Ketika NVIDIA jatuh cinta kepada ARM kok dunia jadi panik dan cemburu?

ketika NVIDIA jatuh cinta kepada ARM

Jika terjadi akuisasi, ini adalah akuisasi terbesar dalam sejarah teknologi chipset. Dan seperti yang telah kita ketahui teknologi chipset sangatlah vital di dunia modern karena ia telah menjadi basis teknologi yang berpengaruh besar terhadap ekonomi, pekerjaan, informasi, sains dan ia terlibat hampir pada semua aspek kehidupan modern.

Tapi yang paling terdampak pastinya dunia gadget: Smartphone, tablet, laptop dkk. Kalau sudah melibatkan PC, perusahaan mana sih kantornya yang tidak menggunakan PC?

Makanya Federal Trade Commission (FTC), badan perdagangan Amerika Serikat, menggugat rencana akuisisi ARM oleh Nvidia senilai USD 40 miliar.

Menurut FTC, jika akuisisi tersebut terjadi maka Nvidia akan dapat menguasai pasar dengan mutlak dan menghambat terjadinya kompetisi. Nvidia dan ARM akan terlalu menguasai teknologi dan desain chip, demikian dikutip dari CNN Business

Uniknya bisnis ini ternyata sudah menguasai dunia dan pemainnya adalah negara negara besar. Seperti diketahui, Nvidia sudah setuju untuk membeli ARM dari SoftBank, perusahaan investasi asal Jepang, pada September 2020. 

Perlu diketahui dengan bersemangat pada saat itu Nvidia yakin perjanjian akuisisi itu akan selesai dalam 18 bulan.

Namun akuisisi tersebut mendapat tentangan dari banyak pihak, baik itu dari perusahaan teknologi maupun dari pemerintahan terkait, yaitu Inggris (basis ARM), Amerika Serikat (basis Nvidia), dan juga China.

Bahkan European Commission pun kini sudah resmi menginvestigasi akuisisi tersebut, tepatnya sejak sebulan lalu. Parah gak?

Alasan mengapa banyak pihak sangat keberatan cemburu

Selama ini chipset mobile yang di gunakan pada smartphone, tablet, iPhone dan iPad adalah chipset yang mereka buat berbasis ARM, artinya arsitektur ARM dapat dipergunakan untuk membuat snapdragon, Kirin, M1 Apple, Mediatek dll. ARM seperti sebuah perusahaan teknologi yang menerapkan bisnsi 'franchise' pada bisnis kuliner sperti Fried chicken dan sejauh ini mereka boleh dikatakan sangat sukses.

Artinya samsung yang selama ini dapat membuat exynos tapi berdasarkan 'resep' ARM, demikian juga snapdragon, dan Apple yang membuat prosesor M1 yang hebat itu. Atau perusahaan Cina Huawei yang membuat kirin dan dan perusahaan cina lain yang membuat meditateks semuanya berdasarkan cetak biru ARM. Kelak harus merevisi ulang perjanjian bisnisnya.


Lalu apa yang banyak pihak khawatirkan jika Arm di beli oleh nvidia? Ya itu tadi ARM berhenti menjadi perusahaan terbuka, karena nvidia dan ARM mungkin akan menutupnya setelah mereka bersatu dalam akuisasi. Banyak pihak sangat khawatir 'perkawinan' ini akan membuat mereka menguasai pasar chipset secara mutlak dan mematikan persaingan. Lalu memepengaruhi harga penjualan, dan harga chipset menjadi selangit. Artinya bukan hanya produsen gagdet seperti smartphone, laptop, dan tablet yang cemas, bahkan harga tinggi juga akan di bebankan kepada konsumen pembeli gagdet.

Eh mengapa saya berikan judul cinta cintaan? Karena saya suka blunder dan mainstream he he he...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak