3 ALASAN SAMSUNG TAB S8 ADALAH TABLET ANDROID SEJATI DI TAHUN 2022, YANG LAIN KACANG

3 alasan mengapa harus pilih tab s8 di tahun 2022

Setiap smartphone dan tablet tentu saja akan berbeda setiap tahun produksinya daripada tahun sebelumnya. Terutama yang paling menarik perhatian tentu saja yang berada di kelas flagshipnya. Misalnya Smartphone samsung galaxy s22 pasti datang membawa beberapa peningkatan baik mesin maupun fitur perangkat lunaknya jika di banding dengan samsung galaxy s21 di tahun 2021 yang lalu.

Nah pada lini tablet yang kini banyak menarik perhatian pengguna PC adalah fungsinya yang dapat menjadi pengganti laptop atau paling tidak sebagai alternatif pengganti PC. Jika tahun 2021 lalu samsung telah memproduksi Galaxy tab s7 maka tahun 2022 ini samsung telah memasarkan tablet terbarunya yakni tab s8. Mari kita bahas perbedaannya:

1. Sepesifikasi mesin

Kita bisa menyebutnya sebagai chipset atau dapur pacu yang dipergunakan oleh tablet ini berbeda dengan sebelumnya dan otomatis meningkatkan kinerja yang lebih cepat dan lebih mulus. Jika tab s7 menggunakan chipset snapdragon 865 dengan arsitektur 7NM, maka tab s8 telah menggunakan snapdragon 8 Gen1 dengan arsitektur 4NM. 

Bukan hanya meningkat dari sisi kekuatan, kecepatan dan performanya, arsitektur 4NM juga di klaim sangat hemat daya battery. Dalam hal ini s8 lebih bisa dan di anggap lebih worthed untuk menyaingi lini tabletnya Apple yang bernama iPad pro. 

Namun tentu saja iPad tampak masih lebih unggul disisi dapur pacu ini karena mereka menggunakan chipset M1 buatan Apple yang kelasnya memang kelas PC. Paling tidak sebagai permulaan di tahun 2022 ini tablet Samsung telah meningkat lebih jauh di segi performa mesin.

2. Sistem operasi dan User Interface

Tidak seperti sebelumnya sistem operasi Android pada tablet terasa membuat sebuah tablet hanya  menjadi sebuah smartphone besar, kali ini user interface buatan samsung yakni ONE UI versi 4.1 telah di desain untuk meningkatkan pengalaman pengguna baik ketika mereka menggunakan tablet maupun ketika mereka menggunakan smartphone.

Saya merasa dalam hal ini sistem operasi Android telah memiliki sentuhan dan antarmuka yang dapat menyaingi iPadOS 

Tab s8 juga sudah pre-instal dengan Android 12, dan itu belum cukup ia juga menggunakan DEX yang telah disempurnakan dan dapat membuat tablet menjadi laptop.

ONE UI 4.1 memang terasa lebih bagus karena ia memungkinkan pekerjaan multitasking menjadi lebih smooth dan nyaman di layar tablet. Perlu di ingat baik DEX maupun ONE UI adalah buatan samsung bukan buatan Google, sehingga ia memang di buat untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan untuk membuat sebuah smartphone android tetap terasa sebagai smartphone, dan membuat tablet android menjadi sebuah tablet yang sejati.

3. Kerjasama dengan Lumafusion

Ini bagi saya sebagai pengguna aplikasi editor video baik di PC, tablet dan di smartphone menginginkan sebuah apliakasi editor video yang powerful dan di antara beberapa aplikasi editor video yang telah tersedia di Galaxy Store dan Play store lumafusion mungkin akan menjadi yang terbaik jika ia kelak bisa bekerja dengan optimal pada perangkat Android.

Samsung berhasil mengajak lumafusion agar tersedia di Galaxy Store. Perlu di ketahui pada tablet tablet buatan samsung terdapat dua store aplikasi, yakni:
  • Galaxy Store milik samsung yang ketersediaan aplikasinya juga sudah sangat banyak
  • Play Store milik Android Google yang ketersediaan aplikasinya sangat banyak
Namun Lumafusion akan hadir terlebih dahulu di Galaxy store baru kemudian akan menyusul hadir di Play Store. Jadi jangan harap tablet tablet pabrikan lain seperti Nokia, Oppo, Xiomi, dll dapat mencicipi lumafusion sebelum ia hadir di play store.

Sebaliknya tablet tablet samsung terutama yang flagship akan mencicipinya terlebih dahulu. 

Lumafusion ini adalah aplikasi premium yang tadinya hanya tersedia di perangkat mobile buatan Apple yakni iPad dan iPhone dan bekerja sangat optimal pada perangkat iPad pro. Lumafusion di anggap dapat menjadi alternatif paling baik untuk menggantikan aplikasi editor video yang biasanya berjalan di PC seperti Adobe Premiere. Karuan kedatangan aplikasi ini menhadi hal hal yang di nanti nantikan kehadirannya di perangkat android oleh para pembuat konten video.

Alasan mengapa baru sekarang di tahun 2022 Lumafusion bisa berjalan di Android, menurut pengakuan pengembangnya beberapa tahun yang lalu adalah terhalang oleh hal teknis, salah satunya perangkat Android tidak memenuhi standar atau requirment mesin yang dapat menjalankannya. Sementara perangkat Apple sudah menjalankannya semenjak bertahun tahun yang lalu. 

Penting performa mesin yang kuat misal kartu grafis yang kuat agar video mudah di render. Mungkin beberapa perangkat Android menengah masih dapat menjalankan lumafusion namun dengan banyak fitur yang di pangkas.

Sekali lagi samsung akan membuktikan bahwa di antara tablet tablet Android yang telah ada, tab s8 adalah tablet android pertama yang benar benar menjadi pesaing terdekat iPad dan yang paling berbahaya bagi kompetitornya tersebut.

kesimpulan:

Tentu saja banyak peningkatan yang tidak saya sebutkan disini, misalnya S-pen tab s8 telah mengalami peningkatan sehingga mengurangi latenis pada saat mencoret di layar. Kualitas kamera belakang dan depan, hingga GPU yang dapat merender grafis jauh lebih kencang.

Bagi Anda yang sudah memiliki tab s7 meskipun dapur pacunya di bawah tab s8 namun tablet Anda masih bisa ditingkatkan sistem Androidnya ke Android 12 dan mengupgrade ONE UI 3.1 ke ONE UI 4.0. Atau menukarnya dengan tab s8 melalui program samsung yakni program 'Tukar Tambah'

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Bocorin dong ini harganya berapaan mas? hahaha pengen banget ganti tab

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak