Tablet tablet bersistem operasi mana yang terbaik buat menggantikan Laptop?


Termasuk untuk menggantikan fungsi sebuah laptop, sehingga beberapa pekerjaan dapat di akomodir melalui tablet tersebut. Zaman memang telah berubah perlahan tapi pasti hal hal baru menggantikan hal lama, dan teknologi juga terus berkembang menjadi semakin maju, dan perlahan lahan tablet mulai mengambil alih begitu banyak pekerjaan laptop.

Nah untuk itu sebuah tablet harus memiliki syarat syarat tertentu:
  1. Memiliki keyboard
  2. Memiliki ukuran layar lega
  3. Spek yang memadai
  4. Sistem operasi yang mendukung

1. Memiliki Keyboard

Beli tablet zaman now tentu saja harus mendukung koneksi ke keyboard. Sebab tablet umumnya layarnya itu tanggung, tidak bisa di genggam seperti hape jadi sulit juga buat melakukan pengetikan apalagi saat di pegang sebelah tangan. 

Nah itu sebabnya kita harus pilih tablet yang layarnya gede saja sekalian berkisar antara 9,7 inchi ke 12,4 inchi. Karena di pasaran masa kini pada umumnya memang tersedianya ukuran ukuran seperti itu.

Ada beberapa model tablet terutama yang mid level ke atas telah memiliki jenis keyboard yang dapat di hubungan ke perangkat tablet melalui konektor magnetik dan Bluetooth sekaligus, misalnya tablet Samsung tab s7, Huawei matepad 11 dan iPad pro. Keyboard keyboard atau papan ketik mereka telah di desain dan di buat sangat baik sehingga memang akan memberikan pengalaman mengetik seperti layaknya mengetik pada perangkat laptop. Bahkan keyboard Samsung tab S7 dan iPad pro keyboard nya telah di lengkapi dengan trackpad yang cukup intuitif pada saat dipergunakan.

Keyboard akan memberikan kita akses pekerjaan yang jah lebih mudah terutama pada saat melakukan tugas sekolah dan tugas tugas perkantoran. Misalnya mengetik pada aplikasi aplikasi office seperti dokumen, spreadsheet dan presentasi. Dan sudah barang tentu mengetik akan menjadi bertambah cepat pada saat menulis email dan mengetik kalimat kalimat chatting di aplikasi aplikasi chat.

Makanya, dengan melengkapi sebuah tablet dengan keyboard akan membuat perangkat tersebut bukan hanya sekedar perangkat untuk entertain, namun juga sekaligus buat berporduktifitas untuk menggantikan pekerjaan laptop.

2. Memiliki ukuran layar lega

Memiliki ukuran layar besar itu juga penting. Nah terasa gak bahwa tablet itu makin kesininya semakin besar saja ukurannya bukan?  Kebanyakan tablet yang mid ring sampai flagship tentu saja di mulai dari ukuran 11 inchi. Tampak sekali segmen tablet itu sepertinya mulai merambah dan mengambil alih segmen dari pekerjaan pekerjaan dan tugas tugas laptop. 

Sekarang fkirkan kembali, tablet dengan layar lega yang dilengkapi dengan keyboard, apa itu bukan sebuah laptop?

3. Spek yang memadai

Spek tablet kelas mid ring hingga flagship tidak dapat di ragukan lagi merupakan paduan perangkat keras dan perangkat lunak yang nyaris sempurna buat menggantikan sebuah laptop PC. Untuk beralih dari laptop ke tablet sepertinya orang hanya perlu membiasakan diri beralih dari sistem operasi perangkat lunak PC ke perangkat lunak sebuah tablet. Namun jika itu alasannya tentulah beralih dari laptop PC  ke tablet itu masih bisa di katakan sepadan.
 
Bukankah kita juga terkadang beralih dari Laptop windows ke Macbook, dan itu jelas beda banget sistem operasinya dan bukankah sekarang ada lagi PC laptop baru yang bernama chromebook dengan sistem operasi Chrome berbasis online?

Jadi pindah dari laptop PC ke tablet dengan spesifikasi mendekati laptop mengapa tidak? Toh ia sama sama memiliki kemampuan dalam mengakomodasi setiap pekerjaan dan di dalam kegiatan berproduktifitas.  

4. Sistem Operasi yang mendukung

Tablet Android menggunakan sistem operasi Android dan tentu saja hape juga sama. Akan tetapi dalam beberapa hal tablet memiliki user interface sendiri. Samsung melengkapi tablet dengan antar muka DEX demikian juga dengan beberapa pabrikan lain yang memproduksi lini tablet. Samsung DEX misalnya membuat tablet Samsung benar benar menjadi seperti laptop pada saat ia di pasangkan dengan keyboard pelengkapnya.

Lalu yang tidak kalah bikin panasaran, apakah sistem operasinya telah mendukung? Mendukung sebuah tablet agar dapat melakukan tugas tugas dan pekerjaan berproduktivitas? Tentu saja! Android? Apakah itu betul betul sebuah sistem operasi sapu jagat?

Ok jika kita melirik ke iPad besutan Apple ia tidak lagi menggunakan sistem operasi mobile iOS bukan? Karena Apple tahu persis sistem operasi iOS hanya cocok buat smartphone bukan perangkat mobile dengan layar sebelas inchi lebih seperti iPad Pro dan pada akhirnya iPa berhenti menggunakan sistem operasi iOS lalu menggantikan dengan sistem operasi iPadOS yang lebih kompatibel dengan iPa yang layarnya besar.

Kini iPad dapat menggantikan macbook dalam banyak hal dan ia mampu menjalankan sebagian aplikasi perangkat iOS sekaligus mampu menjalankan sebagian aplikasi perangkat lini macOS. Lalu Android? Sebagai sebuah sistem operasi Android cukup fleksibel dalam menyesuaikan diri untuk menjadi perangkat lunaknya mobile dan perangkat lunaknya desktop sekaligus.

Namun yang paling bikin panasaran adalah tablet tablet Huawei yang menggunakan sistem operasi baru bernama HarmonyOS bagaimana pula dengan  sistem operasi ini, apakah ia worthed buat menggantikan sistem operasi windows?. 

Ternyata mengunakan harmonyOS itu mirip mirip menggunakan Android dan iPadOS sekaligus. dikatakan mirip Android ia dapat nyaris dapat mendownload hampir semua aplikasi yang kita butuhkan pada tablet tablet Android, dikatakan ia mirip iPadOS antarmuka mamejeman OSnya itu lho terasa banget agak mirip iPadOS.

Kesimpulan

Tablet apapun yang kita pilih mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, akan tetapi tablet Android dalam beberapa hal terutama environment memenangkan banyak poin. contohnya:

Sokongan Google, dari email, aplikasi yang tersedia di Play Store dan tentu saja jika di gunakan untuk bekerja online ia akan mampu menggantikan laptop chromebook berbasis browser chrome dengan sempurna.

Kemudian iPad adalah sebuah tablet yang juga memiliki environment kuat di sokong oleh App Storenya Apple yang memiliki berton ton aplikasi. Dan dapat juta mengakses apliksi aplikasi yang berjalan di macOS sekaligus menjalankan sebagian besar aplikasi iOS-nya iPhone.

Lalu di susul oleh Huawei HarmonyOS yang notabene baru yang meskipun belum memiliki environment ssekuat Google dan Apple dan belum memiliki aplikasi sebanyak PlayStore dan Application Store Apple, ia berpotensi sangat bagus untuk menyamai chromebook jika belum dapat sepenuhnya menggantikan laptop windows seperti iPad dan Tablet premium Samsung.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak