Meskipung tablet Android dan hape Android sama sama menggunakan sistem operasi yang sama namun keduanya memiliki ukuran yang berbeda sehingga setiap penggunaan aplikasi akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Sudah seharusnya sebuah tablet memiliki rasa laptop dan juga memiliki kemampuan smartphone sekaligus.

Itulah sebabnya mengapa Apple memisahkan sistem operasi iPhone dengan sistem operasi sebuah iPad. Jika iPhone menggunakan iOS, maka iPad menggunakan sistem operasi yang mereka beri nama iPadOS. Sehingga tablet iPad benar benar menjadi berasa sebagai sebuah tablet yang sejati alih alih hanya terkesan sebagai pengalaman menggunakan sebuah hape bongsor.

Nah untuk mengakali hal tersebut pada tablet Android kita dapat memilih beberapa model aplikasi yang cocok untuk layar yang lebih besar, sebagai contoh pada tablet sebuah aplikasi dengan kemampuan posisi landscape jauh lebih baik daripada sekedar aplikasi yang hanya bisa portrait, karena penggunaan tablet dengan layar lebar mendekati laptop, posisi aplikasi landscape akan membuat pengalaman pengguna menjadi jauh lebih nyaman pada saat menggunakan aplikasi tersebut.

Karena tablet menurut pengalaman pribadi saya adalah sebagai pengganti laptop untuk urusan pekerjaan dan berproduktifitas maka selain memasang aplikasi perkantoran untuk mengolah data dan dokumen, saya juga memasang aplikasi editor video Android yang tepat buat penggunaan tablet, dimana aplikasi ini sangat berguna untuk membuat dan mengedit konten konten multimedia. 

Untuk aplikasi editor video ini saya pasang dengan mempertimbangkan:
  1. Dapat sesuai dengan besar layar tablet saya yang 12 inchi
  2. Posisinya pada saat di buka landscap layaknya editor video pada laptop dan PC desktop
  3. Memiliki kelengkapan fitur terutama kemampuan chroma key atau kunci kroma.
Lalu aplikasi editor video android mana sajakah itu?

1. Kinemaster

Bukan semata mata karena biasa menggunakannya, akan tetapi editor video yang satu ini benar benar paling memenuhi syarat buat di pasang diperangkat tablet dengan layar sebesar layar pc Laptop.

kinemaster

Kine master bukan hanya memiliki kemampuan layer berlapis lapis untuk gambar, video dan musik, ia juga memiliki berbagai tool penyesuaian warna, teks, pencahayaan dan yang terpenting ia memiliki fitur atau tool chroma key yang sangat baik.

Chroma key itu membuat saya yang tidak memiliki studio untuk konten narasi seolah berada di berbagai tempat setelah memasang green screen di belakang saya sebagai diniding.

Untuk rendering terbilang lumayan cepat, tentu saja hal ini tergantung kekuatan mesin sebuah tablet sebagai dapur pacunya. Untuk urusan rendering saya salut dengan iPad yang telah menggunakan chipset buatan Apple M1, yang membuat setiap aplikasi menjadi demikian enteng dan ringan. Saya berharap kedepannya chipset berikutnya seperti snapdragon 8 gen1 dapat meningkatkan kecepatan rendering.

2. PowerDirector

Aplikasi Android yang satu ini telah di download lebih 50 juta kali. Dia juga memenuhi tiga syarat di atas, yakni sesuai untuk layar besar, memiliki fitur kunci kroma dan posisi pengeditan yang landscap.
PowerDirector
Powerdirector dapat memenuhi kebutuhan edit video menggunakan tablet Android terutama karena dia memiliki fitur landscape. Dari sisi user interface ia memang berbeda dengan Kinemaster, terutama ketika menggunakan fitur chroma key atau kunci kormanya. Namun masih terbilang sangat mudah di gunakan alias cukup user friendly.


Kesimpulan

Kedua editor video di atas cocok digunakan buat tablet dan kedua aplikasi editor video memiliki dua versi: gratis dan berbayar. Pada kinemster versi gratis dapat melakukan hampir semua fitur, namun video akan memiliki watermark dari Kinemaster dan untuk menghapus watermark kita harus berlangganan ke versi berlangganan alias berbayar.

Sedangkan PowerDirector juga memiliki dua versi yakni gratis dan berbayar, yang gratis selain menyertakan watermark juga di batasi fiturnya, sehingga untuk mendapatkan full version sekaligus menghilangkan watermark kita harus berlangganan alias membayar.

Sampai saat ini hanya dua aplikasi diatas yang paling pas dengan layar tablet, dan satu satunya Kinemasterlah yang memiliki fitur menyeluruh yang cocok di gunakan buat mengedit video di tablet tablet dengan ukuran layar besar. 

Ada beberapa lagi aplikasi editor video Android yang memiliki fitur layer dan chroma key, seperti chromavid akan tetapi terbatas hanya bisa di gunakan pada perangkat smartphone saja. Selain itu aplikasi aplikasi tersebut tidak mendukung posisi landscape.

Berbeda dengan iPad yang memiliki beberapa aplikasi yang kompatibel untuk editing video seperti:
  1. iMovie. Landscape, chroma key, screen compatibality
  2. Kinemaster. Landscape, chroma key, screen compatibality
  3. Lumafusion. Landscape, chroma key, screen compatibality
  4. PowerDirector. Landscape, chromakey, screen compatibality (Saya tidak mengerti mengapa chroma Key nya bisa jalan di iPad namun tidak berjalan di Tablet Android)
Mudah mudahan ke depannya para pengembang aplikasi editor video mengembangkan editor video yang lebih banyak dan cocok buat tablet tablet android.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: