3 laptop dengan 3 sistem operasi berbeda yang paling berpengaruh di dunia modern

Di dunia sekarang ini laptop masihlah perangkat kerja dan belajar yang paling banyak di pergunakan orang. Namun tahukah kalian ada 3 jenis laptop dengan 3 platform yang berbeda, dan paling komersial di dunia. Paling tidak hingga saat ini.

Well kalau bicara komersial di segala sisi, saya terpaksa melupakan platform atau sistem operasi seperti linux dkk.

Sistem operasi yang terakhir ini memang tidak dimasukan ke dalam kelas bisnis, meskipun jika dibandingkan dengan sistem operasi komputing mobile seperti Android, iOS dan iPadOS untuk perangkat perangkat mobile seperti hape, tablet dan iPad.

Laptop dan Sistem operasi apakah ketiga komputer jinjing paling berpengaruh tersebut? Mari simak saja.

1. Laptop bersistem operasi windows

Laptop windows memiliki perangkat paling beragam dari berbagai fabrikan, mulai dari Lenovo, acer, HP, Dell, Samsung, Asus dan masih banyak lagi merek merek terkenal lainnya menggunakan sistem Windows. 

laptop windows

Lho apa hubungannya dengan merek dan mesinnya? Karena setelah menggunakan sistem operasi Windows mereka jadi identik sebagai laptop windows! Benar sekali, dan tidak jarang pabrikannya memang membuat mesin yang cocok untuk menjalankan platform atau sistem operasi buatan microsoft ini lagi pula tidak dapat di pungkiri jika antara pabrikan laptop yang membuat perangkat keras ini telah bekerja sama dengan Microsoft dan menjadikan sistem operasi windows sebagai sistem operasi default perangkat laptop mereka.

Sistem operasi windows sampai saat ini masih menggunakan windows 10 dan akan segera dilanjutkan dengan windows 11.

Rasanya tidak seorangpun yang menyangkal bahwa laptop windows masih merajai dunia dalam hal banyaknya pengguna. Bahkan banyak perusahaan terikat kontrak pembelian paket sistem operasi dan aplikasi perkantoran Microsoft Office untuk menopang produktivitas mereka. 

Harus di akui sistem operasi dan aplikasi perkantoran Microsoft Office menjadi yang paling laku dan paling menguntungkan perusahaan tersebut. Jika mau di bandingkan dengan sistem dua sistem operasi yang akan saya paparkan berikut, pengguna sistem operasi dan apalagi aplikasi perkantoran dari MS office yang terdiri dari ms. excel, ms. power point, ms.word, teams hingga ms.project benar benar mendominasi 65% pengguna di dunia. Padahal berbeli lho...ya itu tadi: Komersial.

2. Macbook dan macOs.

Macbook hanya satu jenis di dunia dan merupakan satu satunya perangkat laptop yang menggunakan MacOS. Dan ini jauh berbeda dengan laptop windows, sehingga alih alih di sebut laptop meskipun bentuk dan fungsinya sama, ia lebih populer di sebut dangan panggilan Macbook.

Tidak ada pabrikan lain yang boleh menggunakan MacOS, ia dibuat untuk Macbook. Dan jika laptop windows (perangkat kerasnya) dibuat oleh berbagai pabrikan maka, baik Laptopnya atau perangkat keras dan mesinnya maupun sistem operasi yang kita sebut dengan MacOS tadi dua duanya di buat oleh perusahaan Apple. Sehingga mesin menjadi sangat kompatibel pada saat menjalankan sistem operasi atau perangkat lunak yang memang dibuat untuk saling menyesuaikan. Alhasil sebuah Macbook menjadi sangat stabil, aman dan sangat hemat daya. Juga sangat powerful. umumnya di pergunakan oleh para desainer, arsitektur dan kalangan atas para pebisnis.

macbook

Perbedaan mendasar lainnya adalah sumber kode MacOS dibuat lebih tertutup dan rahasia, sangat sulit diretas, sangat tinggi keamanannya. Walaupun dari segi aplikasi perkantoran ia masih kalah populer dengan MS.Office, namun Apple menang telak disisi aplikasi aplikasi untuk para desainer, editing gambar hingga editing video, dan sangat baik dalam menjalankan aplikasi aplikasi untuk membuat konten konten multimedia.

Walaupun kalah jumlah pengguna jika di banding dengan laptop windows yang sejuta umat, yang dijual dengan berbagai harga dari yang paling murah hingga yang paling mahal, Macbook sangat eksklusif, ia dibuat sangat presisi dari segala hal, baik material perangkat kerasnya yang benar benar berkualitas, desain, hingga sistem operasi yang halus dan akurat. Tidak mengherankan harganya juga sangat mahal bagi kalangan orang umum.

3. Chromebook

Chromebook terbilang masih sangat muda, sedianya Google meminta produsen laptop untuk membuat mesin yang kompatibel dengan sistem operasi chrome. Itulah sebabnya ia disebut dengan Chromebook. Sama halnya seperti laptop windows, beberapa merek ternama seperti samsung, Dell, HP pada akhirnya membuat chromebook untuk di jual ke pasaran.

Tentu saja yang paling membedakannya adalah sistem operasinya itu sendiri yakni Chrome. ChromOS adalah sistem operasi buatan google berbasis cloud dengan tujuan memudahkan pengguna, dengan Chrome Browser dan Google Workspace sebagai antarmuka aplikasinya. 

chromebook

Dus, aplikasi, data, dan juga perintah seperti mengakses, menyimpan, berbagi, dan memproses data diutamakan dilakukan pada infrastruktur server jarak jauh (cloud) milik Google, yang membutuhkan internet. Walaupun demikian, Chromebook juga dapat digunakan tanpa internet karena aplikasi yang penting untuk bekerja seperti Gmail, Google Keep, Docs, Sheets, Slides, Calendar, photo editor, media player dapat berjalan secara offline.

Chrome di mulai pada tahun 2011, dan lalu pada tahun 2016 Google menambahkan Play Store Android ke dalamnya. Ini membuat pengalaman pengguna menjadi lebih kaya. Menggunakan chrome sekaligus mendapatkan pengalaman pengguna Android.

Karuan hal ini akan membuat Chromebook akan menjadi laptop yang paling berpengaruh di masa depan. Chrome telah menempatkan dirinya sebagai pesaing paling potensial bagi laptop windows dan macbook. Sebuah laptop yang mewakili kerja keras dan mobilitas sekaligus.

Kesimpulan

Mengapa laptop linux, dan ubuntu kurang populer? Karena mereka tidak komersial. Apa saja yang komersial sudah semestinya menjadi prioritas para pelaku bisnis. Mereka kaya dan banyak uang. Dan mereka adalah gaya hidup.

Siapa yang akan mendanai sistem operasi dan aplikasi aplikasi produktivitas yang tidak menguntungkan? Meskipun dunia penuh dengan donator, pada akhirnya mereka akan berpaling kepada bisnis lagi.

Ada lagi sistem Android yang di modifikasi untuk dapat menjalankan komputing mobile, namun sedari awal ia dibuat untuk sistem operasi mobile, meskipun perlahan lahan sudah mulai mengurangi gap atau jarak dan jurangnya terhadap sistem operasi komputer yang sudah mapan seperti windows, Chrome, Linux dan MacOS.

chromebook vs windows laptop vs macbook

Namun pada akhirnya jika kita bicara fungsi dan kegunaannya terpulang lagi pada kebutuhan pengguna.

Yang penting sekarang kalian sudah tahu bahwa di dunia sedang ada tiga laptop yakni:
  1. Laptop windows
  2. Macbook
  3. Chromebook
Ketiganya setara dan dapat dipergunakan buat menopang produktivitas. Pilih laptop windows, macbook atau chromebook?

Atau bahkan memiliki ketiga tiganya untuk merasakan pengalaman yang berbeda beda.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak