Tablet sebagai pengganti laptop extended post

AvatarPosted By:

Pergeseran pengguna PC menjadi kian ekstreem ketika perangkat perangkat mobile mulai memiliki kemampuan PC juga. Bahkan sebuah hape juga mampu melakukan pekerjaan pekerjaan dasar baik untuk berbisnis maupun untuk berproduktifitas. Akan tetapi saya lebih memilih tablet sebagai ancaman nyata akan keberadaan laptop di dunia yang memang permintaannya dari tahun ke tahun kian menurun terutama laptop laptop kelas menengah ke bawah hingga entry level.

Alasannya sudah barang tentu faktor mobilitas, kecepatan, hingga kenyamanan dan pengalaman pengguna. Akan tetapi benarkan tablet mengancam keberadaan laptop yang telah sekian tahun menemani pekerjaan pekerjaan rutin manusia? Sekilas tampaknya begitu.

Mengapa tablet menginvansi wilayah laptop adalah terlihat dari perkembangannya berikut:
  • Dapur pacu yang semakin kuat
  • Layar yang semakin besar dan tipis
  • Mulai dilengkapi dan juga semakin terbiasa dengan asesories seperti keyboard dan mouse
  • Mobilitas yang jauh lebih tinggi
  • Operating system dan environment semakin kuat dan kaya
  • Dan masih ada segudang alasan lainnya
Kita menunjuk kepada iPad yang kini telah memiliki sistem operasi mobile khusus yakni iPadOS. Sistem operasi ini benar benar membuat kemampuan sebuah iPad menjadi unik: Ia mampu menjalankan aplikasi yang berjalan di Macbook yang menjalankan sistem operasi MacOS dan mampu juga menjalankan aplikasi aplikasi yang bisa berjalan di iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

Lalu muncul sistem operasi yang berjalan pada perangkat Huawei yakni HarmonyOS yang memiliki kemampuan Android dan iPadOS sekaligus. Terang saja ia seperti mengadopsi dua kemampuan tersebut dan menjadi sistem operasi yang sangat potensial di masa depan ketika environmental huawei ternyata menjadi sekuat dua saingannya tersebut.

Lalu bagaimana dengan android? Apakah android akan mengikuti jejak kompetitornya yakni Apple yang memisahkan sistem operasi lini iPad dengan iPhone? Apakah Android akan membuat sebuah sistem operasi baru untuk tablet Android yang bisa berjalan pada PC dan sekaligus pada hape? Saya rasa dalam waktu dekat tidak. Karena itulah setiap vendor pembuat tablet membuat sistem pendukung yakni UI (user interface) seperti DEX pada samsung sehingga memungkinkan sebuah tablet menjadi lebih berorientasi landscape pada layar tablet ketika dipasangkan keyboard dan mampu mendaptangkan pengalaman laptop PC kepada pengguna.

Video di atas saya buat terkait kegiatan kita dalam melakukan kegiatan blogging dan website yang pada umumnya lebih banyak melakukan penulisan dan sesekali mungkin mengedit layout template halaman web masing dengan menggunakan perangkat PC laptop, namun sekarang hal tersebut dapat dilakukan dengan sama enaknya melalui sebuah tablet.

Tentu saja bagi sebagian blogger mereka dapat melakukannya melalui hape, tapi dengan keterbatasan yang banyak sekali jika dibanding dengan sebuah laptop PC. Nah bagi pengguna sebuah tablet tidak akan memiliki pengalaman perbedaan itu lagi.

Kesimpulan:

Laptop masih tetap eksis, mungkin juga berevolusi. Kini terdapat 3 Jenis laptop komersial (Lupakan linux ubuntu dkk) yang bersaing ketat: Pertama tentu saja laptop windows dan macbook MacOS, tapi kini muncul laptop dengan sistem operasi baru yang juga tidak kalah komersialnya: Chromebook yang menjalankan sistem operasi berbasis online yakni ChromeOS.

Mungkin akan muncul inovasi baru atau Laptop akan berevolusi menjadi seperti tablet? Lalu apa lagi ciri ciri yang akan menbedakannya?


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Tablet sebagai pengganti laptop extended post"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel