Saya menyesal telah membeli tablet flagship Android, ternyata itu hanyalah smartphone bongsor!

Kedua perangkat ini adalah tablet karena layarnya yang jauh lebih besar daripada sebuah smartphone, namun produk Apple dinamakan iPad sedangkan produk lain dinamakan tablet, misalnya tablet buatan samsung dan huawei tetap di beri nama sebagai tablet meskipun samsung memilih sistem operasi Android untuk menjalankan tabletnya sedangkan huawei menjalankan sistem operasi Harmony.

Sementara Apple juga membedakan lini smartphone dan laptopnya, alih dinamakan handphone dan laptop, smartphone dan laptop buatan Apple di namai iPhone dan Macbook. Itu adalah kekuatan branding yang membedakan perusahaan pembuatnya. Kita tidak akan membahas hal tersebut lebih jauh.

Sekarang mari kita hanya membahas iPad dan Tablet selain keduanya sebenarnya adalah sama sama tablet terdapat perbedaan yang sangat mencolok di sisi pengalaman pengguna.

1. Nama perangkat

Tablet tablet Android di beri nama asli: TABLET. Sedangkan Tablet tablet besutan Apple lebih terkenal dengan nama: iPad. Pada hakikatnya keduanya adalah sama sama tablet. Perbedaan nama adalah semata mata karena Apple berhasil mengangkat nama mereka yang sangat branded dan ikonik: Apple, iPhone, iPad, Macbook, iMac dll.

Sedangkan tablet Android itu terdiri dari banyak vendor dan pabrikan  mereka semua terkenal dengan sebutan Tablet, smarthone dst.

2. Dapur pacu

Disini perbedaan yang sangat terasa melukai pengalaman pengguna, dimana Saya menganggap Apple dengan lini iPadnya menang telak terhadap tablet tablet Android. Apple membedakan dapur pacu atau chipset iPhone yang menggunakan A 15 bionic (yang kira kira setara dengan snapdragonnya Android) dengan dapur pacunya Tablet (baca ipad) yakni menggunakan M1 yang kinerjanya setara dengan laptop mereka (baca: Macbook) karena M1 juga dijadikan dapur pacunya Macbook dan diakui memiliki perfoma yang mengalahkan chipset PC intel dalam hal kecepatan dan manajemen daya.

Sementara secanggih canggihnya perangkat keras tablet Android paling paling hanya menggunakan chipsetnya ponsel flagship Android, artinya chipset Tablet Samsung tab s7 plus adalah: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+) sama dengan chipsetnya hape S20 yakni: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G (7 nm+) masih kalah dengan hape samsung galaxy s21. Sedih bukan? 

Dari sini saya selalu membayangkan sebuah tablet Android itu hanyalah versi smarthone bongsor, hape gede dan pernah menjadi sebuah tablet yang sejati seperti layaknya sebuah iPad. 

Mau buktinya? Silahkan edit video dan gunakan layer sebanyak banyaknya, tablet Android yang menggunakan aplikasi Kinemaster terbirit birit melakukan rendering. Akan tetapi dengan entengnya sebuah iPad pro merender jumlah lapisan editing video dengan jumlah layer yang jauh lebih banyak. 

Saya menyebutnya begini, kinerja tablet Android adalah kinerja sebuah hape, sedangkan kinerja atau performa sebuah iPad pro bisa memberikan pengalaman hape sekaligus setara performanya dengan sebuah laptop! Jadi jika soal perfoma dan terkait pengalaman pengguna Anda membeli tablet Android yang sama mahalnya dengan iPad pro, maka tablet Android benar benar tidak worthed.

3. Sistem Operasi

Tablet Android menggunakan sistem operasi yang sama dengan sistem operasi hape mereka atau dengan kata lain lini tablet dan lini hapnya berkongsi sistem operasi. Sehingga pengalaman pengguna kebanyakan tablet Android adalah pengalaman menggunakan hape Android. Sekali lagi hanya untuk membuktikan bahwa sebuah tablet Android tidak lain hanyalah sebuah hape Android yang bongsor dan obesitas. Entah mengapa mereka masih membiarkan 'cacat' itu.

Sementara sebuah iPad tidak menggunakan sistem operasi iPhone yang bernama iOS. iPad kini memiliki sistem operasi mereka sendiri yakni iPadOS yang lebih pas menjembatani lini smartphone ke lini macbook. Performa dan user interfacenya benar benar berbeda dengan iPhone, iPadOs membuat sebuah iPad benar benar menjadi sebuah tablet yang sesungguhnya alih alih hanya bernasib sama dengan tablet tablet Android yang tampak 'ugly' disisi dan tidak pernah menjadi tablet yang sejati.

Disisi ini iPad lagi lagi menang telak terhadap tablet Android

4. Kesimpulan.

Saya memiliki tablet samsung tab s7 plus, huawei matepad 11 dan iPad pro 2021. Ketiganya adalah produk tahun 2021. Saya menempatkan prioritas penggunaan pada iPad, kemudian huawei dengan harmonyOS, barulah kemudian samsung karena sistem operasinya tadi. 

Dalam hal membuat perangkat keras samsung bukanlah pemain kemaren sore, akan tetapi keterbatasan sistem oeprasi dan keterbatasan jenis chipset atau dapur pacu membuat saya merasa menyesal membeli sebuah tablet dengan chipset ponsel dan sistem operasi yang sama. 

Saya juga tidak terlalu terkesan dengan ONE UI sebagai usaha samsung untuk memberikan pengalaman berbeda menggunakan Andrid pada perangkat buatan mereka karena ternyata terbukti memberikan andil dalam memboroskan daya. Itu bahkan tidak setara dengan UI Harmony buatan huawei.

Malangnya bagi kita yang membeli tablet Android, jika pilihannya adalah tablet entry level, maka pembahasan ini jadi tidak berguna karena entry level Android memang bukanlah tandingan head to head untuk sebuah iPad yang premium.

Untuk lini tablet Android, tidak ada cara yang membedakannya dengan hape Android lain kecuali hanya bentang layarnya yang besar dan bongor itu. Kecuali mungkin nanti jika samsung dan vendor tablet lainnya bisa pindah dari Android ke sistem operasi Fuchsia...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: