Keuntungan menjadi content creator video Youtube mobile menggunakan smartphone

Kelebihan dan kekurangan membuat konten video Youtube via Hape.
JANGAN MAU KALAH DENGAN YOUTUBER STUDIO, BEGINI CARA VLOGGING DI YOUTUBE HANYA MENGGUNAKAN SMARTPHONE ATAU HAPE NAMUN HASILNYA PROFESSIONAL DAN KEREN.
Mau tahu keuntungan jadi Youtuber pemula walau hanya menggunakan smartphone? Begini:
  1. Saya adalah Produser
  2. Saya adalah sustradara
  3. Saya adalah kameraman
  4. Saya adalah kru 
  5. Saya adalah penata dan layout
  6. Saya adalah aktor
  7. Saya adalah editor
  8. Saya adalah adalah publisher
  9. Saya adalah pemilik Channel Youtube
Sedikit banyaknya itu mirip dengan dunia filem, dunia perteivisian. Dan lalu anggap saja hal itu sebagai permulaan, dan seiring waktu kita akan banyak belajar dari beberapa hal seperti triks proses pembuatan video akan datang sendiri secara otodidak.

Kalau kita bukan pemula hal di atas tidak akan saya ceritakan disini karena mereka yang sudah senior itu sudah punya kru yang terdiri dari:
  1. Kameraman
  2. Editor konten video
  3. Layout
  4. Studio
Jangan iri sama orang sukses karena kita juga akan sukses, jangan iri sama orang kaya karena kita juga akan kaya he he he...

Nah sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan vlogging Youtube menggunakan perangkat mobile ini

Cara membuat konten video menggunakan perangkat mobile atau smartphone: 

Shooting
  1. Letakan kamera belakang hape atau smartphone ke arah tempat kalian berada, atur jarak. Gunakan tripod lalu paskan antara bagian atas kepala kalian dengan bagian bawah atur sesuai keinginan. Yang penting utamakan bagian kepala.
  2. Atur penerangan ke arah wajah, lebih bagus jika memiliki beberapa buah penerangan di depan, atas dan samping wajah.
  3. Sambungkan mikrofon apakah microfon clipon atau mikrofon kondenser biasa melalui kabel atau kalau punya yang pakai bluetooth lebih baik ya kan (tapi niat amat, mending sekalian buat studio he he he)
  4. Gunakan dinding polos atau di lapis kain warna hijau, biar nanti mudah di edit latar videonya.
  5. Duduk meghadap kamera hape pastikan microfon sudah tersambung atau terhubung, lalu bicaralah jika dirasa sulit gunakan catatan atau hape lain untuk membacakannya dan sesekali lihat ke arah kamera.
Mengedit video:
  1. Pasang aplikasi editor video di hape, saya menggunakan kinemaster dan Power Director, mau tahu alasannya? Karena hanya kedua aplikasi editor video mobile itulah yang paling lengkap dan ada tool chromakey nya ya buat menghilangkan latar warna hijau lalu menggantinya dengan latar video seenak jidat kita he he he...biar tampak professional dan tidak kalah sama youtuber yang punya studio mahal, bro..
  2. Setelah pasang ya edit saja video menggunakan salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan tadi. Kalau belum mahir cari tutorialnya di web atau di Youtube.
  3. Publikasikan video dengan mengisi setiap form yang harus di isi dari judul, deskripsi, tag dst...
  4. Periksa lagi hasil editan, jangan sampai kecolongan ya.Setelah itu baru publikasikan

Jadi prosesnya hanya rekam, edit dan publikasikan!

Sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihannya:

Bisa dengan cepat di bawa bawa kemana mana. Di hape secara bawaan sudah tersedia kamera, perekam suara, dan kamera.

Pokoknya vlogging via hape sangat praktis. Mobilitasnya tinggi dan beayanya murah. Praktis karena dengan mudah dapat capture konten yang berasal dari kehidupan sehari, sangat mobile karena hanya berada di dalam genggaman tangan, sangat mudah karena tidak perlu peralatan studio berat dan besar.

Saya termasuk konten creator hape dan tablet, makanya kualitas video yang saya upoad dapat di ukur. Tapi saya suka karena saya dapat memasang beberapa editor video bagus sekaligus bahkan menurut saya tidak kalah dalam mengakomodir keperluan saya layaknya jika saya menggunakan editor melalui PC.

Beruntungnya lagi editor video dapat memanipulasi latar tempat saya ngonten seolah saya punya studio tanpa batas ya itu tadi karena saya memasang editor video Power Director dan Kinemaster yang memiliki tool dan fungsi chromakey atau kunci kroma.

Apa itu kunci kroma? Jadi setiap kali saya but konten yang ada narasinya saya duduk membelakangi dinding, di dinding saya pasang layar berwarna hijau atau biru, nanti layar itu saya hilangkan melalui editor video hape dan menggantinya dengan latar yang keren keren. Sama saja pada saat saya edit video melalui macbook menggunakan adobe premiere namun dalam versi yang lebih sederhana.

Kelemahannya

Kelemahannya pertamanya adalah: Kualitas video dan kualitas audionya standar, belum lagi pada saat rekam video ada yang manggil atau chat melalui WA. Pokoknya mengganggu sekali. Kalau hape di matikan takut orang tua yang nelpon dan kita tidak menjawab bagaimana?

Kelemahan keduanya adalah editing video walaupun menggunakan aplikasi mobile kalau layer editing terlalu banyak renderingnya berat dan lama. Tidak seperti di laptop seberapa banyak layer video ngeditnya waktu rendering terasa lebih enteng.

Kesimpulan dan Pendapat saya:

Vlogging konten video melalui hape sangat disarankan buat pemula. Ia memberikan begitu banyak kepraktisan. Saya yakin ke depannya akan semakin mudah dilakukan ketika teknologi hape semakin memberikan kemudahan baik dalam peningkatan perangkat kerasnya maupun kemudahan dalam pengeditan video yang menjadi lebih tajam, berkualitas dan lebih real.

Akan tetapi setiap kemudahan akan mendatangkan kelipatan jumlah orang vlogging dan menambah dan mengurangi margin pendapatan. Jika sudah demikian maka sudah masanya beralih ke peralatan studio yang lebih lengkap untuk membuat konten. Tapi tentunya setelah tersedia budget untuk membeli peralatan seperti kamera, penerangan dan fasilitas ruangan studio tadi.

Maka berbahagialah kalian yang menjadi sukses, punya studio, punya kru.  Saksikan video berikut:


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

4 komentar

  1. Disamping itu yang tak kalah penting adalah idenya ya guys, kita perlu membuat ide2 menarik agar penonton tertarik.

    Ide yg saat ini lagi trend seperti misalnya ngasi orang miskin duit terus rekam deh wkwk
    1. Gak usah ikutan mainstreamlah he he he....bikin video prank pocong juga cuannya gede, di bantu sama roh nyai kuntilinem.

      Biarlah agak lama, yang penting jadi diri sendiri sajalah
  2. betul kak, dimulai dari bawah terus melejit meroket menghilang ditelan asa 😥 mengatasi adsen youtube ditutup gmn ya kak
    wkwkw rohnya ikutan andil peran
    1. 'Mengajukan permohonan ulang akun yang telah di dismonetisi memang sedikit rumit. Akan tetapi sebenarnya sangat sederhana jika kita mau bersikap dan melakukan hal hal berikut:

      1. Mengajukan banding, banyak artikel tentang itu di pencarian gugel, tapi ingat tergantung seberapa besar 'pelanggaran' yang telah kita lakukan. Jangan tergoda jasa yang menawarkan pengembalian 'monetisi' berjuanglah. Kadang prosesnya sangat lama tergantung Gugel sih, disana yang mengambil keputusan akhir itu kan manusia juga.

      2. Jika Pelanggaran parah lebih baik buat akun dan halaman blog/channel Youtube baru migrasikan beberapa artikel ke blog baru, untuk Youtube kita tidak bisa mengupload ulang karena akan terdeteksi sebagai pelanggaran. Dan video yang pernah di upload kemudian di upload ulang biasanya tidak akan di monetisi, ingat hanya video tersebut. Konten video baru yang memenuhi syarat (setelah di tonton 100x) akan mendapatkan tayangan iklan.

      3. Jangan berkecil hati dalam memulai suatu hal dari awal lagi dan menjadikan kesalahan lama sebagai pelajaran mahal namun sangat berharga.

      Semoga bermanfaat!
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain