CARA MEMBUAT TAB S9 FE MENJADI MESIN MONSTER EDITING VIDEO

tab s9 FE & samsung smartphones

Samsung telah merilis jajaran tablet galaxy premium terbarunya dengan spek yang mengagumkan. Tablet ini sangat menyita perhatian pencinta gadget di seluruh dunia sehingga membuat samsung merilis versi murahnya yang menyasar pada segmen kelas menengah. Namun kelas menengah yang premium. 

Ya itulah dia galaxy tab s9 FE. Walau murah dan beberapa hal telah dipangkas,  namun ia masih membawa fitur fitur turunan yang premium, persis seperti versi premiumnya.

Sebagai pengguna gadget android di samping menggunakan produk Apple, saya saya memang lebih banyak menggunakan produk samsung, alasannya karena saya sudah terbiasa, brandingnya yang menjamin purna jual yang cukup tinggi, lalu environmentalnya, yang dapat terkoneksi dengan sangat baik dari satu perangkat ke perangkat lain dengan menakjubkan. Juga kualitasnya yang sejalan dengan nama besar brandingnya.

Maka disini saya menggunakan tab s9 FE versi 5G, dan hapenya saya pergunakan samsung A5 5G. Dalam hal dapur pacu kedua perangkat ini setara. Sama sama dijalankan oleh mesin chipset yang sama, yakni, exynos 1380 5NM. 

QUICKSHARE

Ketika saya mencoba mentransfer video ukuran 75 MB menggunakan fitur quickshare khas samsung, ternyata hanya butuh waktu 25 detik! Ini luar biasa, karena saya juga adalah pengguna iPad pro M1 dan iPhone 12, saya sering mentransfer file, gambar dan video melalui AirDrop, dan baik kecepatan maupun ke stabilannya kurang lebih mirip mirip saja. Mungkin basis teknologi quickshare samsung dan AirDrop Apple menggunakan prinsip teknologi yang sama. Walahu alam.

Tentu saja fitur quickshare ini penting bagi saya, misalnya pada saat ngonten menggunakan tab s9 FE, saya sering mengambil video pendek beberapa menit untuk dijadikan potongan prensentasi pada konten video atau sekedar pelengkap konten video. Saya merekam video menggunakan kamera ponsel A54 5G. Lalu videonya saya pindahkan menggunakan quickshare ke tablet Galaxy tab s9 FE dan mengeditnya menggunakan lumafusion di tablet ini.

Ini sangat nyaman jika di banding beberapa tahun yang lalu ketika saya harus menggunakan iPhone, dan lalu tablet samsung buat editing video. Walau ada alternatif wireless transfer, tapi teknologinya masih terlalu jadul, sehingga sering gagal transfer, manalagi perangkat berbeda environtment dan beda branding.

SAMSUNG S-PEN DAN BOOK COVER SLIM KEYBOARD

1. Keyboard

Alasan membeli Tab s9 FE secara keseluruhan walau memang bukan tandingan yang regulernya alias versi premiumnya yang telah menggunakan chipset snapdragon 8 gen 2. Dan, tablet ini hanyalah tablet kelas menengah yang kekuatan mesinnya hanya dapat di setarakan dengan ponsel A54 5G. 

Namun secara keseluruhan ia baik baik saja pada saat dipergunakan buat melakukan pekerjaan ringan, editing video menggunakan lumafusion, mengisi waktu luang dan kebosanan dengan bermain game, dia oke banget. Apalagi jika di lengkapi dengan keyboard. 

Saran saya belilah samsung keyboard book cover slim yang sekarang dijual murah di situs online official samsung. Keyboard ini sangat presisi dan nyaman buat mengetik. Ukurannya yang slim tidak terlalu menambah bobot atau membebani tampilan tablet. Koneksinya menggunakan colokan 3 pin, dan begitu tersambung ke tab s9 FE, ia juga otomatis mengaktifkan fitur samsung DEX yang membuat tab s9 FE berubah seperti laptop.

Perlu di garis bawahi, book cover ini di desain untuk samsung tab s9 versi reguler atau versi premiumnya. Namun ia tetap berfungsi sama baiknya pada saat dipasang ke tab s9 FE. Kamera belakang mungkin akan sedikit tertutup karena beda desain kamera antara yang versi reguler dengan yang versi fan edition ini. 

Di samping itu saat memasangkannya akan muncul notifikasi di layar tablet yang menyatakan bahwa asesories keyboard tidak di desain untuk perangkat ini, namun yang satu ini 100% saya abaikan saja. Karena ternyata keyboard ini sangat bagus buat tab s9 FE sekalipun.

2. S-PEN

Kalau pensil s-pen ia memiliki versi beda dengan yang terdapat di galaxy tab s9 versi yang premium.

S-Pen samsung tab s9 FE, mungkin tidak secanggih s-pen tab s9 versi yang premium tapi ia memiliki fitur hebat, ia dapat di gunakan untuk menulis, menggambar sket dengan akurat. Ia juga tahan air. kelebihan lain walau tidak memiliki koneksi bluetooth, ia dapat dipergunakan tanpa harus charging battery. Menurut saya ini sangat nyaman karena tidak perlu memikirkan hal menjengkelkan itu lagi.

Disamping itu harganya yang murah mungkin akan menjadi pertimbangan yang bagus buat memilikinya.

MEMADUKAN TABLET SAMSUNG GALAXY TAB S9 FE DENGAN PONSEL A54 5G. 

Jadi saya memiliki keduanya, sehingga kedua perangkat dapat berkolaborasi dengan sangat harmonis. 

Saya biasa bekerja di kafe, tepatnya ngonten di kafe. Ketika saya membuat video review produk, saya menggunakan hape samsung A54 buat merekam video, alasannya tentu saja karena kualitas kameranya yang sangat bagus dan menghasilkan gambar dan video yang detail. Saya dapat mengambil beberapa video yang sama, dan memilih yang terbaik. Biasanya video yang saya ambil dikisaran durasi 1-3 menit, dengan setting qualitas terbaik. Begitu video selesai di rekam saya memeriksanya, lalu mentransfernya melalui quickshare ke tablet samsung tab s9 FE.

Di tab s9 Saya mengeditnya menggunakan editor video lumafusion yang dapat dimiliki seumur hidup dalam sekali pembelian.

A 54 5G + TAB S9 FE 5G + QUICKSHARE + LUMAFUSION

Inilah alasan terbaik seorang konten kreator atau pengguna kebanyakan sekalipun buat memiliki tab s9 fe dan mungkin juga sekaligus hape samsung A 54. 

Pertama tentu saja environtmentnya yang baik dan dapat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang sama produknya tersebut dengan optimal.

Yang kedua, adalah fitur dan aplikasi yang melimpah.

Pada tablet samsung tab s9 fe dan ponsel A54, saya telah memasang lumafusion. Berkat samsunglah Lumafuison akhirnya bisa hadir di perangkat perangkat Android. Tadinya hanya bisa berjalan di perangkat mobilenya Apple, yakni di iPad, iPhone dan di Macbook.

Kini berkat samsung, aplikasi editing video kelas PC ini bisa hadir di tablet Android, khususnya di tablet samsung kelas menengah dan premium ia dapat berjalan sangat optimal.

Bayangkan saja, sekarang dengan dua perangkat ini, dan dengan dua fitur ini, yakni hape A54 5G, ditambah Tab s9 FE, di tambah fitur quickshare dan lumafusion, tablet ini menjadi mesin monster yang menakjubkan buat seorang konten kreator! Saya tidak heran lagi mengapa sekarang saya tidak tertarik lagi menggunakan laptop.

Tahun depan adalah momen baru dimana apple akan menjadikan sebuah iPad benar benar akan menggantikan laptop. Jika rumor ini benar, maka tidaklah mengherankan ketika kita mulai melihat sudah semakin jarang orang bekerja menggunakan laptop di kafe kafe dan tempat umum. Mereka kini tampak menggunakan tablet.


Kesimpulan.

Walaupun berada di level kelas menengah, tab s9 FE membawa fitur fitur baru premium. 

Untuk performa mesin, walau hanya menggunakan mesin kelas menengah, exynos 1380 yang juga di gunakan pada hape samsung A54 5G, namun setelah di optimalkan, banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan tablet ini.

Karena saya juga iPad pro M1 dan M2, wajar saya merasakan pengalaman downgrade di sisi performa ketika menggunakan tab s9 FE. Akan harus di ingat, tidak semua orang membutuhkan fitur fitur premium atau dengan kata lain tidak semua fitur terpakai, ketika perangkat di sesuaikan dengan ke butuhan, perangkat menjadi sangat nyaman dan nikmat ketika dipergunakan sebagai alat bantu driver harian.

Dan, ketika di kombinasikan dalam satu environmental, tab s9 FE dan samsung A54 5G, mampu menghasilkan mesin monster buat editing video menggunakan lumafusion dengan fitur transfer file nirkabel quicksharw.


Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak