PREDIKSI TAMPILAN DAN PERFORMA iPad pro 2024

iPad telah merobah permainan di lini tablet. Pada pebandingannya iPad pro jauh menguingguli tablet tablet Android level premium pabirkan manapun, tentu saja seperti yang telah kita ketahui, dua perbedaan serius telah membedakannya dan menjauhkan dan memperlebar gap antara sebuah tablet android yang paling premium sekalipun dengan sebuah iPad pro.

Perbedaannya begini:

Pertama, Jika tablet Android menggunakan sistem operasi yang sama dengan smartphone meskipun dilengkapi dengan UI oleh pabrikan masing masing, maka sebuah iPad sekalipun yang entry level menggunakan antar muka dari sistem operasi yang berbeda dari lini iPhone (ponselnya), iPhone tetap menggunakan iOS yang terus menerus dikembangkan, sedangkan iPad menggunakan sistem operasinya sendiri, yakni iPadOS.

Dari tampilan sistem operasi, ipad adalah tablet yang sejati, sedangkan sebuah tablet Android, maaf jika saya sinis: Hanyalah sebuah smartphone bongsor.

Tampilan sebuah iPad bisa mewakili dan menjembatani laptop macbook dan iphone sekaligus, sedangkan tampilan tablet android lebih kepada smartphone ketimbang PC.

Kedua, Jika sebuah tablet android sekalipunyang paling premium menggunakan dapur pacu atau chipset yang sama dengan smartphone android premium, misal samsung s23, menggunakan snapdragon 8 gen 2, maka galaxy tab s8 juga sama.

Mari kita lihat sebuah iPad pro (jajaran iPad premium), tidak seperti 5 tahun yang lalu, kini  ia telah menggunakan chipset PC yakni M1 dan M2 yang juga dipergunakan pada macbook dan PC dekstop mereka iMac. M1 terkenal kencang dan hemat daya, sedangkan jajaran iPhone tetap menggunakan chipset mobile yakni chipset A Bionic.

iPad pro merubah permainan di dunia tablet

Apa yang membedakan keduanya (tablet android dan ipad) adalah, sebuah iPad pro dapat menggantikan laptop dan dapat mengakses aplikasi mobile dengan sangat baik. Jelas mesinnya adalah mesin PC bukan mesin hape seperti tablet android.

Intinya jika Anda ingin membeli tablet premium mana, dengan harga yang sebenarnya tidak jauh beda antara tablet android dan iPad Apple, dan jika Anda maksudkan buat menggantikan PC, mau tidak mau Anda harus memilih iPad pro. Sebagai pengguna iPad dan tablet premium android sekaligus, saya telah membandingkan pengalamannya hampir 7 tahunan. Dan semakin kemari, sebuah iPad semakin kencang, stabil dan kaya dengan kejutan.

Apalagi kalau dipergunakan buat editing video menggunakan aplikasi aplikasi powerful yang sebagiannya tidak atau belum kompatibel di tablet android, seperti Davinci Resolve.

Dan sesuai tradisi, pada kuartal pertama tahun 2024, Apple akan meluncurkan iPad pro  baru dengan layar oled dan bezel yang lebih tipis dan tentunya dengan mesin atau dapur pacu yang jauh melampaui tablet android. Semakin menggeser peran laptop kelas menengah ke pinggiran.

Ikuti terus trik, tips, dan info melalui halaman blog ini Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak