APA MAKSUDNYA HALAMAN DITEMUKAN SAAT INI TIDAK DI INDEX?

mengapa halaman dan postingan saya di temukan tapi pada saat ini tidak di indeks?
Ada beberapa pertanyaan dengan nada tulisan sedikit kuatir yang datang ke halaman ini, pertanyaannya adalah: Mengapa halaman saya di nyatakan sebagai "ditemukan - saat ini tidak di indeks?".

Dari ungkapannyasaja seharusnya kita tahu bahwa 'saat ini tidak di indeks' adalah tindakan sementara.

1. MENGAPA GOOGLE TIDAK LANGSUNG MENGINDEKS POSTINGAN SAYA?

Kalau kita baca pada kalimat lebih awal akan tertulis:


Inspeksi URL:

URL tidak ada di Google. Halaman ini tidak ada di index bukan karena eror.

Jika kita mau memeriksa saran dan penjelasan Google lebih lanjut maka akan muncul penjelasan sebagai berikut:

apa maksudnya halaman di temukan tapi tidak di index

Alat Inspeksi akan memberikan informasi tentang halaman spesifik dalam versi yang sudah diindeks Google. Informasi mencakup error AMP, error data terstruktur, dan masalah pengindeksan.

Tugas umum pengindeksan menurut sumber Google adalah sebagai berikut:
  • Melihat status indeks URL saat ini: Mengambil informasi tentang halaman Anda dalam versi yang telah diindeks Google. Lihat alasan Google dapat atau tidak dapat mengindeks halaman Anda.
  • Memeriksa URL aktif: Menguji apakah halaman di situs Anda dapat diindeks.
  • Meminta pengindeksan URL: Anda dapat meminta agar URL di-crawl (atau di-crawl ulang) oleh Google.
  • Melihat versi halaman yang dirender: Melihat screenshot tampilan halaman di dari mata Googlebot.
  • Melihat resource yang dimuat, output JavaScript, dan informasi lainnya: Melihat daftar resource, kode halaman, dan informasi lainnya dengan mengklik Lihat halaman yang di-crawl (hasil yang diindeks) atau Lihat halaman yang diuji (pengujian langsung).
  • Memecahkan masalah halaman yang hilang: Ada banyak alasan yang menyebabkan halaman belum diindeks. Inspeksi URL dapat membantu memecahkan beberapa masalah tersebut.
Saya tertarik dengan poin ke 5 "melihat resource" yang dimuat seperti kode halaman ini tentunya terkait dengan kecepatan halaman. Namun seluruhnya adalah tentang performa halaman blog kita. Namun arti DITEMUKAN - SAAT INI TIDAK DI INDEKS adalah semata mata bersifat sementara. Persoalannya mengapa halaman kita tidak menjadi prioritas? Adalah tidak adil berandai andai tanpa menyertakan alasan langsung dari sumber Google berikut:

2. MENGAPA HALAMAN SAYA TIDAK DI PRIORITASKAN?

Jika halaman Anda tidak ada dalam laporan, salah satu hal berikut mungkin benar:

Google tidak mengetahui halaman tersebut. Beberapa catatan tentang visibilitas halaman:
  • Jika berupa situs atau halaman baru, perlu diingat bahwa Google memerlukan waktu untuk menemukan dan meng-crawl situs atau halaman baru.
  • Agar Google dapat mempelajari suatu halaman, Anda harus mengirimkan peta situs atau permintaan crawl halaman; jika tidak, Google harus menemukan link ke halaman Anda di suatu tempat.
  • Setelah URL halaman diketahui, perlu beberapa saat (hingga beberapa minggu) sebelum Google meng-crawl sebagian atau seluruh situs Anda.
  • Pengindeksan tidak bersifat instan, bahkan jika Anda mengirimkan permintaan crawl secara langsung.
  • Google tidak menjamin bahwa semua halaman di mana pun akan masuk ke indeks Google.
  • Google tidak dapat menjangkau halaman Anda (halaman memerlukan login atau tidak tersedia untuk semua pengguna di internet)
  • Halaman berisi tag noindex yang mencegah pengindeksan oleh Google
  • Halaman dihapus dari indeks karena alasan tertentu.

3. LANGKAH PERBAIKAN:

Gunakan Alat Inspeksi URL untuk menguji masalah di halaman Anda. Jika halaman tidak tercantum dalam Laporan Cakupan Indeks, tetapi dicantumkan sebagai diindeks dalam Laporan Inspeksi URL, halaman tersebut mungkin baru saja diindeks, dan akan segera muncul dalam Laporan Cakupan Indeks.

Jika halaman dicantumkan sebagai tidak diindeks pada alat Inspeksi URL (yang Anda harapkan), uji halaman aktifnya. Hasil pengujian halaman aktif akan menunjukkan masalahnya: gunakan informasi dari pengujian dan dokumentasi pengujian untuk mempelajari cara memperbaiki masalah tersebut. Klik pengujian dan Google akan memberitahu kesalahan yang harus diperbaiki.

4. ANALOGI ANTRIAN

Semua orang ingin halamannya di cepat cepat di index, akan tetapi perlu di ingat ada banyak alasan mengapa satu halaman mudah di index sedangkan yang lain tidak, tentu saja segala hal berjalan menuruti prioritasnya dan kadang hal tersebut tidak sepenuhnya kita sadari. Tuhan saja memiliki prioritas, apalagi Google.

analogi antrian di ATM

Namun dapat di simpulkan jika ingin halaman cepat terindeks ya lakukan hal hal berikut, diantaranya:

Tingkatkan performa halaman secara keseluruhan seperti kecepatan, keaslian konten, kanonis halaman, sumber kode yang simple dan mudah dimengerti oleh mesin pencari.
Tingkatkan branding halaman seperti situs besar
Lakukan kampanye teratur halaman layaknya situs besar
Intinya, jadilah pesaing yang kuat dan selalu menarik perhatian manusia dan sekaligus mesin pencarian mungkin sebagai misal: melalui pengatahuan SEO dan keyword (hanya misal ya).

Dan jika ternyata halaman dinyatakan:

ditemukan - saat ini tidak di indeks

Berarti sebenarnya tidak ada masalah dengan halaman kalian. Setiap halaman memang harus menunggu antrian pengindeksan, walaupun ada beberapa jenis halaman tentunya akan di prioritaskan. Namun alasan yang paling umum adalah benar benar semata mata karena harus menunggu seperti kalian yang sering antrean menunggu giliran di depan mesin kartu ATM.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
I want go anyway, but so manything still leave behind.

2 komentar

  1. Alhamdulillah, saya nenek-nenek yang baru belajar ngeblog. Entah artikelnya terindek atau tidak, urusan belakangan. Sebab, saya belum punya banyak ilmu tentang SEO, kata kunci. yang penting nulis, nulis, sembari belajar dan terusbelajar. Selamat malaminggu, Mbak. Adelina. Terima kasih telah berbagi.
    1. Sama sama, bu...
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain