5 APLIKASI YANG MEMBUAT IPAD JADI MODAL PEKERJAAN DAN PENGHASILAN

Menurut majalah times, ipad telah di daulat menjadi tablet terbaik, terkuat dan paling di rekomendasikan buat para professional di tahun 2023. Utamanya ipad pro, atau iPad air 5 yang telah di tenagai dapur pacu M1, M2 dan bahkan m3 dan seterusnya, akan tetapi karena budget saya tidak cukup, saya hanya memiliki ipad mini 6 yang ternyata dapat juga menjalankan aplikasi aplikasi powerfull yang akan kita bahas dengan sempurna.

satu bukti ipad jauh lebih worthed daripada tablet android

Perlu di ketahui sebuah iPad adalah tablet paling rekomended buat berkarya kususnya desain grafis menggunakan perangkat mobile alih alih menggunakan PC, beberapa orang terbukti telah berhasil menjadikannya sebagai alat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan pekerjaan besar berkelas dunia. Mari simak, aplikasi aplikasi apa sajakah itu?

1. Google Sketch Up.

Ini adalah sebuah aplikasi buatan google yang dapat menggantikan autocad dalam cukup banyak hal. Ia mudah dan intuitif pada saat di pergunakan di iPad. Tidak perlu terlalu banyak belajar untuk menggunakannya, maka kalian akan menjadi seorang drafter dengan hasil gambar dan sketsa yang cukup meyakinkan.

menggunakan google sketchup di ipad

Sketch Up pada iPad adalah aplikasi gambar dengan sentuhan bahkan dengan pensil. Kalian bisa memilih, membentuk dan membuat bentuk bentuk dasar seperti bujur sangkar, lingkaran, lingkaran persegi lalu membentuknya menjadi gambar 3 dimensi yang dapat di lihat dari sudut manapun. Kalian juga dapat menggunakan ruler untuk pengukuran dengan skala panjang dan lebar yang tepat.

Aplikasi ini tadinya hanya ada di PC windows. Namun seperti biasa, kebanyakan aplikasi aplikasi hebat pada akhirnya selalu dikembangkan di perangkat mobile apple terlebih dahulu ketimbang di perangkat perangkat perangkat Android.  

Aplikasi ini di bawa ke perangkat Apple oleh pengembang khusus desain grafis dan skets 3D, yakni Trimble inc. Aplikasi ini sangat powerful, ia dapat di pergunakan buat mendesain gambar layout rumah, gedung atau bangunan bangunan dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Ia dapat di pergunakan buat desain mesin sederhana, bahkan hingga layout sebuah kota dan daratan. Pengembangannya juga terus dilanjutkan.

Dan jika kalian adalah pelajar engineering, memasang aplikasi ini di iPad akan membuat kalian lupa pada PC laptop dan desktop. Kalian dapat menggambar dengan sangat presisi menggunakan apple pensil pada layar sebuah iPad.

Tentu saja saya memasangnya untuk sementara di ipad mini. Versi gratisnya dapat dipergunakan untuk membuka gambar gambar layout 3D. Sementara versi berbayarnya dapat sepenuhnya di pergunakan buat membuat, mengolah dan mengedit gambar gambar layaknya sepenuhnya seperti pada PC namun dengan cara berbeda, cara sentuhan, cara yang lebih intuitif berkat interface dari trimble inc.

Aplikasi ini akan membuat kalian dapat menggambar sebuah skets dan layout rumah, bangunan, mesin hingga layout daratan dengan sangat mengagumkan. Seolah kalian memiliki aplikasi autoCad atau autoDesk lengkap pada iPad kalian.

2. Lumafusion

Lumafusion telah lebih 5 tahun berada di perangkat mobile besutan apple seperti iPhone dan iPad, dan baru tahun lalu berada di android dengan versi masih beta hingga saat ini. kelebihan lumafusion, ia adalah sebuah aplikasi editing video yang sangat powerful, lengkap, dan yang lebih penting ia murah karena hanya perlu sekali bayar untuk di pakai selama lamanya. Banyak kalangan ahli berpendapat, aplikasi editing lumafusion berpotensi sekali akan menjadi blockbuster di masa depan!

c

Tetapi mengapa saya berpendapat bahwa lumafusion di iPad lebih enak dan lebih bagus daripada lumafusion versi android? ya itu tadi, lumafusion telah stabil di iOS dan di iPadOS, hingga saat ini di android masih versi beta.

Tampilan antar muka dan toolnya adalah tampilan antar muka PC, ini memang sebuah aplikasi editing video kelas PC yang berjalan pada iPad, diantara kemampuan dasarnya adalah: Dapat menampung banyak layer video dan gambar dan juga layer audio, transisi video dan gambar, hingga green screen key dengan tingkat akurasi menghilangkan latar terutama biru dan hijau yang bagus.

Dan pada perangkat apple lumafusion dapat di integrasikan dengan tool multicam yang dapat dibeli terpisah, dan, lagi lagi sekali beli. Tool ini mampu menyinkronisasi audio dengan video secara otomatis, sehingga video menjadi jauh lebih alami. Tool ini belum ada terdapat pada lumafusion Android.

Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan Lumatouch, dan pada tahun lalu di akhir tahun 2022, Samsung telah mengundang lumatouch agar membawa lumafusion ke Android, khususnya ke tablet premium terbaru mereka pada waktu itu, yaitu Galaxy tab S8. Kini Lumafusion memang sudah dapat di pasang pada hape hape android level tertentu. Mengingat spesifikasi mesin berperan dalam kemampuan menjalankan aplikasi editor video ini pada perangkat perangkat android dengan kelas kelas berbeda beda, hal yang tidak terjadi pada perangkat mobile besutan apple seperti iPhone dan iPad.

3. Nomad Sculpt

Sesuai namanya aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat model pahatan 3D. Jangan remehkan, dan ia juga mudah dipelajari, tinggal membiasakan diri dengan tool toolnya, maka kalian akan menjadi pembuat model 3D yang hebat, utamanya modeling wajah dan tubuh manusia. 

aplikasi nomad sculp di ipad

Kalian dapat membentuk sebuah objek dengan sentuhan atau menggunakan sentuhan jari atau pensil apple menjadi bentuk objek manusia, hewan bahkan bentuk apa saja, cukup menekan, menarik, mengusap layaknya di tangan kalian ada tanah liat yang siap di bentuk.

Tool toolnya adalah tool pemahat, pengecatan, layers, rendering dan masih banyak lagi. Bagi yang memiliki minat seni pahat memahat dan membuat gambar 3 dimensi yang real, aplikasi ini sangat menarik. Menariknya ia juga dapat di beli sekali bayar untuk di pakai selamanya. 

Aplikasi ini membuat nilai iPad (walau bisa di pasang pada iPhone juga) menjadi memiliki nilai tambah yang unik. Terlebih lagi, Aplikasi ini jelas mampu meningkatkan daya kreatifitas penggunanya.

4. Procreate

Procreate adalah sebuah aplikasi painting, menggambar, atau melukis yang terbukti dapat membuat karya mendunia. Pengalaman menggunakan aplikasi yang satu ini bagi saya sangat berkesan karena penggunanya adalah salah seorang pelukis realistis ternama kenalan saya di Facebook namanya adalah Jaime Sunjuan Ocabo, ia telah menjadi pelukis ternama dunia berkat iPad sejak belasa tahun yang lalu dengan menggunakan aplikasi ini.

jaime sunjuan ocabo use procreate for real drawing

Aplikasi ini kian atraktif dan intuitif seiring waktu, bayangkan, Jaime mampu membuat gambar yang sangat realistis, atraktif dan menarik perhatian dunia melaluinya. Jaime berkata: Hingga saat ini saya masih belum memiliki pekerjaan seperti kebanyakan orang, tapi kini (berkat iPad dan aplikasi ini) Saya merasa jauh lebih hidup di dalam kehidupan ini.

Saya tidak perlu menguraikan tool apa saja yang terdapat pada aplikasi ini secara detail, yang jelas ia memiliki banyak tool kuas, warna, penghapus seperti layaknya aplikasi aplikasi gambar lainnya. Procreate di kembangkan oleh savage interactive, di android ada aplikasi dengan nama yang serupa namun anehnya dengan nama pengembang yang berbeda, dan aplikasinya, lagi lagi masih dalam versi beta atau masih dalam proses pengembangan. 

Jadi procreate ini telah ada di iPad sejak belasan tahun lalu Jaime sunjuan ocabo teman saya telah mempergunakannya dan terbukti sukses menjadi pelukis digital yang mendunia.


5. Ask Ai

Ask Ai dikembangkan oleh codeway dijital, aplikasi ini di kembangkan berbasis chatGPT & GPT4, dan dapat dibeli sekali bayar untuk di pergunakan selamanya. Tentu saja banyak aplikasi serupa yang di kembangkan berbasis chatGPT, namun sejauh ini Ask AI adalah yang paling mirip dengan chatGPT baik antar muka maupun kemampuannya adalah memang berbasis chatGPT.

chatGPT sebagai assisten


Ia dapat menjadi assiten yang berguna, misalnya membantu kalian menulis artikel sepanjang 2500 kata dalam bahasa apa saja dengan sangat akurat. Misal suruh saja ia menulis: Tolong tuliskan tentang tips dan triks membuat video menggunakan hape sepanjang 3000 kata" maka kalian akan mendapatkannya dengan mudah, tinggal menyalinya ke dalam blog kalian. 

Atau kalian bisa meminta saran degnan bertanya begini, "saya punya modal 500 ribu rupiah, saya ingin menjual asesories hape? Asesrories apa yang sedang laku di batam, dan dimana saya beli agar saya dapat untung?" Mungkin kalian bisa membuat pertanyaan lebih detail, tapi Ask AI akan memperbaiki pertanyaan kalian agar lebih baik.

Atau tuliskan reset dan cara masak....bla bla...

Bukan hanya untuk membuat konten tulisan, bahkan saat bepergian saya bertanya lokasi hotel, taksi online yang ada di kota yang sedang saya kunjungi, sejauh ini tidak terdapat kendala. Sang AI mampu memberikan informasi yang saya butuhkan.

Demikian 5 aplikasi yang membedakan sebuah iPad dengan tablet Android. Tentu saja masih banyak aplikasi lain dimana para pengembang tampak lebih mempertimbangkan pengembangan aplikasi buatan mereka pada perangkat perangkat besutan apple seperti iPhone dan iPad.

Silahkan tonton video di bawah ini:


Terimakasih telah bersama kami, sampai jumpa lagi.

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Wah ada penulis baru di EBT, Nayfus, cowo apa cewe nih gan? Haha..

    Tampaknya Ipad masih tetap unggul ya sampe skrg daripada Tablet 👍

    BalasHapus
  2. Saya hanya bisa menghayal klo soal ipad :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak