Alasan mengapa kalian blogger juga perlu menjadi vlogger di masa sekarang

AvatarPosted By:

Dulu pernah top blogging hape, kini vlogging juga pakai hape, hape justeru semakin murah dan fitur kameranya sudah sangat mumpuni buat menangkap video hingga 4K, jaringan hape juga sudah mulai merambah ke 5G. Artinya zaman vlogging memang sudah mulai semudah - bahkan lebih mudah dari sekedar blogging.

Bayangkan di Youtube ada fitur video shorts, tinggal rekam video 20 detik dan terbitkan. Atau kalian bisa mengeditnya terlebih dahulu melalui aplikasi editor video hape seperti kinemaster. Buat saja video unik pendek, berita baiknya Youtube akan memberikan konpensasi berupa uang jika video pendek itu menarik, berkualitas dan asli (bukan video hasil comot video orang). Silahkan kunjungi halaman Youtube untuk informasinya.

Dan hal itu tanpa perlu subscriber hingga ribuan, atau jam tayang kalian masih sedikit asalkan video shorts kalian berpotensi maka kalian akan bisa masuk ke dalam program konpensasi ini.

1. Hape (tidak perlu mahal)

Asalkan kalian tidak memilih iPhone sebagai pilihan, maka kalian bisa memiliki hape harga sejutaan atau hape 5G dua jutaan yang memiliki kecepatan fantastis buat upload video. Namun yang penting disini adalah kamera dan kecepatan uploadnya. Jadi jika bisa beli hape murah, 5G dengan kamera bagus atau berkualitas.

Hape membutuhkan tripod dan banyak sekali tripod murah produk cina yang telah di jual di pasaran. Tripod ini juga memiliki banyak fitur seperti putar, bengkokan hingga kemampuan koneksi bluetooth harganya juga terdapat yang dibawah seratus ribuan.

2. Microfon

Sudah barang tentu bukan hanya video, mengolah suara juga sangat penting, maka dari itu kalian membutuhkan microfon. Saya sering nonton kesalahan vlogger yang menggunakan hape pada saat shooting outdoor, suara mereka tidak jelas dan membuat penonton sakit telinga lalu meninggalkan tontonannya. 

Padahal videonya sudah sangat baik. Namun suaranya berisik dan narasinya sangat tidak jelas, sehingga penonton tidak mengerti inti dari video tersebut.

Lebih baik jika kalian memiliki microfon jika membuat konten di luar dan di dalam ruangan. Saya sarankan pilih microfon kondenser karena kemampuannya meredam kebisingan, untuk di dalam ruangan mendingan memilih microfon yang berkarakter penangkap suara cardioid yang sudah banyak di jual  di pasaran. Pastikan koneksi kabelnya sudah type C seperti layaknya hape hape masa kini. Atau jika tidak kalian terpaksa membeli USB OTG sebagai konektor penyambungnya agar pas ke hape kalian.

Fitur cardioid berarti menangkap suara satu arah saja yang di arahkan ke mulut kita pada saat berbicara. Ini akan memaksimalkan pengolahan suara. 

Kalian dapat menggunakan microfon lebih simpel seperti microfon clip on yang dapat di jepitkan ke krah baju atau bagian leher pakaian harganya juga banyak sekali yang murah, koneksi jacknya juga pas ke hape.

3. Face light atau Ring face

Ini adalah lampu berbentuk ring besar yang dapat dinyalakan melalui colokan dan memiliki kaki seperti tripod juga, harganya juga paling 50 ribuan.

Posisi cahaya penting agar perekaman bisa maksimal. Juga bagi kalian (terutama cewek) yang sangat mengutamakan tampilan ring face ini sangatlah membantu agar wajah kalian terlihat lebih menarik dan semakin cantik.

Sudah barang tentu ini cocok bagi vlogger di dalam ruangan dan biasanya untuk cewek yang sering membuat konten tips kecantikan, tutorial, narasi dll.

4. Hanya menggunakan hape

Video shorts jawabannya! 

Video short itu hanya 20 detik dan sudah bisa mendapatkan dana konpensasi dari google tanpa memerlukan subscriber sampai ribuan, video shorts ini memiliki algoritma tersendiri dimana Google akan menyebarkan video shorts yang kalian buat asalkan memenuhi syarat: Tidak melanggar aturan seperti mengandung sara, kekerasan. Video jgua harus asli alias original bukan mencomot video dari orang lain atau pihak lain.

Seperti saya singgung diatas ada dua cara membuat video shorts langsung melalui hape dengan menekan 'buat video shorts' menambahkan lagu dan memublikasikannya. Kami membuat videonya:


Cara yang kami tunjukan diatas adalah cara langsung melalui hape tanpa diedit melalui aplikasi melalui hape. kalian juga bisa membuat video yang telah kalian simpan di hape kalian asalkan tidak panjang atau dengan mengeditnya terlebih dahulu melalui hape dan menerbitkannya setelah itu menjadi video shorts.

Alasan mengapa kalian blogger juga perlu menjadi vlogger
  • Pertama: kalian sudah terbiasa membuat konten tulisan, artinya tidak masalah membuat konten berbeda berupa video dan gambar
  • Kedua: blogging jujur kalian mau mengakui atau tidak adalah pekerjaan old alias pekerjaan jadul ketika hal hal baru seperti IGtv, Youtube, tiktok berdatangan merubah wajah media dunia dan merubah selera pengunjung. Mungkin blogging masih ada memiliki pangsa pasar, tapi bayangkan dulu bakul anyam nenek juga sangat di gemari lalu di toko toko banjir tempat tempat plastik murah dan jauh lebih praktis, kemana tuh bakul bakul nenek? Tetap ada penggemarnya, tapi semakin sedikit dan bahkan mulai tidak terlihat lagi, bukan? Di dunia ini tidak ada yang abadi hal lama akan selalu digantikan oleh hal baru, mana ada lagi warnet setelah hape memiliki internet?
  • Ketiga: Vlogging menghasilkan uang lebih banyak. Jangan pungkiri itu
  • Keempat: Blogging terlindas oleh media website besar
  • Kelima: Ini zamannya generasi nonton video, zaman visual bergerak, zaman animasi penuh warna warni. Bukan zamannya membaca seperti zamannya kakek nenek dulu. Dan ini semakin ditegaskan oleh teknologi web yang semakin ringan, teknologi jaringan 5G, 6G dan 7G yang akan susul menyusul yang kecepatan internetnya sudah tidak terbayang lagi nantinya. Buat apa buang waktu membaca jika ada media yang lebih cepat dan nyaman dalam memberikan informasi?
Akan tetapi kemajuan memang terasa semakin cepat di segala hal ke depannya akan berubah juga dan akan tampak lebih berbeda daripada keadaan sekarang, jadi cepatlah! jangan tunda lagi kesuksesan.

Selamat mencoba dan salam sukses!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Belum ada Komentar untuk "Alasan mengapa kalian blogger juga perlu menjadi vlogger di masa sekarang"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel