Enam hal rutin yang di sangka sepele tapi membuat halaman blog jatuh ke titik nadir

Tidak mungkin halaman blog kita tiba tiba down trafiknya dan pada saat di submit ke Google webmaster di nyatakan sebagai tidak lulus validasi, bukan? Dan lebih buruknya lagi pada saat melihat statistik garisnya turun sampai ke titik nadir. Trafik kunjungan yang tadinya ribuan bahkan tinggal ratusan atau bahkan NOL. Aduhai anomali apaan ini?

Mau dibiarkan terus? Jelas akan sangat merugikan apalagi jika halaman kalian telah di monetisi sebagai publisher adsense.

Jangan lakukan lima hal berikut

Seringnya apabila hal seperti itu terjadi kita mencari cari penyebab yang lebih besar, misalnya di mulai dengan pertanyaan, apa salah dan dosaku?

Ya pasti ada 'dosa dosa' yang tanpa kita sadari apalagi jika terlalu ambisi ingin menaikan trafik, bukan? Itulah sebabnya mengapa dalam segala hal di dalam hidup ini kita harus selalu rendah hati dan tidak usah segan segan minta maaf dan mengakui kesalahan.

1. Ingin agar Judul postingan Keren

karena ingin judul postingan jadi keren lalu kita menambahkan beberapa karakter pada judul diluar teks normal, contohnya:

Runtuhnya 'halaman' sang penguasa

kalimat pada 'halaman' tidak seharusnya di kurung ke dalam karakter koma atau tanda kutip atau karakter apapun selain teks biasa. Maksud kami seharusnya judul itu di tulis biasa saja seperti berikut:

Runtuhnya halaman sang penguasa

Atau hindari membuat judul sebagai berikut:

Pak Ogah: Saya tidak mau dikasihani

Seharusnya

Pak Ogah tidak mau di kasihani.

Apa yang terjadi adalah robot txt tidak dapat membaca karakter selain teks normal khusus pada heading tertentu. Robot txt menolak 'mengangkut' postingan ke halaman pencarian ketika mereka menemukan hal yang melanggar ketentuan dari tugas yang di embankan kepada mereka oleh Mesin. Dan ketika kalian men-submit postingan ke Google webmaster terjadi kesalahan error atau postingan dinyatakan sebagai tidak dapat di validasi.

Akan tetapi karakter apapun yang kita muat pada heading selanjutnya pasti akan dibaca oleh sang robot txt. 

Hanya perlu menghindarinya pada judul postingan saja. 

Ini penulis dapatkan ketika menganalisa 'kesalahan' halaman kami sendiri di Google Webmaster.

2. Judul kepanjangan

Sebaiknya buatlah judul postingan sesingkat mungkin, karena yang panjang itu adalah isi konten tulisannya. Umumnya standar panjang judul satu postingan tidak boleh melebihi 100 karakter huruf. Bahkan pada aturan pengiklanan di Youtube, judul yang kepanjangan akan di tolak.

Ini juga penulis dapatkan dari halaman Google Ads, standar ini mencakup hampir seluruh aturan penulisan Judul tadi. Kecuali jika ada pengecualian yang sangat istemewa.

3. Hindari judul dengan huruf kapital atau huruf besar

Judul juga tidak bisa maksimal ketika ia di tulis dengan huruf kapital atau huruf besar, lagi lagi hal ini kami ketahui dari sistem pengiklanan Google. Di sana pada halaman Google Ads akan segera menolak pengajuan iklan bagi postingan yang di tulis dengan judul huruf kapital semua.

Ketika kami merubahnya menjadi huruf kecil, postingan segera di terima ke landing pengiklanan. Hal ini tentu saja terkait dengan keseluruhan aturan baku sistem Google yang telah ada. Eits, saya hanya menduga tapi memang begitulah yang akan terjadi jika kalian mencobanya.

4. Hindari embed video pihak ketiga ke halaman postingan blog

Ini bisa menjadi dua mata pisau: Yang satu sangat berbahaya, dan yang lainnya sangat berguna.

Embed adalah kode penyematan video agar ukuran dan dimensi video menjadi fit atau fix di halaman postingan blog. Maka dengan demikian halaman postingan akan tampak cantik dan apik. 

Akan tetapi lagi lagi hal ini kami ketahui dari halaman webmaster, kode embed dari pihak ketiga di rakit agar menyertakan beberapa link menuju kehalaman mereka atau halaman yang terkait dengan 'bisnis' mereka. Karuan disamping membuat loading berat karena eksternal link, kadang link yang terdapat di kode embed pihak ketiga berisi link link halaman spam, tahu akibatnya?

Pertama, webmaster menolak meng 'crawl' dan menyuruh memperbaiki halaman postingan kita karena telah gagal di validasi. Validasi itu penting jika sebuah halaman ingin di tempatkan di atas halaman pencarian dan di temukan pembaca. Tidak valid berarti halaman kita di nyatakan 'berbahaya' alias gagal.

Kedua, pada tool matriks web DA (domain authority) kita melorot tajam karena di anggap membawa link spam.

Jika kalian faham mengedit kode kode HTML, tentu kalian dengan mudah menemukan kejanggalan pada kode kode embed penyematan video dari pihak ketiga seperti milik halamannya "Youtube embed Code Generator". Agar kode embed tersebut tidak berbahaya sebaiknya buang link link spamnya terlebih dahulu sebelum di embed ke halaman postingan blog kita.

Contoh kode embed dari youtube generator berikut:

contoh kode embed video YT pihak ketiga

Akan tetapi baiklah akan saya jelaskan sedikit, kode embed di atas adalah iframe yang sangat baik dalam memanage tataletak dan dimensi ukuran postingan video, iframe yang sama dengan yang di gunakan oleh pihak Youtube. 


Akan tetapi kode merah berisi link ke situs perjudian yang otomatis akan di kenali sebagai halaman SPAM.

Dan kode kode tersebut bisa saja berganti ganti secara otomatis sesuai dengan kebutuhan pemilik halaman embed generator.

5. Mengkopi artikel sendiri dan memposting ulang ke halaman lain

pada prinsipnya ini tidak berbahaya secara teknis, akan tetapi Google akan memilih salah satu postingan saja yang akan di crawl. Yang lainnya pasti akan di abaikan. Dengan kata lain, ini bisa menguntungkan salah satu halaman blog kita jika kita memiliki beberapa blog, akan tetapi membuat halaman blog lain di abaikan.

Akan tetapi secara teoritis ini menjadi berbahaya bagi keseluruhan halaman jika yang melakukan peng'kopian' tersebut adalah pihak lain. Jika halaman mereka lebih baik performanya, maka bisa jadi halaman kita sebagai sumber aslinya akan di abaikan oleh mesin pencarian. Tentu saja kita dapat melakukan tindakan pengklaiman misalnya melalui prosedur DMCA. Jika terbukti artikel atau konten yang dipersengketakan adalah milik kita maka kita akan menang.

6. Melengkapi halaman postingan dengan gambar ukuran besar.

Ukuran gambar pada blog idealnya adalah di bawah ukuran 50kbbs, misalnya ukuran 1 megapixel membutuhkan halaman khusus. Format gambar terbaik adalah JPG dan WebP. Kalian bisa mengetahui hal ini lebih jauh dari internet.

Gambar besar jelas sangat merugikan kecepatan sedangkan kecepatan adalah sinyal bagi mesin pencari. Jika di data web inti akan terbaca: Masalah LCP: lebih dari 4dtk (seluler) maka dapat di pastikan halaman kita akan di abaikan oleh mesin pencari, lebih buruknya bukan hanya satu postingan akan tetapi berpengaruh langsung terhadap halaman blog secara keseluruhan!

Oleh karena kecepatan halaman pada mobile adalah sinyal mesin pencari maka tidak heran gambar gambar berat juga akan menurunkan trafik pengunjung ke halaman blog.

dan oleh karena pada zaman now halaman mobile atau halaman yang di akses melalui hape itu lebih penting daripada halaman desktop yang di akses melalui sebuah laptop, makan kecepatan mobile akan menjadi salah satu penentu apakah halaman blog kita layak mendapatkan lebih banyak kunjungan ataukah tidak.

kesimpulan: Memang yang paling aman itu adalah blogginglah dengan sederhana saja.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak