PESAN KUAT KEPADA PARA BLOGGER! SMARTPHONE AKAN MEMBUNUH SEGALANYA!

apakah blogger akan dihentikan pengembangannya

Blogging is an old job. Itu saya sadari beberapa tahun lalu, dan sedikit banyaknya trend tersebut di tandai dengan kehadiran smartphone. Smartphone seperti menandai sebuah zaman baru, sekali lagi era baru yang mempresentasikan zamannya.

Berikut apa saja yang telah 'terbunuh' setelah lahirnya smartphone.

Warnet dan Wartel

Warnet dan Wartel sempat begitu jaya namun smartphone dalam waktu singkat membunuhnya. Ini terjadi karena kebutuhan internet dan dan teleponi dapat di penuhi oleh sebuah smartphone menjadi jauh lebih praktis, murah dan mobile.

Kamera saku digital

Manusia sempat merasakan kebanggaan ketika memiliki kamera saku digital. Akan demngan cepat smartphone membunuhinya tanpa ampun karena kualitas kamera hape semenjak itu berkembang sangat pesat baik dari segi fitur maupun kualitasnya

Konsol game portable

Masuk akal jika konsol game portable adalah korban keganasan smartphone selanjutnya karena mesin dan software hape terus meningkat sehingga ia menjadi sebuah konsol game yang tidak terbatas dengan kemampuan memainkan game mendekati PC. Kini banyak konsol konsol game hanya tinggal kenangan

Walkman, iTunes

Buat apa juga memiliki peralatan lain jika di dalam hape telah tersimpan ratusan ribu lagu lagu yang dapat di simpan secara offline maupun online. Seiring waktu ruang simpan dan kualitas speaker sebuah smartphone meningkat drastis. Di perparah lagi oleh persaingan sengit para produsen hape yang membuat perkembangan hape selalu mengejutkan dari tahun ke tahun.

Walkaman sudah meninggal dunia sejak lama, lalu di susul oleh perangkat portable itunes.

Majalah dan koran cetak

Majalah dan koran cetak yang biasanya hadir setia menemani penumpang kereta api senja di Amerika resmi di tutup beberapa tahun yang lalu. Di tandai dengan tanda plank bertuliskan "smartphone telah membunuh kami". Dan itu sangat sesuai dengan fakta dimana orang tidak lagi membeli koran berita dan majalah cetak di Amerika dan Eropa. Dan sebagai gantinya generasi muda sudah mulai terbiasa membaca semua kebutuhan mereka melalui gadget di dalam genggaman mereka.

Buku cetak akan menyusul

Beberapa tahun belakangan amazon mulai lebih banyak menjual buku digital dan membuat gawai baca digital yang mereka sebut Amazone kindle. Kini orang orang muda Amerika dan Eropa mulai terbiasa membaca buku digital melalui smartphone mereka, sebagai pertanda era buku cetak akan segera berakhir.

Anda katakan tidak? Oh Anda mungkin terlahir di zaman milineal, zaman transisi atau mungkin terlahir sebagai generasi X sebelum milineal. Zaman buku akan berakhir seperti halnya zaman koran dan majalah cetak. Apalagi pertimbangan lingkungan hayati mulai menyasar kepada penggunaan bahan kertas yang terbuat dari pulp kayu. Dan hal itu akan menjadi isu lingkungan hidup di masa depan.

Contoh di atas hanyalah segelintir korban smartphone genggam yang memiliki salah satu motto: 'dunia dalam genggaman', sesuatu yang tidak membuat generasi Z dan generasi Alpha takjub karena sudah menjadi dunia mereka sejak orok. Akan tetapi Bagi generasi sebelumnya seperti generasi millineal dan apalagi generasi X terasa sekali perubahan yang tampak hanya sekejap mata ini. 

Sedikit banyaknya telivisi juga tergerus populeritasnya dan tampaknya akan segera menyusul radio konvesional yang kini sudah sangat langka penampakannya. Betapa tidak karena di dalam hape sudah terpasang Youtube sebagai pengganti media telivisi generasi zaman now.

Blogger dan Blogging


Kini kita akan bercerita bahwa dunia blogging akan segera punah oleh smartphone juga. Lho mengapa? Bukankah justeru blogging jadi tambah mudah melalui hape? Kita tidak perlu menunggu laptop karena melalui hape saja sudah bisa menulis dan blogging.

Itu dia, smartphone mengambil semuanya yang dulunya berdiri terpisah pisah, mulai dari kebutuhan internet, kamera, musik portable, PC, telivisi, radio dll.

Kemudahan blogging juga harus di bayar dengan kemudahan mengakses berbagai media oleh para pengguna, netizen atau netter. Kini ada media sosial sperti intagram, twitter, facebook, snapchat dll. Lihat bagaimana mereka juga mulai menyediakan bukan hanya lapak jualan tapi juga konten video dan konten tulisan, dimana mereka juga membayar para konten kreator dengan pembayaran yang lumayan, artinya itu adalah lapaknya blogger!

Tidak perduli blogger blogspot, wordpress, dll benar benar telah tergerus. Ada kecenderungan pengguna medsos tidak akan beranjak lagi dari tempat mereka karena semua kebutuhan dari bacaan hingga tontonan telah tersedia disana. Sementara pengunjung dan pengguna internet tersedot di jaringan mereka, tidak ada hal apapun yang bisa dijadikan alat untuk menandingi mereka.

Jangan dikira ini enteng, sebentar lagi ketika metaverse selesai di garap saya akan kebingungan jika blogging masih menarik bagi generasi sekarang. Dan hal itu pula yang membuat media mainstream konvensional seperti kompas, CNN, Tribun dll mulai merambahi lapak lapak yang biasanya di mainkan oleh para blogger. Apa yang tersisa? Tidak ada, selain sebuah smartphone telah memilih mana yang lebih praktis untuk di kunjungi blogger atau instagram? Blogger atau Youtube? Blogger atau Facebook? 

Tidak ada terlihat keseteraannya.

Tentu saja pada perkembangan berikutnya ketika teknologi smartphone beralih ke dunia metaverse, youtube, facebook, twitter, dll akan terlihat jadul, akan tetapi mereka semua telah mengambil langkah antisipasi, facebook dan IG dengan mataversenya. Twitter juga pasti telah menyiapkan langkah masa depannya.

Sekali lagi saya tidak melihat blogger demikian. Seolah ia ditakdirkan akan dibiarkan berakhir, terasa semakin jadul dan menjauh ke pinggiran zaman. Model aplikasi berbasis internet yang di bangun dengan bahasa python ini memang tidak banyak pilihan.

Isu cuan

Tentu saja, keberlangsungan sebuah flatform adalah seberapa jauh ia akan memberikan keuntungan. Cuan adalah alasan mengapa pengembang mau melanjutkan project platform Blogger di masa depan, perhatikan cuplikan twit dari Ahref yang posting di laman quora berikut:

blogger tidak menguntungkan lagi

Tersirat pernyataaan tegas bahwa dengan bermunculannya platform platform baru blogger semakin lama semakin tidak menguntungkan lagi...Nah!

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

4 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Iya semuanya akan lenyap, mobil juga bakal terbang semua, tapi jgn sedih, jgn kuatir, yg di depan nanti tentu lebih indah, aku malah ga sabar mnunggu masa depan terealisasi, aku menunggu rokok yg sehat, konon katanya rokoknya tanpa dibakar pokonya sehat lah aman.

    BalasHapus
  2. antara blog dengan youtube ....ternyata Youtube lebih lumayan juga penghasilannya

    BalasHapus
  3. Duh ... Sedih juga ya. Membayangkan kalau blog juga akan meninggal dunia menysul teman2nya yang lain. 😭

    BalasHapus
  4. Berarti intinya kalo blogger tidak mau mati harus menghasilkan cuan ya.

    Sepertinya blogger memang mau mati, makin hari makin sepi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak