APAKAH LUMAFUSION BISA OPTIMAL DI SEMUA TABLET ANDROID? BEGINI FAKTANYA!

apakah lumafusion hanya optimal di tab s8?

Awalnya saya sempat bertanya tanya mengapa tablet flagshipnya Android selalu kalah jauh performanya, user experience nya, dan User Interfacenya dengan sebuah iPad pro. Saya sempat menyalahkan samsung dan Google kerena jujur siapa pembuat tablet Android paling kencang di dunia kalau bukan samsung? Vendor Android lain mengekor!

1. SAMSUNG DEX DAN ONE UI

Terakhir setelah menelusuri historynya di internet, samsunglah, dan bukan Google yang benar benar memiliki andil membesarkan tablet Android. Karena Google memang tampak kekurangan minat meskipun di seberang sana iPad sedang bersinar menguasai pangsa pasar dengan brandingnya yang semakin bersinar: Apple.

Samsunglah yang membuat mesin canggih tablet, dan ketika antar muka sebuh tablet Android begitu membosankan, Samsunglah yang telah membuat ONE UI berbasis Android sehingga membuat tampilan tablet menjadi optimal dan dapat menyaingi laptop.

Tidak cukup sampai disitu samsung juga memperkenalkan DEX yang membuat antar muka tablet berubah menjadi dekstop dengan berbagai tampilan dan fitur yang sangat berguna untuk keperluan berproduktifitas melalui sebuah tablet.

Lebih jauh, samsung memasangkan layar amoled, mesin dan dapur pacu dengan chipset terbaru. Sehingga berkat samsung tablet Android masih bisa eksis dalam pusaran persaingan dengan iPad. 

Dan pada tahun 2022 ini samsung membuat sebuah tablet galaxy s8 ultra yang cukup mengagetkan para pengguna dan membuat Apple terganggu, yakni spek dan ukurannya yang di luar kelaziman dimana dimensi ukuran layarnya yang 14,6 inci bisa mengalahkan layar laptop. Jauh di atas ukuran iPad yang 12,9 inci.

2. Lumafusion

Dan gebrakan lain yang membuat tablet Android naik ke level berikutnya adalah, samsung berhasil membawa aplikasi premium kelas iPad ke tablet flagship Android yakni editor video Lumafusion. Editor ini menurut banyak kalangan terutama para konten kreator video jauh lebih baik daripada kine master dan Power director yang telah ada di Android. Lumafusion ini pula ketika berada di iPad harganya jauh lebih murah daripada Kinemaster yang nota bene lebih rendah kelasnya.

pertanyaannya mengapa kita harus menunggu lumafusion? Saya pribadi sebagai pengguna tablet Android dan iPad pro memiliki alasan khusus:
  1. Lumafusion adalah editor video mobile sekelas PC, paling bisa menggantikan adobe premiere ketika berjalan di iPad pro.
  2. Harga Lumafusion bisa sekali beli di iPad dengan harga relatif sangat terjangkau, sementara editor video mobile biasa biasa saja harus membayar seumur hidup, alias berlanggaan, ini sangat menguras uang pengguna, apalagi dengan kualitas editor yang pas pasan saja.
Jujur saya tidak tahu apakah ketika lumafusion berjalan di android bisa memenuhi harapan saya, misalnya dapat berjalan optimal layaknya ia berjalan pada iPad pro dan juga cara belinya tidak akan berubah?


3. Lumafusion: tidak dapat bekerja di semua kelas perangkat Android

Alasan mengapa selama ini lumafusion hanya bisa berjalan di iPad dan tidak berjalan di perangkat Android adalah karena tablet tablet Android memiliki kelas kelas tertentu, yang sebagian besarnya tidak memiliki speks mesin yang memadai, terutama di kelas menengah san entry levelnya yang sudah pasti tidak sekuat mesin iPad pro yang setara dengan mesin laptop yakni M1.


Sekarang Tab s8 telah menggunakan snapdragon 8 GEN1 sebagai dapur pacunya, namun ia berada di kelas flagship. Jadi pengguna Android bukan flagship dengan perangkat kelas menengah hingga entry level mungkin tidak dapat menjalankan lumafusion, atau bisa menjalankannya namun tidak dapat berjalan optimal atau fitur fiturnya terpaksa di pangkas.

Hal ini pernah di singgung oleh pihak pengembang lumafusion pada tahun 2019, bahwa mereka dengan senang hati akan membawa lumafusin ke perangkat Android, namun mereka terganjal oleh isu teknis dimana speks dan performa mesin android yang tidak memadai.

Dan kini dengan adanya perangkat samsung tab s8 hal tersebut tampaknya - paling tidak buat pengguna perangkat tablet android premium -  sudah teratasi. Hal inilah yang lebih mengukuhkan bahwa Samsunglah dan bukannya Google yang telah membesarkan lini tablet Android di dunia.

4. Tersedia di Play store atau Galaxy Store?

Pengguna hape dan tablet Samsung Android harus tahu bahwa di perangkat mereka terdapat dua store aplikasi, yakni Play Store milik Google dan Galaxy Store milik samsung. Kedua store ini memiliki jumlah aplikasi yang sangat banyak jumlahnya. 

Nah kemungkinan besar untuk pertamakalinya Lumafusion akan tersedia di Galaxy store milik samsung terlebih dahulu baru kemudian akan tersedia di Play Store. Jadi nantinya perangkat tablet besutan pabrikan Android lain kemungkinan tidak bisa mendownload Lumafusion sebelum ia tersedia di Play Store meskipun speks tablet mereka sudah memenuhi syarat untuk menjalankan aplikasi editor video canggih tersebut.

Note: Artikel ini di tulis tahun 2022 yang lalu, kini samsung telah menjual tablet samsung tab s9 flagship yang lebih powerful, namun disisi dapur pacu tetap saja bukan tandingan iPad pro M1 dan M2.
Dan kenyataannya setelah setahun berlalu, lumafusion masih hanya optimal ketika berjalan di tablet android kelas atas (flagship).

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. wah jadi ingin tahu sensasinya pakai tablet
    kemarin saya pakai kinemaster dan kini saya paki capcut

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak