Youtuber pemula sebaiknya tahu nilai Konten video panjang.

AvatarOleh:
Youtuber pemula sebaiknya tahu, walaupun video shorts adalah fitur andalan terbaru Youtube. Sama halnya seperti web strory yang terdiri dari kombinasi konten tulisan, gambar dan video pendek pendek, walaupun kini tahu tiba tiba video shorts (versi Youtbe) menjadi worthed sekali.

proses membuat short videos
Ini tidak terlepas dari kesuksesan aplikasi platform video pendek atau video instan seperti tiktok dan snack video, lalu ada IG stories dan IG reel, semuanya tampak menjanjikan sekali. Namun jangan sekali sekali hal tersebut membuat kita lupa membuat video panjang dan keasikan membuat video pendek.

1. Ada apa dengan konten video instan, pendek  dan mobile?

Ada dengan semua ini? Para ahli berpendapat ada pergeseran prilaku pengguna internet dan penikmat konten berupa tulisan, gambar dan video. Terutama ketika zaman berubah menjadi semakin mobile, banyak hal dapat di persingkat namun tetap memuat pesan dan detail konten yang padat dan kuat.

Perilaku itu juga di pengaruhi oleh banyaknya pengguna mobile yang menikmati konten konten yang harus di sesuaikan dengan ukuran perangkat genggam. Ada benarnya, sebanyak 4 milyar manusia telah menggunakan perangkat mobile dan perangkat mobile itu beda dengan layar telivisi, layar dekstop dan layar laptop. Orang mungkin bisa menikmati konten konten panjang pada saat mereka berada di rumah di ruang keluarga atau di kamar kerjanya pada saat menyendiri.

Akan tetapi orang orang yang semakin mobile kini memilih gadget genggam dan tetap ingin menikmati konten konten baik tulisan, gambar dan video di perjalanan, di kafe atau pada saat jam break (istirihat) kerja. Hal inilah yang mengakibatkan konten video short, snack video, tiktok, IG story menjadi semakin di gemari.

Bagi youtuber ini adalah peluang membuat konten konten video shorts yang berkualitas, unik, lucu dan menyenangakan pengguna gadget genggam, dan ini bisa menjadi target dan juga sekaligus peluang bisnis. 

Apalagi proses pembuatannya sangatlah mudah, bayangkan hanya dengan langkah langkah berikut:
  1. Masuk ke aplikasi youtube melalui smartphone Anda
  2. Di bagian bawah aplikasi menu paling tengah terdapat tombol plus (+) silahkan di tekan
  3. Setelah tombol (+) di tekan akan munucl tiga buah menu (upload video, buat video shorts, live streaming
  4. Pilih video shorts
Namun biar demikian konten video panjang tetap sangat penting, hanya saja konten video shorts atau video pendek sudah menjadi sangat berharga untuk di abaikan begitu saja.

Baca juga: 
Manfaat video shorts untuk menaikan viewer halaman channel youtube

Video shorts karena masih baru membutuhkan pengembangan, dan pegiat awal yang melakoninya akan mendapatkan keuntungan dari algortima pencarian Google. Hal ini di sebabkan karena masih baru ia membutuhkan banyak konten, persaingan masih tidak terlalu ketat. Ia pada suatu waktu akan sampai juga ke titik jenuh.

Jadi, selagi ia masih baru kita dapat memanfaatkan start atau momennya untuk membuat konten sejak dini. Suatu hari ketika para peminat berdatangan membuat konten, bukan hanya jumlah konten menjadi banyak dan menjadi beban bagi SEO, akan tetapi akan ada kompetesi dan sensor yang ketat berdasarkan kualitas video untuk dapat mencapai halaman top.

hal itu sangat biasa. Kita juga ingat awal platform blog berdiri dan para blogger masih sedikit, tentu segala konten yang kita tulis sangat cepat mencapai page one, namun hari ini ketika puluhan juta orang dengan semilyar konten tulisan telah di buat, segalanya jadi berbeda, Google harus bekerja keras memilih konten untuk menyaring konten konten yang layak, yang legal, dan yang berkualitas untuk menduduki posisi top ranking di mesin penelusur.

Demikian juga dengan konten konten short videos, lihat saja hari demi hari pendatang baru sudah mulai berdatangan, sebentar lagi untuk mencapai titik 'jenih'.

Itulah sebabnya mengapa ketika kami mencoba beberapa konten video shorts kami heran beberapa konten yang di buat 'nothing to loose' itu kini kok telah memliki ribuan viewer hanya dalam sehari, sedangkan konten panjang susahnya minta ampun untuk mendapatkan 50 viewer saja kadang hampir sebulan. Walau ada beberapa diantaranya tampak bagus.

Jadi kesimpulannya konten video pendek itu pas untuk pemula.

2. Ada apa pula dengan Konten video panjang

Bagaimanapun konten video panjang jauh lebih detail, ia memliki tempat tersendiri. Terutama bagi channel yang telah mapan konte panjang dan serius sangatlah penting, terutama misalnya buat channel channel yang memiliki niche khusus sehingga perlu membuat konten khusus pula.

Dan walaupun demikian channel baru juga harus menujukan kemampuan untuk menunjukan bahwa sang 'content creator' mampu memenuhi kebutuhan halaman videonya. Misalnya jika niche channel youtube adalah tutorial video makan secara konsisten memang harus memiliki konten konten video panjang, terutama jika konten tersebut adalah tutorial.

Terbukti meskipun misalnya channel editblogtema adalah channel yang masih hijau dan anak bawang beberapa konten video panjang dan salah satunya sampai mendapatkan kunjungan 28 ribu views dari pengunjung hanya dalam waktu sebulan. Kami tidak bisa menjelaskan apa sebabnya.

Dan walaupun langka sekali video berdurasi panjang kami di tonton oleh banyak orang, jika di banding dengan video video berdurasi pendek , namun tidak berarti tidak ada satu atau dua video panjang kami 'lolos' dari keterpurukan oleh serbuan video pendek dan malah mendapat kan 28 ribu viewers, meskipun di buat seadanya. video berikut adalah contohnya:


3. Video harus unik, berbobot dan original dan di buat oleh pengelola akun.

Bagi kami ini adalah syarat utama, jika Kalian ingin membuat channel yang berkembang, ama dari pelanggaran dan orisionil, maka menyediakan konten konten asli dengan cara membuatnya sendiri adalah sebuah keniscayaan. 

Penting sekali menjadi content creator ketika kita telah memiliki sebuah akun channel video. Dan tampaknya dalam beberapa hal jika di banding dengan membuat konten tulisan maka membuat konten video terkadang di butuhkan asisten baik berupa perangkat tambahan atau tim manuisa. Misalnya ketika kita membuat konten di luar rumah kadang bersama tim dalam pengambilan gambar akan terasa menjadi mudah.

Tim juga bisa terdiri individu yang memiliki keahlian tertentu. Misal dalam melakukan pengambilan gambar, senario hingga editing video. Tentu saja ada beberapa jenis konten video yang dapat dilakukan sendiri, akan tetapi tim adalah kekuatan latin agar kita dapat berkompetisi dengan baik. 

Sebuah tim juga akan menghindarkan channel kita dari mengambil jalan pintas misalnya menjiplak dan membajak konten video orang lain. Membangun tim bukan berarti kita harus memikirkan bagaimana membayar terlebih dahulu, kita bisa melibatkan kerabat.

Kesimpulan:

Video pendek youtube atau di sebut juga video shorts untuk sementara memang sedang di jadikan andalan, ia masih baru dan setiap hal baru akan selalu menarik perhatian orang untuk mencobanya. Di sisi Youtube ia mudah, dan memberikan kemudahan bagi pembuat konten video pendek untuk 'memviralkan' kontennya melaui algoritma video shorts Google yang masih segar.

Akan tetapi itu hanya sementara, entah kapan ia pasti akan sampai ke titik jenuh. Jadi sebaiknya tetaplah berusaha membuat konten video panjang, untuk misi, untuk detail, untuk niche halaman saluran youtube kita.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Youtuber pemula sebaiknya tahu nilai Konten video panjang."

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel