Hape 5G membuat hape 4G tidak worthed lagi

Teknologi jaringan 5G terbukti memiliki kecepatan yang jauh lebih baik daripada 4G. Apakah hape kalian sudah 5G?
Setiap hal baru datang akan selalu menggantikan hal lama, dan itu berlaku banget buat gadget teknologi. Misalnya setelah dua tahun berlalu pemakaian hape terasa menjadi jadul. Okelah kalau hanya usia perangkat, selagi hape tersebut apakah masih itu ke itu saja kita dapat bertahan menggunakannya dalam beberapa tahun, sebelum terjadi ketika ia tidak lagi mendukung whatsApp, misalnya tidak lagi mendukung beberapa aplikasi lain yang selama ini kita butuhkan.

Walaupun kebutuhan pengguna memang berbeda beda, ada yang butuh whatsapp cuma buat chatting, tapi tidak kurang yang menggunakannya buat berbisnis, bukan?

Akan tetapi ada hal yang lebih penting lagi menyangkut pengalaman pengguna: Kecepatan internet! Nah disini ironinya. Misal kalian baru beli hape mewah kemaren seharga 10 jutaan, tapi masih mengusung jaringan 4G lalu tiba tiba ada pengumuman bahwa telah tersedia teknologi jaringan 5G dan telah diberlakukan di kota kalian, apa yang akan kalian pikirkan? pokoknya jutek banget lah gitu.

Aku gak pasti apa yang kalian pikirkan, tapi bagiku yang tekno mindset hal itu tentu saja mengecewakan, bayangkan dulu ketika kita masih menggunakan jaringan 3G mana sekarang 3G? kalau kita pakai leletnya minta ampun karena sudah tidak di prioritaskan lagi. Sekarang 4G yang tertanam sebagai fitur jaringan di hape mahal kita akan segera mengalami hal yang sama.

Dan mulailah 4G mendapat giliran sebagai teknologi jaringan jadul karena kedatangan teknologi jaringan baru 5G ini. Kisah ini adalah ulangan kisah kisah sebelumnya: 2G menghilang di belakang waktu setelah kehadiran 3G dan 3G menjadi sangat jadul setelah kedatangan 4G dan apalgi kini telah hadir 5G.

Masalah kita adalah masalah yang serius, karena kita telah terlanjur menginvestasikan uang membeli perangkat yang masih mengusung 4G misalnya membelinya sebulan yang lalu sedangkan bulan ini tiba tiba telah hadir teknologi jaringan 5G.

Kecepatan 5G vs Kecepatan 4G

Bagaimana tidak, kecepatan jaringan 5G itu di klaim 100x lebih cepat daripada 4G. Bahkan pada pengujian baru baru ini di Jakarta kecepatan 4G itu adalah 30mbp/s sedangkan kecepatan 5G itu 500 Mbp/s, walhasil jauh banget. 

perbandingan serem kecepatan internet

Jika 4G mendownload dokumen sebesar 3GB dalam waktu 12 menit, maka 5G melakukannya paling lambat hanya memerlukan waktu selama 4 menit.

Ini terjadi karena perangkat 5G memiliki pemancar lebih banyak, pita trafik lebih besar jaringan lebih luas dan lebih tinggi. 

Ada alasan lain mengapa memiliki hape 4G menjadi tidak worthed lagi walaupun merupakan perangkat flagship yang di beli mahal sekali sampai puluhan juta. Alasan utama adalah setiap hal baru yang datang pasti secepatnya akan menggantikan hal baru, meskipun mungkin pada awalnya masih memiliki beberapa masalah, biasanya masalah masalah tersebut pasti juga akan segera di atasi.

Masalah kecil 5G

Masalah 5G untuk sementara adalah terletak pada kekurangannya ketika melewati penghalang objek seperti dinding dan jendela sehingga tidak dapat maksimal. Namun tampaknya hal ini akan segera teratasi dalam waktu dekat.

kecepatan jaringan dan bandwith internet juga berpengaruh besar pada kecepatan halaman blog, sehingga pengguna tidak lagi perlu merasakan pengalaman buruk ketika membuka halaman blog yang lama. Dan ini juga akan mempengaruhi poyek AMP google yang pada saat sekarang mulai dilupakan orang. Syaratnya kalau di Indonesia mungkin setelah satu tahun distribusi jaringan 5G mencapai keseluruh pelosok tanah air dengan catatan tidak ada permainan kotor penyediaan dan kelengkapan pada pirantinya ketika pertama instalasi. Ada apa sih? Wah panjang cerita seuzon nya he he he...

Berikut cuplikan dari ilustrasi kompas:

5G internet


Kesimpulan 

Lupakan dulu jika kita masih tinggal di kampung yang fasilitas 5Gnya mungkin akan datang belakangan. Sekarang jika kita tinggal di Jakarta atau di Batam, apa yang akan terjadi dengan hape 4G kita?

Menurut aku, lebih baik membeli hape murah yang sudah mendukung jaringan 5G pada saat ini ketimbang beli hape mahal tapi tidak mendukung jaringan berteknologi 5G. Dan paling tidak untuk beberapa tahun lagi sebelum jaringan 6G di jadikan sebagai pengganti jaringan 5G, kita masih dapat menggunakannya dengan tenang....


Yang sangat reasonable adalah: Jika kalian membeli hape 4G walau dengan fitur premium dan harganya mahal sekarang  ini adalah pasti akan kalah jauh dengan hape murah versi 5G dalam hal kecepatan dan asal kalian tahu mau lebih murah dari hape 5G mau tidak mau fitur murahnya hape 5G itu harus ditingkatkan mendekati mesin dan fitur hape mahal 4G pendahulunya.

Dan satu hal harus kalian camkan baik baik: Hape 5G sudah pasti dapat berjalan di 4G, sebaliknya hape 4G mustahal eh mustahil dapat berjalan di 5G...jadi apa kalian masih berfikir hape 4G masih worthed di zaman teknologi jaringan 5G? Hanya kalian yang tahu.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
warna warni jajanan owner, limawarna franchise, anissa page

2 komentar

  1. Saya kok mikir nanti kecepatannya akan menurun ketika semua sudah beralih ke 5G. Sama seperti peralihan 3G ke 4G. Awalnya 4G terasa kenceng banget. Lama2 ya melambat juga
    1. Ya itu tadi karena prioritas managemen perusahaan penyedia jaringan, kalau di split 4G dan 5G pasti akan memakan sumberdaya tenaga kerja, beaya uang, dan efesiensi waktu.

      Pasti 5G lah yang akan di prioritaskan layanannya. Disamping ia memang jauh lebih cepat, perbandingan lama dan baru akan menghasilkan kesan kontras sampai ke psikologis pengalaman pengguna...ya kan
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain