Peringatan jangan beli kabel USB type C ke Type C dulu kalau niat buat mentransfer data

type C USB cable and connector

Uni Eropa telah mendesak seluruh produsen kabel charger USB di seluruh dunia agar mengikuti standar type C, dan hape hape android perlahan lahan mulai beralih dari type Micro A ke type c. Sebelum kita melanjutkan pembahasannya mari kita mengenal tipe tipe kabel USB dari type A hingga type C melalui gambar berikut di bawah ini, dan USB standar mana yang sekarang sedang dijadikan standar oleh uni Eropa.

tipe tipe kabel USB yang pernah di pergunakan di dunia

Jika kita perhatikan dengan seksama maka sebelum kabel type C di berlakukan biasanya hape hape Android menggunakan kabel USB mirco A. Nah pada tahun 2019 perlahan lahan hampir semua produsen gagdget telah merubah colokan dan kabel pernagkat smartphone buatan mereka menjadi kabel USB type C. Sayangnya sampai sekarang kebanyakan masih belum mengadopsi kedua ujungnya, misalnya inputnya kabel USB type C sedangkan ujung lain yang menjadi outputnya adalah type A. 

Sedangkan yang dimaksud oleh Uni Eropa adalah kabel charger tablet dan hape haruslah standar type C. Beberapa berapa vendor vendor besar telah menerapkannya ke perangkat atau gagdet elektronik buatan mereka. 

Hanya saja Apple tidak mengindahkan seruan itu. Mungkin alasannya adalah: Ada semilyar perangkat Mobile iPhone dan iPad apple di dunia yang masih harus menggunakan konektor lightening - yakni standar kabel USB Apple di dunia ini. Menggantinya akan membuat pengguna merasa kebingungan. 

Akan tetapi banyak kalangan yang menduga, Apple sengaja tidak mengikut standar penggunaan standar kabel type C dan bertahan di kabel konetktor lightening karena itu adalah produk ekslussif mereka dan sudah terlanjur mendatangkan pemasukan uang. Artinya jika membeli perangkat genggam buatan Apple mau tidak mau orang harus membeli kabel USB lightening. 

Jika nanti di ganti maka dengan mudah orang beralih ke alternatif USB type C, tidak perlu membeli lightening, dan Apple kehilangan pemasukan dari membuat kabel dan charging lightening. Ini masuk akal.

Perangkat Android masih setengah jalan penggantian

Perangkat perangkat hape dan tablet Android memang sudah mengadopsi kable USB type C namun tidak sepenuhnya, karena colokan ke hape memang telah di buat type C sedangkan yang di colokan ke charger masihlah colokan USB type A, lihat gambar:

kabel USB type A to type C

Ini menjadi problem ketika beberapa orang pengguna menginginkan kabel yang fungsinya bukan hanya charging akan tetapi juga menghantar data mau tidak mau harus membeli OTG USB type A ke type C. Perdagangan asesories ini menjadi celah bagi produsen cina untuk membuat USB OTG dan menjualnya secara massal di seluruh dunia. Konsumen di rugikan.

Lini Macbook telah menggunakan type C sepenuhnya

Namun untuk lini macbook Apple menerapkan colokan kabel USB type C ke Type C, jadi baik colokan input maupun colokan outputnya telah sama sama menggunakan kabel type C. Akan tetapi ktia tidak tahu apakah kabel ini hanya sekedar memiliki kemampuan charging perangkat ataukah dapat di gunakan buat mentransfer data.


Bagaimanapun kabel USB type C juga telah di terapkan 'separuhnya' ke perangkat lain misalnya Microfon condenser. Namun beberapa kabel yang telah kami uji ternyata tidak bisa mentransfer data karena ketika di colokan ia hanya terbaca sebaga 'power charging' demikian juga ia tidak bisa begitu saja menggantikan kabel kabel bawaan perangkat lain sperti microfon condenser USB yang telah mengadopsi USB type C pada bagian inputnya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak