10 alasan mengapa tablet akan menggantikan laptop

AvatarPosted By:
Trend penggunaan tablet sebagai PC mobile meningkat tajam dikala pandemi. Dan jelas ini akan berlanjut. Ada fakta yang tampak selalu lebih banyak benarnya yakni hal baru selalu menggantikan hal lama. Sebut saja. Setrika dengan pemanas batu bara, Warnet dan wartel hingga mesin ketik. Perlahan lahan mereka menghilang atau mulai langka.

tablet buat bekerja

Dan perubahan itu disebabkan oleh lajunya perkembangan teknologi yang di picu oleh kebutuhan manusia untuk menyesuaikan diri menghadapi sumber daya dalam hidup mereka yang semakin langka di sebabkan oleh jumlah populasi manusia yang menghuni planet bumi telah meningkat tajam dan hal itu memicu perkembangan teknologi yang semakin cepat dan cepat sebagai upaya manusia mempercepat pergerakan mereka dalam ruang dan waktu.

Ya pertumbuhan populasi manusia yang cepat akhirnya berbanding lurus dengan kebutuhan konsumsi sumber daya seperti makanan, pakaian dan fasilitas lainnya, membuat mereka berfikir keras dan melahirkan teknologi yang kemajuannya juga berbanding lurus dengan kebutuhan manusia untuk mengatasi berbagai hal dalam kehidupan mereka. Ya ekonomi, ya keamanan, ya kecepatan semuanya demi bertahan hidup.

Jadi banyak inovasi berupa temuan baru berubah menjadi jadul dengan cepat termasuk perangkat PC yang telah kita gunakan dalam beberapa dasawarsa: Yakni PC desktop dan PC laptop. Lihat bentuk laptop Microsoft biangnya PC selama ini telah berevolusi mirip tablet sebut saja Microsoft Surface. Itu adalah trend PC laptop masa kini dan masa depan, lalu perhatikan sebuah tablet dan bagaimana mereka mulai berevolusi merebut segmen dan pasar laptop.

Oke kita akan membahas 10 alasan mengapa tablet akan menggantikan laptop.

1. Tablet dapat menjalankan aplikasi perkantoran 

Aplikasi aplikasi perkantoran pada tablet juga berkembang pesat jauh melampaui kecepatan perkembangan aplikasi serupa pada sebuah PC laptop. Bukan hanya kualitas, kapasitas dan kemampuannya yang terus disempurnakan, jenis dan jumlahnya menjadi sangat banyak dan penggunaannya menjadi jauh lebih ekonomis karena ada banyak yang di gratiskan ketimbang Microsoft Office yang berbayar pada laptop.

tablet for production

Padahal hasil kerjanya sama dengan apa yang terdapat pada laptop. Adapun jenis office yang semakin kuat itu juga beragam, seperti WPS, solaris office, Office suite, Google Office dll. 

2. Tablet dapat menjalankan aplikasi produktivitas

Tablet juga dapat menjadi alat editing yang sangat baik. Sebuah iPad terbukti mampu menghasilkan karya seni yang tidak dapat di tandingi bahkan oleh sebuah laptop, misalnya dalam hal menggambar dan melukis secara digital. Banyak tokoh tokoh pelukis modern melukis menggunakan tablet Android dan juga iPad yang notabene adalah jenis tablet juga. Sebut saja Jaime Sunjuan Ocabo yang mendunia karena kepiawaiannya melukis real melalui iPad dan itu dimulainya semenjak 5 tahun silam sebelum sebuah iPad menjadi sehebat sekarang.

Sebuah tablet juga mampu menjadi alat editing gambar dan video yang memadai. Saya mengedit video melalui aplikasi Kinemaster melalui tablet Android, dan Lumafusion jika menggunakan iPad. Kedua aplikasi ini sangat bagus untuk djadikan alternatif pengedit video seperti Adobe Premiere pada PC laptop dan macbook. Bahkan para pengembang aplikasi kini sedang berfikir bagaimana membuat aplikasi editing video untuk pekerjaan multimedia yang sekuat atau melebihi aplikasi editor serupa pada PC melihat betapa perkembangan piranti keras sebuah tablet juga menjadi semakin kuat dan kencang.

3. Layar dan dimensi tablet semakin besar

Dan ini karuan mengambil atau menyasar wilayah sebuah PC. Kini umum ditemukan sebuah tablet dengan bentang layar 11 inch. Bahkan tablet samsung tab s7 plus saya bentang layarnya adalah 12,4 inchi yang jika dibanding dengan macbook retina display keluaran 2017 masih lebih besar tab s7 plus ini. iPad pro 2019 bahkan lebih besar lagi yakni 12,9 inchi. Namun yang paling menarik biarpun dengan dimensi layar semakin besar sebuah tablet tetap lebih kompak, lebih tipis, lebih solid dan lebih mobile. Belum lagi kualitas layarnya yang sangat baik.

layar tablet semakin lebar

Dan pada tahun 2021 samsung akan mengeluarkan tablet S8 ultra yang bentang layarnya berada pada ukuran 14,6 inchi. Ini sudah laptop dan tentunya akan di susul oleh iPad dengan bentang layar yang lebih besar lagi.

Bukan hanya menjadi semakin lebar namun bezelnya juga menjadi semakin tipis sehingga membuat layar yang sesungguhnya menjadi semakin lega.

Saya juga yakin bahkan tablet segmen menengah kebawah akan menyusul tren ini. 

4. Keyboard semakin nyaman, portable dan terintegrasi

Melihat kegunaan tablet yang mengarah kepada perangkat sebagai pengganti laptop, tidak heran banyak produsen menganggap penting menambahkan paket komplit atau terpisah disamping pena atau pensil buat mencorat coret pada layar tablet.

Khusus untuk tablet kita dapat mendapatkan paket lengkap dan atau terpisah pada setiap paket pembeliannya, sebut saja Huawei matepad 11, iPad pro, Tablet samsung dll. Keyboard ini di buat semakin bagus kualitasnya sehingga sangat nyaman digunakan buat mengetik.

Ada perbedaan bentuk dan dimensi keyboard pada tiap produsen tablet misalnya Huawei matepad 11 menyediakan papan ketik dengan koneksi bluetooth dan magnetik namun tidak memiliki trackpad atau touchpad sedangkan tablet samsung tab s7plus sudah memiliki keyboard lengkap dengan touchpad yang sangat mirip dengan keyboard laptop. Pada tablet Samsung dengan ukuran lebih besar seperti Samsung Tab S8 ultra yang 14,6 inchi diharapkan keyboard ini akan mejadi lebih intuitif dan sempurna lagi.

Dan Apple dengan pada lini iPad pro telah dilengkapi dengan paket terpisah keyboard yang disebut magic keyboard yang terasa sangat intuitif, nyaman sekali buat dipakai buat mengetik.

Kelebihan sebuah tablet tentu saja adalah pada layar sentuhnya yang jarang terdapat pada sebuah laptop hingga saat ini. Layar sentuh ini juga sudah sangat intuitif dengan refresh rate 60 hingga 120 hz dan tentu saja sangat efektif buat menggantikan mouse sebagai alat navigasi pada layar.

5. Nyaman buat presentasi, meeting dan belajar daring

Terbukti dengan meningkatnya permintaan perangkat tablet di luar dan di dalam negeri di banding dengan laptop membuktikan perangkat ini jauh lebih nyaman dipergunakan buat belajar daring, meeting online atau video call. Secara teori sebuah tablet memiliki kompresi tinggi sehingga memiliki kecepatan loading yang tinggi. 

Apalagi di era teknologi mobile yang terus berkembang pesat bukan mustahil suatu ketika banyak orang melupakan sebuah laptop jika sebuah laptop tidak dapat mengimbangi bentuk tren mobile ini.

6. Mobilitas

Zaman mobile tentu banyak pihak yang lebih memprioritaskan hal hal berbau mobilitas tinggi seperti perangkat hape. Sebuah tablet memang terasa jauh lebih mobile jika dibanding dengan sebuah laptop. Ia dapat dimasukan kedalam tas kecil dan di bawa dengan mudah kemana kemana. 

Di dalam sebuah tablet sudah memenuhi banyak kebutuhan: Ia dapat mewakili sebuah laptop dengan baik dan bahkan mewakili sebuah smartphone jika ia dilengkapi dengan koneksi seluler. 

Adalah lebih nyaman main game menggunakan tablet, mengambil gambar dan video, menonton filem dibanding laptop pada saat bepergian, bukan. Kalian juga dapat mendengarkan musik, bermain di media sosial seperti facebook, instagram, twitter. 

Walaupun bersifat mobile, beberapa vendor tablet telah membuat UX yang dapat menyesuaikan layout dan user interface tampilan suatu aplikasi sehingga dapat di pergunakan layaknya seperti pada saat dibuka pada browser desktop. Misalnya pada saat menggunakan tablet dengan posisi landscape.

Karena mobilitasnya tinggi tentu saja ia juga bisa dimasukan ke tas kecil jika di bawa bawa kemana mana, tidak perlu bawa bawa backpak gede seperti mau berangkat atau pindahan ke kota lain saja.

Ya ibaratnya sebuah laptop yang sangat mobile!

7. sistem operasi Laptop vs sistem operasi Tablet

Pada awal perkembangannya laptop memiliki dua sistem operasi utama yang paling banyak dipergunakan oleh pengguna PC laptop dunia, yakni Windows dan MacOS, lalu muncul sistem operasi terbaru berbasis cloud yaitu ChromeOS. 

Ketiga sistem operasi memiliki perbedaan teknis yang cukup prinsipil, windows secara user interface berbeda dengan MacOS, pengguna windows menggunakan Lpatop windows, sedangkan pengguna MacOS menggunakan Macbook.

Dan sistem operasi baru bernama ChromeOS memiliki perbedaan yang lebih signifikan jika di banding dengan windows dan macos. Sistem operasi baru ini berbasis online, bekerja online, menyimpan online dan tentu saja di era digital dimana internet menjadi semakin murah dan mungkin akan segera gratis, sistem operasi Chrome ini berpotensi menjadi sistem operasi wajib bagi laptop di masa yang akan datang karena dalam bayak hal ia menyediakan fasilitas lebih murah dan bahkan gratis.

Sedangkan pada tablet juga terdapat beberapa sistem operasi yang saling berkompetisi. Tablet Android dengan sistem operasi Android yang sama dengan sistem operasi hape hape Android, iPad dengan sistem operasi iPadOS yang terpisah dengan iOS sebagai sistem operasi iPhone.

Terdapat sistem oeprasi baru yang juga tidak kalah potensial: Harmony OS yang berjalan pada tablet besutan huawei dimana sistem operasi ini juga dapat menjalankan banyak aplikasi lintas sistem operasi.

8. Konektivitas

Sebuah tablet tentu saja sangat mudah di hubungkan ke wifi dan bahkan sebagian besar tablet memiliki konektivitas seluler. Keuntungan terbesar kalian adalah bahwa pada zaman kita kontektivitas seluler itu telah mendukung teknologi jaringan 5G yang kecepatannya di klaim 100 kalilipat cepatnya jika dibanding dengan teknologi jaringan 4G. Artinya tanpa wifi kita bisa mendownload file, data dan dokumen besar tanpa kendala seperti sebelumnya.

Lagipula pada tablet tablet android kontektivitas seluler ini juga memiliki kemampuan telefoni dan berterimakasilah pada headset tws bluetooth yang dapat terhubung ke pembicaraan telepon. Walaupun mungkin teknologi bertelpon akan segera berakhir di era kita sekarang karena kecepatan internet semakin cepat, misalnya nanti kita bisa terhubung ke panggilan telepon melalui aplikasi berbasis internet dimana internet sudah gratis di seluruh dunia, maka tablet lebih worthed sebagai alat berkomunikasi dibanding dengan sebuah laptop, bukan?

9. Lebih nyaman buat entertain

Sebuah tablet karena ketajaman layar, kejernihan suara yang dihasilkan oleh speakernya yang berkualitas dan dimensinya yang mobile sangat nyaman buat entertain, seperti menonton video, mendengarkan musik, bermain game hingga memainkan alat musik dititgal.

tablet buat entertain

Tablet juga lebih nyaman saat di gunakan buat chatting, atau berinteraksi di media sosial digital.

10. Tablet sangat efektif pada saat dipergunakan untuk berbisnis online

Smartphone memang paling banyak dipergunakan oleh masyarakat untuk berbisnis online pada saat ini. Akan tetapi sebuah tablet bukan hanya memberikan pengalaman telefoni tetapi juga sanggup memberikan sentuhan pengalaman PC laptop pada saat membuat paperwork bisnis.

Terutama kemampuan yang satu ini ada pada tablet yang telah dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Ada terdapat banyak aplikasi lintas platform untk produktivitas dan bisnis online yang dapat berjalan jauh lebih baik pada sebuah tablet jika dibanding dengan sebuah hape, ya itu tadi karena layarnya yang jauh lebih lebar, asesoriesnya yang sepadan jika disandingkan dengan sebuah laptop.

Kesimpulan

laptop mungkin saja akan tetap ada untuk beberapa kebutuhan khusus. Pekerjaan editing berat, membantu pekerjaan sains, hingga segmen augmentasi berat.

Dan harus kita akui masih banyak pihak pihak yang awkard alias canggung menerima tablet sebagai pengganti sebuah laptop meskipun sebenarnya pekerjaan komputing mereka sebenarnya hanyalah pekerjaan pekerjaan menengah dan ringan. Bahkan pada beberapa kasus ada guru guru yang ngotot agar muridnya menggunakan laptop dan melarang mereka menggunakan tablet hanya karena tidak mengerti bahwa tablet yang dimiliki oleh muridnya memiliki kemampuan PC jauh diatas laptop.

Di luar negeri seperti kanada dan Singapore pada masa ini banyak sekolah yang mengusahakan pengadaan iPad sebagai sarana belajar dan mengajar di sekolah mereka.

Kita hanya perlu memahami jika kebutuhan Kita hanyalah mengolah dan mengedit dokumen, atau jika kebutuhan kalian adalah kebutuhan kalian adalah kebutuhan belajar dan study atau bahkan mengajar. Maka sebuah tablet sudah memenuhi semua kebutuhan tersebut. Kalian boleh bandingkan kemampuan tablet dengan laptop menengah kebawah seharga 6 jutaan akan segera terasa bahwa sebuah tablet memiliki fitur yang jauh lebih kaya, dimensi lebih solid dan lebih mobile.


Sebagai seorang yang sangat sering berganti ganti laptop dan macbook saya membuktikannya sendiri betapa pengalaman menggunakan tablet masa sekarang itu sudah tidak sama lagi dengan zaman dulu, tablet zaman sekarang sudah terasa sedemikian powerful dan benar benar telah mampu mengambil alih sebagian besar pekerjaan laptop.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "10 alasan mengapa tablet akan menggantikan laptop"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel