Sama sama calon superpower, pilih laptop chrome atau tablet android?

pilih mana tablet android atau chromebook?
Tidak seperti zaman dulu, ketika orang orang masih bergantung pada PC windows dan Apple Mac, di zaman now telah muncul beberapa pilihan mudah untuk menggantikan tugas dan fungsi laptop, baik untuk bekerja, hiburan, studi hingga desain. Mari kita bandingkan dua piranti alternatif laptop di zaman now.

1. Chromebook dengan chromeOS

ChromeOS terus dikembangkan melalui kernel berbasis linux dan menjadi pilihan yang akhir akhir ini telah dipergunakan secara luas di banyak negara maju sebagai laptop yang cepat dan ringan. Chrome memiliki keunggulan lebih cepat startup, lebih hemat daya, lebih hemat sumber daya. Bisa disimpulkan laptop chromebook untuk beberapa sisi pemasaran adalah ancaman bisnis yang serius bagi laptop berbasis windows dan juga macbook.

chromebook vs tablet android
chromebook vs tablet android

Karena tidak seperti laptop windows dan Macbook, sebuah laptop chrome hanya membutuhkan spesifikasi piranti keras rendah atau standard untuk menjalankan sistem operasi yang bernama ChromeOS tersebut. 

Awalnya chrome di bangun untuk menjalankan sistem operasi berbasis web, berbasis cloud, ia dapat menjalankan gmail, google docs, microsoft office 365, yakni segala hal berbasis produktivitas yang disimpan di cloud. 

Namun pada perkembangannya dimana teknologi web juga ikut berkembang, sebuah laptop atau tablet chrome dapat melakukan sebagian besar atau bahkan hampir semua pekerjaan laptop windows dan Macbook.

Misalnya sekarang terdapat banyak aplikasi editing gambar dan video online, menulis koding online dengan basis keamanan yang kuat. Rasanya sistem operasi seperti ChromeOS memang akan menjadi sistem operasi masa depan alih alih sistem operasi windows dan MacOS yang berbasis perangkat, sistem operasi chrome memang memenuhi standar. para pelajar, mahasiswa dan orang orang pelaku bisnis menengah kebawah dapat memiliki laptop ini dan sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan mereka.

Pada perkembangan terakhir semakin banyak aplikasi android yang akhirnya kompatibel dengan sistem operasi chrome, bahkan beberapa laptop dengan sistem operasi ini menyertakan Play Store Android secara default ke dalam perangkat chromebook mereka.

Jadi kita dapat menyimpulkan:
  • Laptop chromebook lebih ringan
  • lebih hemat daya
  • Lebih aman
  • Lebih cepat
Menjalankan aplikasi: Harus online dengan dihubungkan oleh internet. Dengan catatan saya kita hanya bisa melakukan pekerjaan ketika sedang online. Tentu saja kita dapat melakukan suatu pekerjaan secara offline setelah mendownloadnya terlebih dahulu.

Apakah laptop Chromebool bisa menggantikan PC konvensional seperti yang telah dipergunakan oleh bapak bapak dan ibu ibu kita pada saat mereka kuliah dan kemudian bekerja? Jawabannya bisa banget.

Seperti kita singgung pada perkebangan dan update terakhir ia terbukti mampu dengan efektif di gunakan buat mengerjakan pekerjaan dan tugas tugas perkantoran. Contoh:
  • Email
  • Aplikasi office
  • Koding (dikerjakan online)
  • Hiburan (Online)
Hal itu terjadi karena perubahan zaman yang di pengaruhi oleh kemajuan teknologi. Misalnya dulu orang bergantung pada disket, ruang simpan CPU buat menyimpan pekerjaan secara offline untuk kemudian di olah kembali. Namun pada akhirnya orang mulai terganggu dengan bentuk CPU yang memakan ruang, proses waktu dan sumber daya. Munculah era penyimpanan online yang mampu menggantikan hal di atas. 

Sebuah laptop Chrome tidak memerlukan CPU besar, ruang simpan besar, dan tidak memerlukan sumber daya besar. Segala hal dikerjakan secara online dan kemudian disimpan secara online dengan jaminan keamanan yang kuat. Tentu saja kedua cara memliki risiko, kita bisa kehilangan data jika menggunakan perangkat bekerja offline misalnya perangkat terbakar, rusak atau di curi. Beda jika disimpan secara online data memiliki backup kuat, selain enskripsi maka jika terhapus akan dapat di pulihkan melalui beberapa cara mengembalikannya melalui sumber daya mesin backup Google.

Lalu apa bedanya dengan sebuah tablet Android? Mari kita simak saja.

2. Tablet Android dengan sistem operasi Android

Sama sama di bangun berbasis linux dan sama sama di kembangkan oleh Google, sistem operasi Android sejak awal memang diperuntukan untuk perangkat mobile dan berbeda dengan chrome, ia masih berbasis perangkat keras. Aplikasi aplikasi di tanam ke dalam perangkat untuk di operasikan. 

Tidak seperti chrome yang serba cloud dan berbasis web, Tablet Android mirip dengan hape Android ia menjalankan aplikasi baik secara online maupun offline. ChromeOS tidak mengharuskan kalian mendownload aplikasi office, cukup menjalankannya melalui web. Sedangkan tablet android dapat menjalankan aplikasi baik utility, produktivitas hingga game secara offline.

Akan tetapi sekali lagi sama halnya dengan chromeOS, sistem operasi android juga terus dikembangkan, dan memiliki kemampuan yang sama dengan ChromeOS yakni mejalankan aplikasi secara online. Ukuran tablet Android yang semakin besar dan mesin yang semakin tinggi spesifikasinya membuat vendor vendor tablet melakukan beberapa sentuhan kustomisasi yang membuat tablet jenis ini dapat menggantikan laptop.

Android akhirnya menjadi solusi yang sangat bagus peranannya ketika berada diantara dua perangkat Mobile dan Web! Contohnya Samsung mengeluarkan produk tablet dengan piranti lunak DEX yang membuatnya mudah terhubung ke keyboard seperti Chromebook. Sistem operasi Android juga tidak membutuhkan spek sebuah laptop windows untuk dapat menjalankan aplikasi aplikasinya. Sama halnya dengan ChromeOS, sistem operasi Android juga sangat cepat ketika melakukan startup, hal yang tidak dimiliki oleh sebuah laptop windows paling tidak hingga sampai saat ini.

Tablet android dengan spesifikasi tinggi, layar besar dan memiliki keyboard telah terbukti dapat dipergunakan untuk belajar daring, melakukan pekerjaan produktivitas, editing gambar dan video, hingga multimedia. 

Menjalankan aplikasi: Bisa secara online, namun bisa banget secara offline melalui aplikasi yang telah terpasang di perangkat Tablet android milik kita.

Tablet android juga memiliki rentang harga bervariasi adalah aman jika kita menyimpulkan tablet dengan rentang harga 2-4 jutaan sudah dapat dilengkapi dengan keyboard bluetooth dan dapat di manfaatkan buat menggantikan laptop buat pekerjaan pekerjaan ringan ala Chromebook.

Sebuah tablet Android kini cenderung memiliki ukuran layar besar yakni 10 inchi ke atas jadi sudah mendekati laptop. Namun bisakah ia melakukan pekerjaan dan menyelesaikan tugas tugas perkantoran? Bisa banget! 

Apalagi jika di lengkapi dengan keyboard dan mouse, tablet Android zaman now adalah alternatif yang baik buat menggantikan laptop terutama jika kita mempertimbangkan mobilitas. Di beberapa channel Youtube terdapat beberapa youtuber telah membuktikan selama berbulan bulan bagaimana mereka menggunakan tablet Android buat bekerja, ngoding, desain ringan tanpa kendala dan dapat menyimpan laptop tua mereka selamanya.

Untuk bekerja secara online tablet Android dapat memanfaatkan browser Chrome misalnya menggunakan aplikasi aplikasi perkantoran googledocs, office 365, email dll. Bahkan jika ingin membuat presentasi berupa gambar dan video sangat mudah dilakukan secara online melalui halaman canva.com.

Kelebihah tablet Android jika dibanding laptop chrome adalah mobilitasnya yang tinggi dan selain itu ia memiliki aplikasi aplikasi produktivitas yang dapat di unduh buat melakukan pekerjaan secara offline layaknya PC windows.

Kesimpulan

Kedua perangkat baik ChromeOS maupun Android pada akhirnya tampak identik namun seperti kakak beradik tetap saja ada perbedaannya. Chrome murni laptop berbasis sistem web, sedangkan Android adalah sistem operasi mobile namun pada perkembangannya dapat menjalankan berbagai aplikasi web melalui browser chrome.

Chrome mungkin bisa lebih cepat dan ringan, karena tidak harus mendownload banyak aplikasi ke dalamnya. Sedangkan tablet android sangat umum dipergunakan untuk kebutuhan hiburan dan multimedia. Keduanya sebenarnya memiliki banyak kecocokan atau kompatibilitas, keduanya dapat dipergunakan buat belajar bagi anak sekolahan. Namun chrome tampak lebih spesialis sebagai alternatif pengganti laptop windows dan macbook.

Tentu saja sebuah tablet android dapat di maksimalkan buat bekerja, dan bukan hal aneh jika kamera sebuah tablet jauh lebih baik daripada kamera sebuah laptop - paling tidak hingga saat ini. Dimana hal tersebut menjadi semakin penting buat presentasi pada saat bekerja di rumah namun terhubung sebagai tim. Dan juga buat belajar daring, saya harap laptop Chrome tidak mengabaikan hal ini.

#chromebook
#androidtablet

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain