Dua cara sederhana mengedit dan merombak template blogger


Kalian bisa masuk ke pengaturan blogger dan mengedit template blogger kalian melalui dua cara. 

Cara pertama masuk ke pengaturan blogger atau dinamakan dasbor blogger, lalu pada menu yang dapat di scroll ke atas dan kebawah pilih tataletak atau layout, tergantung kalian memilih bahasa apa, kalau bahasa indonesia ya tataletak, tapi kalau sebelumnya setting pengaturan blog kalian berbahasa Inggris ya menunya jadi layout.

Nah setelah layout di klik akan muncul tataletak halaman blog berupa layout yang dapa di geser geser menggunakan mouse ingat hanya menggunakan mouse jika kalian menggunakan tablet seperti saya sebaiknya kalian juga memiliki mouse disamping keyboard. Gunanya ya untuk memindah mindah tataletak tampilan halaman blog karena tidak bisa di pindah melalui sentuhan tangan. Kalau melalui sentuhan tangan ya hanya untuk menggulir halaman ke atas atau kebawah.

Kalau ingin memindah elemen layout ini kalian harus menggunakan mouse seperti contoh berikut.

Cara pertama ini terbatas hanya merubah tampilan template dan halaman blog kalian seperti tataletak widget populer posts dan widget widget yang telah tersedia secara default atau mengganti warna dan mengatur beberapa hal lain. Cara ini tidak dapat merombak template sesuka hati kalian atau menurut selera dan keingan kalian.

Cara kedua masih melalui pengaturan atau dasbor blogger, kalian pilih menu Tema seperti berikut dan akan muncul menu di kanan layar dan pada ujung menu sesuaikan ada mata panah menghadap kebawah yang apabila di klik akan muncul lima pilihan menu lagi. Kalian pilih menu'Edit HTML' maka akan terbukalah seluruh sumber kode template blogger yang terdiri dari kode kode HTML, xml, CSS, dan Javascript.

Jika kalian memiliki pengatahuan dasar koding untuk halaman website, kalian dapat merombak template melalui cara merombak sumber kode ini. Misalnya menambahkan kode kode baru guna menambahkan elemen baru di halaman web kita atau template kita. Cara kedua ini memiliki ke unggulan dimana kalian dapat merobak sebuah template dan meromk tampilan halaman webblog kalian menurut keinginan kalian, sehingga benar benar tampak sangat berbeda dalam hal tampilan, performa hingga kecepatan loadingnya.

Untuk urusan yang satu ini kami ingin memberikan tutorial khusus cara mengedit template blog simpel melalui halaman editor HTML blogger sehingga template kalian dapat kalian tampilkan sesuka hati dan menurut selera kalian saja.

Cukup sampai disini sebagai permulaan semoga kita akan bertemu di kesempatan berikutnya...

Silahkan menonton videonya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak