MANFAAT BESAR PERUBAHAN PROTOKOL INTERNET DARI HTTP/1 KE HTTP/2 UNTUK HALAMAN BLOGGER

Dunia berubah lagi dan kali ini tertuju kepada para pemilik halaman web seperti blogger perubahan kali ini nyambung banget ke halaman mereka karena ini adalah tentang WWW atau World Wide Web yang sedang kita pergunakan. Inilah dia ceritanya.

World Wide Web of HTTP/2
ilustrasi
Selama ini kita menggunakan protokol web HTTP itu dan itu penting agar halaman web kita tampil di internet setidaknya ia tidak pernah berubah hingga tahun 1997. Hingga pada tahun 2015, mulai muncul perubahan itu. Sedangkan Google sendiri baru menerapkannya sebagai salah satu fitur di halaman webmaster yakni bagian web core vitals pada bulan Mei 2021 ini.

Dan protokol itu telah mengalami revisi besar besaran yakni dari HTTP lama kita sebut saja HTTP/1 atau HTTP versi 1.0. Kini revisi besar besaran itu telah datang dengan nama HTTP/2 atau disebut juga dengan HTTP/02. Boleh dikatakan HTTP/2 ini adalah versi perubahan pertama semenjak HTTP/1. Dan ia akan menggantikan protokol lama tersebut.

Standar baru ini pastinya support ke browser browser ternama seperti: Chrome, Opera, Firefox, Microsoft Edge, Safari dan amazon silk.

Apa gunanya bagi halaman web dan blog?

Jadi kita dapat mengatakan HTTP/2 ini adalah lanjutan atau penyempurnaan dari HTTP/1. HTTP/2 ini akan membuat halaman webblog kita menjadi lebih cepat dan seperti telah kita singgung di atas, Google sedang menerapkannya. 

HTTP/2 membawa perubahan yang signifikan bersama fitur fitur baru serta perfoma yang jauh lebih baik. Ia juga mendukung banyak browser seperti yang telah kita singgung di atas. Disamping itu ia membawa perubahan pada kecepatan halaman web pada halaman pengujian Google Speed. 

Dapat di pastikan bersama kemajuan ini kecepatan halaman sebuah webblog meningkat drastis.

Menurut google: 

Tujuan utama untuk HTTP/2 adalah mengurangi latensi dengan meng-aktifkan permintaan lengkap dan multiplexing respons, meminimalkan overhead protokol melalui kompresi efisien kolom header HTTP, dan menambahkan dukungan untuk penentuan prioritas permintaan dan push server. 

Untuk mengimplementasikan persyaratan tersebut, ada banyak penyempurnaan protokol lainnya yang mendukung, seperti kontrol alur baru, penanganan error, dan mekanisme upgrade, namun inilah fitur terpenting yang harus dipahami dan dimanfaatkan setiap developer web di aplikasi.

Adapun fitur fitur HTTP/2 adalah:
  1. Enkrispsi cepat
  2. Mengoptimalkan kinerja situs web kita
  3. Mengoptimalkan sumber daya jaringan sehingga jaringan telkom lelet bisa menjadi lebih ringan dan kencang
  4. Sudah hadir di Web Core Google Webmaster untuk membantu peringkat halaman web atau blog kita.
Manfaatnya bagi halaman web atau halaman blog kita:
  1. Untuk meningkatkan kinerja (yakni kecepatan memuat halaman) situs web atau blog secara keseluruhan.
  2. Untuk mengoptimalkan kinerja seluler situs web Kita
  3. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya di jaringan Kita misalnya Telkomsel dll.
  4. Meningkatkan keamanan komunikasi data
  5. Sudah hadir Core Web Vitals, guna membantu meningkatkan peringkat kita
Bagaimana caranya mengaktifkan HTPP/2 untuk halaman blogger blogspot?

Kita harus menguji apakah server kita support ke protokol HTTP/2, karena blogspot menggunakan servernya Google harusnya support dong.
Lihat contoh:

cara mengaktifkan HTTP/2 ke halaman blogger

Ternyata support. Namun jika Kalian adalah pengguna platform blog yang tidak menggunakan server Google lakukan uji coba di atas dan jika ternyata server tersebut belum support protocol HTTP/2 secara automatis maka harus dilakukan langkah langkah tertentu untuk mengaktifkannya.

Dan jika Kalian menggunakan server yang memang sudah support seperti miliki google atau cloudflare, maka kalian tidak perlu melakukan apa apa lagi.

Kesimpulan

Sangatlah rugi jika tidak mengikuti protocol baru ini karena jelas ia mensupport dan memiliki fitur yang sangat penting:
  • support mobile
  • Support keamanan
  • Support kecepatan halaman
  • support kecepatan jaringan
Terimakasih semoga bermanfaat.

Ilustrasi: Anna Shvets pexel - thank you featured Picture.

Sumber:
https://developers.google.com/web/fundamentals/performance/http2
https://increasily.com/how-to-enable-http-2-on-your-website/
https://seoagencydublin.ie/pagespeed-insights-and-http-2/
https://www.cloudflare.com/website-optimization/http2/what-is-http2/

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak