di istemewakan di banding halaman web desktop. Bahkan halaman web desktop akan di tinggalkan.

Akan tetapi jika konten terindikasi hanya cocok buat halaman web desktop, maka ia akan di index sebagai halaman desktop. Halaman tersebut misalnya memiliki konten konten gambar gambar besar dan tidak memenuhi standar mobile.


Kecepatan kedua perangkat juga berbeda.

Lalu tujuan dan cara orang menggunakan kedua perangkat juga beda, orang membuka halaman mobile untuk mendapatkan informasi dan lokasi untuk mobilitas yang lebih tinggi. 

Namun pada halaman desktop orang mungkin mencari informasi text dan lebih banyak  gambar. Lebih banyak video yang dapat di tonton dengan lebih leluasa.

Mungkin saja kedua perangkat hingga saat ini dapat membuka kedua halaman masing masing namun bot bot yang menanganinya terpisah, halaman desktop tidak di tangani oleh bot mobile. Sehingga kecepatan terasa berbeda.

Mobile membutuhkan - setidaknya hingga saat ini - kompresi tinggi saat merender halaman, sehingga para pembuat halaman mobile harus menyesuaikannya agar halaman menjadi lebih ringan dan cepat. Itu sebabnya mengapa bot bot mobile akan mengenali halaman mobile dari 'kustomisasi' pembuat kontennya. Halaman mobile hingga saat ini memang masih harus di tangani secara khusus.

Halaman mobile tergantung kustomisasi pemilik web

Jadi kitalah yang memutuskan mau switch halaman ke mobile atau ke desktop. Atau dalam arti kata lain kita sendirilah yang memilihnya. 

Untuk menjadikan halaman sebuah blog menjadi mobile tentu hal pertama yang kita lakukan adalah memilih template yang mobile friendly. Namun itu saja tentu tidak akan cukup jika menambahkan konten dengan gambar gambar besar dan berat loading. Untuk halaman mobile kita juga harus memilih gambar ilustrasi yang mobile firendly dengan format yang ringan. 

Dan tentu saja semuanya dapat menjadi lebih mobile dengan mengikuti kaidah halaman mobile yang benar. Karena kita tahu bagaimana halaman web dunia sedang dipenuhi oleh halaman dengan kecenderungan mobile.


Kesimpulan

Dunia web memang sedang 'switch to mobile' dan bisnis juga sedang 'switch to mobile'. Untuk tetap menjaga halaman mobile rasa desktop sekarang sedang tren tablet tipis namun denag layar gede mendekati laptop. 

Itu kalau kita bicara tentang perangkat, namun untuk menjadikan halaman menjadi mobile biasanya pemilik web akan melakukan hal berikut:
  • Menggunakan template yang mobile friendly
  • Membuat konten ringan, komplit namun sesuai dengan kebutuhan blogging mobile.
  • Menggunakan perangkat yang mobile
Mengapa perangkat saya masukan juga? Karena bot bot Google bisa membedakannya. Jadi pertanyaan mengapa perankingan mobile dan desktop di bedakan? 
  • Ya karena beda kebutuhannya
  • Ya karena beda perangkatnya
  • Ya karena beda personalisasi dan kustomisasinya
  • Ya karena beda juga target dan pada akhirnya juga penghasilannya
  • Ya karena beda bot bot pengindeksannya
Namun hal di atas tidak mutlak harus seperti yang terlihat dan yang ada sekarang. Misal, jika kita mematok halaman mobile adalah halaman yang di tampilkan oleh perangkat genggam mobile seperti hape, kita kini melihat bahwa google juga harus mempertimbangkan halaman tablet yang semakin besar sebagai perangkat mobile.

Perangkat mobile adalah perangkat dengan mobilitas tinggi dan sebuah tablet walaupun memiliki layar 14" tetaplah sebuah perangkat yang lebih mobile jika di banding dengan PC laptop dan apalagi desktop.

Jika perangkat ini menjadi tren Google mau tidak mau harus mencari cara demi menyesuaikan kompatibilitasnya...Bisnis tetaplah bisnis...

Saya rasa kita kini mulai mengerti...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak