Benar gak sih tool parameter domain authority itu sakti untuk blogger?

Sakti untuk apa dulu?

Jangan salah kaprah itu hanya tool parameter untuk melihat seberapa jauh pencapaian performa halaman web dan bagaimana mengatasi halaman yang 'minus' lalu kita sendirilah yang berusaha meningkatkan performa halaman blog kita, ia hanya parameter dan yang perlu dipertanyakan seberapa akuratkah dan seberapa bergunakah dia?

Tentu saja berguna tapi seberapa penting? Saya tidak bisa menjawabnya tergantung cara kita memandang dan memanfaatkannya. Kalau untuk blog saya yang nothing to loose, ia samasekali tidak penting. Tapi bagi yang mau pamerin performa blog berdasarkan matriks buatan ahli pihak ketiga, tentu saja penting ia bisa di jadikan parameter oleh klien yang ingin mememberikan proyek, benar bukan? Walau tidak musti demikian juga kiranya.

Sebenarnya saya sudah lama kurang sreg sama tool pengukur ini. Pakar pakar pemilik website besar saja pada skeptis dan menggunakannya hanya sebagai modus cari pasar. Paling tidak akhirnya brand brand perankingan seperti majestic, MOZ dan Alexa telah melakukan yang terbaik untuk mengukur kesehatan sebuah laman web.

Sebabnya saya kurang sreg adalah begini: Waktu itu saya lebih banyak spam dengan domain editblogtema.NET. Domain authority saya sempat melejet hingga ke level 32, tapi skor spamnya itu adalah 11% alias merah he he he...Ranking alexa sudah mencapai level 400, lalu karena perubahan admin editblogtema.NET di tangani Anissa maka kami hapus domain tersebut dan di awal tahun 2020 lalu dan kami ganti dengan domain editblogtema.COM. Semua seolah terhitung baru dan dari awal kembali DA turun drastis ke level 7. Ranking Alexa turun 1,1 juta. Tapi skor spam juga menurun drastis menjadi hanya 1%. 

Apakah itu penting? Tidak juga tapi kami hanya ingin melakukakannya. Dan selang 7-8 bulan skor DA dan PA kembali merangkak naik, soalnya konten kontennya masih konten domain lama.

Berikut hasil kenaikannya, lumayan juga ya he he he...
ranking halaman blog menurut moz dan alexa

Link untuk check adalah sebagai berikut, copy saja dan pasterkan ke bar alamat di browser ya: https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/

Cara nya tinggal kalian masukan URL halaman blog kalian ke dalam form yang tersedia centang kolom "saya bukan robot" seperti contoh gambar berikut:

memeriksa DA dan PA halaman blog atau web

Lumayan bukan, dari DA 7 meningkat drastis ke 17, PA dari 9 meningkat ke 27, skor spam dari 11% berkurang drastis menjadi 1% ranking alexa dari 1,5 juta naik menjadi 869,845 dan melalui pengukuran ini kami jadi banyak belajar.

Skor authority semrush adalah 28 dan ini hanya perbedaan parameter tolok ukur menurut tool mereka masing masing yang berbeda.

Pelajaran Pertama domain sebelumnya mengandung banyak backlink spam yang mampu meningkatkan DA hingga 30 ke atas bahkan saya yakin bisa menjadi 60 kalau saya rela skor spam pada waktu itu jadi 17% artinya nilai DA yang tinggi ternyata sangatlah 'absurd'.

Pelajaran kedua setelah ganti domain kami akhirnya menyiasatinya dengan menghubungkan channel Youtube ke halaman blog ini dan wusss! Karena beberapa konten video yang telah mendapatkan viewing hingga ratusan ribu, halaman blog ikut terangkat berkat memasang beberapa link ke deskripsi Youtube DA dan PA meningkat drastis sementara backlink yang kami dapatkan bersih, berkualitas, dan murni.

Kesimpulan kami

Tapi harus di ingat, semakin banyak pakar dan pengguna jasa halaman web yang telah  menyadari bahwa Semrush dan MOZ bukanlah parameter Google, dan tool mereka juga banyak keliru kok karena mereka juga harus mengikuti standar algoritma Google yang semakin gencar berubah. Saya kasih contoh salah satu tool paramater online yang saya pergunakan sudah sangat keteteran dan tidak logis lagi gak usah di sebut nama ya...

Di dalam tool tersebut masih ada tolok ukur H1, tag, dan lagian mereka mendeteksi bahasa bahasa dan cara penulisan pemrograman lama. Karuan hasil skor yang mereka hasilkan menurut saya sangat menggelikan, dalam beberapa hal terkadang MOZ dan Semrush melakukan hal yang sama. Intinya setinggi apapun terlihat ranking DA dan PA suatu halaman belum tentu sesuai dengan perankingan rahasia dapurnya Google. Saya pernah punya kesempatan bertanya pada expert Google di forum begini:

"John, ranking domain authority blog saya adalah 7 di MOZ dan 9 di semrush ini link nya"

2 hari kemudian saya mendapat jawaban:
"It just a parameter, ignore it! Just focus to your page, stay to contents priority"

Cara terbaik untuk membuktikannya adalah dengan memasukan nama nama domain terkenal dan sudah memiliki penghasilan tinggi dengan domain domain 'biasa-biasa' atau bahkan domain buruk. Saya mendapatkan hal aneh berikut:

Domain Mas Sugeng.ID, Kompi Ajaib, kang Ismet bisa lebih rendah DA nya daripada domain dengan skor spam tinggi. Dan karena saya tipe orang dengan keinginan tahuan yang gila saya akan mempelajari rootnya hingga ke sumber kode masing masing pemilik domain. Sampai saya terkejut ternyata praktik jual beli backlink di catat di domain root dengan sangat jelas, ia terdeteksi sebagai 'unknown source' jika kita telusuri kita akan menemukan bagaimana backlink itu terjadi.

Sedangkan blog blog milik Mas Sugeng, Kang Ismet, dan Kompi Ajaib benar benar memiliki backlink 'pure' alias bersih, meskipin DA dan PA nya biasa biasa saja alias rendah.

Nah lo...

Jadi kesimpulan kami yang paling penting adalah: Blogging dan vlogging apa adanya saja deh, cara konvensional yang penting hasilnya berkesinambungan dan tidak terkesan instan lalu hilang dengan mudah. Jadilah diri sendiri apa adanya jangan takut tampil karena diri kalian itu unik, beda dan menarik.

Dan tentu saja untuk menjadi cuan sebuah blog atau channel vlog harus di konversikan ke dalam bentuk bisnis kayak model Anissa punya barang barang buat di jual online, punya usaha minuman dan makanan (kuliner) dengan demikian barulah kita benar benar akan memiliki penghasilan dan pemasukan dalam bentuk uang secara nyata. Oh ya mau tahu salah satu bisnis Anissa (sekalian promo deh) Ini dia salah satunya yang sedang di kembangkan:


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share: