Sukses dengan tablet galaxy S8, mengapa samsung malah di tinggalkan qualcomm?

samsung tab s8 dan snapdragon 8 GEN1

Samsung galaxy tab s8 ultra adalah sebuah tablet yang cukup menggemparkan jagat teknologi gagdet di tahun 2022 ini. Tertutama lini tablet. Bagaimana tidak, dengan mengabaikan beberapa peningkatan fitur lainnya ada 3 hal yang menarik perhatian:
  1. Pertama: Tab s8 Ultra adalah tablet dengan ukuran paling besar di tahun 2022 yakni dengan bentang layar 14,6 inci yang mengalahkan banyak sekali ukuran lebar layar laptop laptop standar. Ukuran ini sedikit banyaknya akan merampas minat banyak pencinta gagdet terhadap laptop pada beberapa alasan tertentu dan beralih ke tablet yang bisa di fungsikan sebagai laptop tersebut. Bahkan menarik bagi pengguna iPad untuk beralih ke tablet Android buatan samsung.
  2. Kedua: Tab s8 adalah tablet pertama yang di tenagai dengan SoC, atau chipset atau dapur pacu terbaru buatan qualcomm yakni snapdragon 8 GEN 1 yang memiliki kinerja paling mendekati mesin PC di kelas mobile.
  3. Ketiga: Tab s8 adalah tablet pertama yang akan menjalankan software editing video mobile sekelas PC yakni Lumafuison yang selama ini hanya berjalan maksimal di iPad pro tablet buatan Apple.
Khusus untuk SoC snapdragon GEN1 samsunglah yang dipercayakan oleh snapdragon sebagai pabrikan pembesutnya. Namun sebuah situs Korea, Thelec, 22 Februari 2022, melaporkan bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Korea Selatan itu telah kehilangan bisnis untuk memproduksi chip seri Snapdragon Qualcomm.

APA PENYEBABNYA?

Kekurangan chip global memberikan tekanan besar pada pembuat chip. Dan sebagai salah satu produsen pembuat chipset dunia, samsung kini mulai merasakan akibat buruknya. Karena jika mereka tidak dapat memenuhi persyaratan pasokan klien karena masalah dengan hasil atau teknologi, pesanan akan dikirim ke tempat lain. Itulah yang sekarang diputuskan oleh Qualcomm pencipta SoC mobile snapdragon.

Menurut laporan yang dikutip Gizmochina, Samsung menghadapi masalah besar dengan produksi chip Snapdragon karena hanya berhasil memproduksi chip Snapdragon 8 Gen 1 adalah sekitar 35 persen. Artinya, dari 100 chip yang diproduksi, hanya 35% chip yang cukup baik untuk digunakan oleh produsen ponsel. Sedangkan sisanya lebih banyak cacatnya.

Dan kali ini mengutip laporan baru dari Korea Selatan mengklaim bahwa Qualcomm telah memutuskan untuk mengalihkan produksinya ke TSMC untuk membuat semua prosesor 3nm generasi berikutnya, bukan lagi Samsung. 

Sesuai dengan laporan di atas penyebabnya adalah tingkat hasil untuk chip 4nm dari TSMC adalah sekitar 70%, dua kali lipat dari apa yang dapat di produksi oleh Samsung.

Sebenarnya bukan hanya kali ini qualcomm mempercayakan produksi chipsetnya ke perusahaan asal Taiwan yang bernama TSMC ini sebelum berbisnis dengan Samsung Kini bisnis Qualcomm dan TSMC sedang dalam pembicaraan. 

Lebih buruknya lagi bersama dengan Qualcomm, NVIDIA juga pindah dari Samsung ke TSMC untuk chip grafis 7nm, yang semula direncanakan akan diproduksi Samsung.

Ada laporan tentang rencana Qualcomm meluncurkan versi “Plus” dari chipset Snapdragon 8 Gen 1 lebih awal dari biasanya, sekitar kuartal kedua, dan chipset baru ini akan diproduksi oleh TSMC dan bukan Samsung.

Samsung jatuh dengan keluarnya dua klien bisnis penting sedangkan TMC seolah sedang mendapatkan durian runtuh.

Kini samsung sedang melakukan investigasi terhadap kinerja buruk lini produksi otaknya smartphone kelas flagship: chipset snapdragon. Di sebutkan telah terjadi laporan yang di manipulasi yang menyebabkan bahwa selama ini produksi chipset snapdragon 8 GEN 4NM sedang dalam keadaan baik baik saja. Lebih jauh laporan tersebut menyatakan bahwa 'kecurangan' ini justeru dilakukan oleh jajaran karyawan orang dalam samsung sendiri.

Mengapa Samsung tidak menggunakan chipsetnya sendiri saja?


Samsung selama ini memang sedang mengembangkan chipset buatan mereka sendiri Exynos, bahkan terakhir bekerja sama dengan NVIDIA untuk meningkatkan kinerjanya tapi sampai sejauh dalam pengembangannya chipset ini gagal menandingi performa snapdragon 8 GEN1. 

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Cukup berat pembahasannya ini mengenai produksi dan bisnis, salut sama Sasa yg mampu menulis ini, Sasa gitu lho Gen-Z 🤣

    Mungkin sengaja kali bikin chip cacat biar ditinggalkan qualcomm, ibaratnya ngusir qualcomm secara halus biar samsung bisa fokus ke exynos, xixi nyambung gak komen gue Nis 🤣🤣

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak