INI 4 PERBEDAAN LUMAFUSION ANDROID DENGAN DI IPAD DAN DI IPHONE

Lumafusion memang telah hadir di perangkat Android. Bagi kalian yang belum tahu luma fusion ini sebelumnya adalah sebuah aplikasi editing video yang di anggap hampir setara dengan aplikasi editor video kelas PC dan hanya dapat di pergunakan di perangkat perangkat mobile produk Apple seperti iPad dan iPhone. Dan sebagai catatan, karena sudah bertahun tahun lamanya, lumafusion berjalan sangat stabil, dengan kelas aplikasi premium yang sangat terjangkau di iOS dan iPadOS menjadikannya aplikasi editor mobile paling populer disana, dan bahkan banyak kalangan ahli berpendapat, aplikasi ini berpotensi menjadi editor kelas blockbuster di masa yang akan datang.

Lumafusion storyblocks
Stroy blocks gratis pada perangkat Apple, pada Android berbayar!

Meskipun kini di iPad (bukan di iPhone) telah hadir lagi sebuah aplikasi editor video yang tidak akan ada di tablet tablet Android, yakni davinci resolve. Sebuah aplikasi editing video kelas PC yang berjalan sangat bagus terutama di perangkat iPad pro dengan prosesor M2. Ya jelas saja, dapur pacu M2 itu adalah kelas PC yang dipergunakan oleh macbook pro di tahun 2022-2023 ini. 

Sedangkan kita tahulah, tablet tablet android terkesan memaksakan diri menjadi sebuah tablet, sedangkan operating system dan dapur pacunya masih sama saja dengan hape hape android pada umumnya. Bedanya begini:

  • Ipad menggunakan sistem operasi iPadOS, iPhone menggunakan iOS.
  • Ipad pro dan air menggunakan chipset kelas PC M2, iPhone menggunakan A Bionic.
Perbedaan itu, bukan hanya ukurannya, yang membuat sebuah ipad dan sebuah iphone tidak sama. IPhone adalah smartphone genggam, iPad adalah tablet yang sejati. Ini hanya berlaku di perusahaan Apple, tidak di Android.

Vendor vendor Android juga membuat tablet premium yang harganya kadang melebihi sebuah iPad, tapi tidak pernah bisa menjadi tablet yang sejati karena yang membedakannya hanya ukuran layarnya yang besar saja. Kadang pengalaman menggunakannya tidak lebih seperti menggunakan sebuah smartphone Android super bongsor. Bayangkan saja begini:
  • Tablet Android menggunakan sistem operasi Android, Smartphone Android juga sama, meski masing masing vendor mencoba menambahkan UI, misalnya samsung membuat DEX, tapi sebuah aplikasi tambahan, cukup banyak menguras sumber daya.
  • Tablet Andrid menggunakan chipset atau dapur pacu yang sama dengan chipset yang di tanamkan ke hape android, sehingga performa dan pengalaman menggunakannya tidak membuat sebuah tablet android dapat menjankan aplikasi sekelas laptop, seperti halnya dengan sebuah iPad pro yang kini telah dapat menjalankan aplikasi aplikasi macbook.
Nah kini kita akan melihat beberapa perbedaan aplikasi lumafusion Android dengan Lumafusion di iPad dan iPhone. Lumafusion di kembangkan oleh Luma touch, sebagai pengembang yang berpengalaman mereka harus menyesuaikan aplikasinya agar bisa berjalan pada setiap platform yang berbeda. Misal di iPadOS, di iOS dan di Android. Akan tetapi, pertimbangannya bukan hanya pada platform perangkat lunaknya, Luma touch juga harus menyesuaikan aplikasinya pada kompetibel mesin atau dapur pacu atau chipset sebuah perangkat. 

Lumafusion sendiri telah lama berjalan di iPad dan iPhone dengan dapur pacu A Bionic dan yang terakhir adalah chipset M2. Sedangkan di Android di jalankan oleh chipset besutan qualcomm seperti snapdragon. Itu hanya beberapa hal yang seharusnya mudah di atasi, bukan? Akan tetapi pada faktanya terdapat perbedaan lumafusion yang penulis rasakan selama menggunakannya di perangkat iPad dan Android:

Sebelum memutuskan mendownload dan membeli lumafusion, berikut beda Lumafusion Android dengan iOS dan iPadOS:

1. Stabilitas: Jelas di Android lumafusion masih baru, masih versi beta. Alhasil terkadang terasa tidak stabil. 
Misalnya pada saat saya menggunakan fitur greenscreen di Android aplikasi sering kehilangan thumbnail, sehingga penulis hanya mengklik kolom tanpa image untuk memilih menghilangkan latar. Hal ini tidak terjadi pada iPad dan iPhone.

2. Harga: Pada kedua perangkat (Android dan iPadOS - iOS), Lumafusion dapat di beli cukup sekali bayar untuk dipergunakan seumur hidup, dan tetap akan mendapatkan update teratur setiap ada peningkatan fitur baru. Hal ini membuat Lumafusion menjadi sangat murah jika di banding aplikasi editor video lain yang harus membayar langganan setiap bulan dan setiap tahun. Sedangkan fitur fiturnya, ya seperti prediksi para pakar: Berpotensi jadi blockbuster. Nah pada perangkat Apple harga lumafusion adalah 500 ribuan sekali bayar, sedangkan pada perangkat Android lebih murah, yakni di kisaran 400 ribuan.

3. Tampilan antar muka, meskipun secara umum sama dan sangat mirip, namun pada tablet android terdapat tampilan pemilihan pallet warna, sedangkan di iPad toolnya memang ada namun penempatannya saja yang beda. Demikian juga pada saat melakukan setting penyimpanan, ada beberapa perbedaan tataletak, namun tidak terlalu sulit menemukannya pada kedua perangkat ini.

4. Fitur story blocks adalah fitur yang dengannya kita dapat menambahkan footage, latar, musik dan tentunya soundFX yang berguna buat mendramatisir adegan pada video. Nah pada perangkat Apple terdapat banyak pilihan musik dan soudFX yang di gratiskan, sedangka pada perangkat Android nyaris berbayar semua.


Demikian beberapa perbedaan lumafusion Android dengan Lumafusion pada perangkat Apple. Semoga bermanfaat.


Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak