CARA MENGETIK CEPAT KETIKA BLOGGING MENGGUNAKAN HAPE

Bukan hanyya halaman web mobile, tapi blogging sepenuhnya mobile
Tidak fair kalau tidak mencobanya sendiri. Saya mencoba produk yang tidak mencantumkan merek pada bodynya yakni bluetooth keyboard 7 inchi produk taffware. Pada kotak kemasan keyboard 7 inchi ini tertera Taffware KM78D.

mengetik di hape menggunakan bluetooth keyboard

Seperti kita ketahui merek asal Cina ini mulai di gemari karena memproduksi peralatan plastik elektronik seperti mikrofon condenser murah buat podcast atau apalah itu ya.

Kali ini kita khusus mereview salah satu produknya yang bernama wireless keyboard 7 inchi yang tipis dengan harga di bawah seratus ribuan yang dapat di beli di toko toko online seperti tokopedia umpamanya. 

Oh ya karena itu tulisan ini saya tulis menggunakan:
  1. Hape samsung S21 dengan speks layar 6,7 inchi
  2. Keyboard yang sedang kita review.
Saat menulis (baca mengetik menggunakan keyboard ini) saya melihat ke arah jam di atas layar hape untuk menilai berapa lama pengetikan berlangsung. Saya berharap tidak terlalu lama dan tidak terlalu jauh bedanya dengan apabila saya menggunakan tablet layar 12 inchi dan macbook saya.

Berikut saya tampilkan tangkapan layar harganya di penjualan online ya:

harga keyboard bluetooth taffware 7 inchi online

Melihat cuplikan gambar di atas kita memang melihat harga yang beragam dengan selisih hingga belasan ribu, namun kami telah mengujinya produk tersebut adalah sama. Biasalah beda penjual dan tokonya.

Adapun spesikasi keyboard ini adalah yang tercantum pada penjualan salah satu toko penjualnya adalah sebagai berikut:

Taffware Wireless Bluetooth Keyboard Rechargeable - KM78D
Keyboard wireless ini memiliki bentuk yang modern dan minimalis.

Spesifikasi :
  • Connection, Bluetooth v3.0
  • Battery Capacity, Lithium 150mAh
  • Dimension, 20 x 12.5 x 0.6 cmKelengkapan :
  • 1 x Wireless Bluetooth Keyboard
Garansi :
1 Bulan

1. Fungsi tombol pada papan keyboard

Saya tidak menyangka keyboard wireless seharga 70ribuan ini sama gegas dan sama powernya pada saat dipergunakan scara fungsional. Saya yang sudah sangat akrab dengan berbagai produk keyboard bluetooh jadi heran, di banding dengan beberapa merek terkenal dan mahal keyboard murah ini memiliki fungsi yang sama dan bekerja dengan sangat baik dan dengan akurasi tinggi. 
keyboard bluetooth Taffware KM78D

Tombol tombol pemintas seperti CTRL+F, CTRL+V, CTRL+A dan seabrek tombol tombol pemintas yang umumnya terdapat pada keyboard PC di kantor semuanya berfungsi dengan baik.

2. Ukuran, bobot

Tidak ada kesalahan mengetik asalkan jari pas menekan tuts atau tombol tombolnya yang memang kecil. Soal tangan keseleo kepencet tombol lain pada saat memencet satu tombol huruf, itu samasekali bukan kesalahan spesifikasi dan teknologinya. Itu semata mata karena bidang papan keyboardnya memang berukuran lebih kecil. Namanya juga ditujukan buat perangkat mobile sepertii hape dan tablet kecil.

Namun setelah melakukan pengetikan beberapa menit dan jadi terbiasa, kesalahan mengetuk atau menekan tuts tombol berkurang drastis. Namanya juga beradaptasi dari papan ketik besar menjadi kecil. 

Dan beradaptasi itu adalah skill manusia yang paling mendasar.

Kekurangan lain terkait ukurannya yang kecil adalah bobotnya yang ringan karena pada saat mengetik papannya sekali sekali bergeser dan kita harus mengembalikannya keposisi mengetik menghadap ponsel supaya enak. Tidak heran juga karena bagian bawahnya tebuat dari metal licin. Saya jadi berfikir alangkah bagusnya jika bagian bawahnya dilapisi bahan plastik yang dapat menahan gesekan ke permukaan meja.

3. Power dan ketahanan

Keyboard ini di tenagai oleh batttery terintegrasi langsung kepapan keyboard yang dapat di charging ulang. Setelah pengisian penuh battery dapat bertahan hingga 3 bulan pemakaian. Masa ketahan atau keylifenya di klaim mampu bertahan hingga 10 juta kali pengetikan. Wow, saya rasa kita tidak perlu membuktikannya karena itu lama sekali.

Pengecasan dapat dilakaukan melalui kabel charging bawaan atau kabel charging hape yang bukan type C karena ia masih menggunakan model kabel charging lama. Selama pengecasan lampu indikator akan berwarna merah dan mati jika battery telah penuh.

4. Konektivitas

Pairing atau menghubungkan keyboard wireless ini menggunakan bluetooth 3.0 yang sudah sangat cepat, dan pada saat pengetikan terasa tidak ada jeda pada saat menggunakannya seolah ia terhubung melalui kabel saja.

Pada saat papan ketik dinyalakan dan indikator akan berkelip kelip dan pada saat blutooth hape di hidupkan dengan segera ia menangkap sinyal bluetooth yang terpancar dari papan ketik ini. 

5. Kesimpulan

Menurut saya keyboard ini secara keseluruhan cukup baik karena ia memang dapat berfungsi dengan sangat baik. 

Kelebihanya:
  1. Memiliki semua fitur keyboard sebagai alat pengetikan
  2. Sangat mobile dan enak buat mengetik di hape
  3. Memiliki daya tahan battery
  4. Murah namun berfungsi setara dengan keyboard mahal

Kekurangannya:
  1. Ukuran dan dimensinya yang kecil harus membiasakan diri melakukan pengetikan melauinya.
  2. Bobotnya yang sangat ringan membuat ia suka bergeser pada saat mengetik sudah lancar dan terbiasa.
Bagi kalian yang suka blogging menggunakan hape saya merekomendasikannya. Jangan lupa beli dudukan (stand) hape juga agar mengetik lebih ergonomic dan nyaman, harga dudukan hape berkisar 5ribuan hingga 100ribuan keatas tergantung merek, dan kualitas bahan pembuatannya. Atau bahkan kalian bisa membuatnya sendiri dari bahan kertas karton atau kayu tipis.

Dan jangan lupa, artikel ini 100% saya tulis menggunakan keyboard yang sedang saya review. Artikel pertama yang di hasilkan oleh keyboard ini. Pengetikan plus insert gambar ilustrasi menghabiskan waktu lebih dan kurang selama 19 menit !


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

2 komentar

  1. wah boleh juga nih. Kira-kira keyboard ini bisa dipakai ke Xiaomi note 9 pro gak ya? Lumayan jadi bisa tetap nge-blog tanpa harus bawa2 laptop kemana2.
    1. bisa banget, xiomi termasuk perangkat serba terhubung, lho
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain