5 ALASAN MENGAPA HARUS TINGGAL DI BATAM DI TAHUN 2023


Masih Banyak orang di Indonesia mengidamkan untuk tinggal di Jakarta karena lengkapnya fasilitas dan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Namun Ternyata, keuntungan tinggal di Jakarta bisa kamu temukan juga di kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

Mulai dari UMR yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta, biaya hidup yang jauh lebih murah, dan lapangan pekerjaan yang banyak bisa kamu temukan di kota ini!

Selain itu, ada pula keuntungan lain yang bisa didapatkan dari tinggal di kota ini.

Keuntungan pertama adalah tinggal di Batam adalah gaji orang-orang yang tidak jauh berbeda dengan gaji mereka yang kerja di luar Batam.

Upah Minimum Kota (UMK) Batam misalnya pada tahun 2021 adalah Rp4.150.930, sedangkan UMK di Jakarta mencapai Rp4.416.186, tidak jauh berbeda, bahkan walau nilai di batam itu terlihat lebih kecil, namun jangan salah ia bisa jauh  lebih baik karena alasan alasan berikutnya, jadi simak terus video ini.

Upah minimumnya yang tinggi menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik untuk tinggal dan bekerja di kota ini.

Keuntungan kedua masih terkait dengan keuntungan pertama tadi yakni, Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan di kota ini adalah biaya hidupnya yang jauh lebih murah daripada di Jabodetabek!

Semua barang di kota ini dijual dengan harga yang sangat murah dan dibanderol dengan harga miring.

Bahkan harga elektronik di kota ini bisa kamu dapatkan dengan separuh harga, jadi biarpun upah minimum di Jakarta tampak lebih tinggi, namun nilainya terhadap biaya tinggal di batam menjadikan milainya menjadi jauh lebih besar, karena besaran upah di Batam, walau bagaimanapun sepadan dengan biaya hidup yang murah jika di banding dengan biaya hidup di Jakarta yang serba mahal. Umumnya, upah minimum di kota Jakarta tidak mencukupi gaya hidup atau biaya tinggalnya yang sangat mahal.

Sementara di Batam, orang dapat tinggal dengan nyaman meski dengan hanya gaji UMK, karena biaya hidupnya yang murah tadi itu.

Keuntungan ketiga, Batam, meski ukuran kota Batam jauh lebih kecil dibandingkan kota di pulau Jawa, kamu dapat menemukan beragam perusahaan besar di kota ini. Di Batam terdapat banyak perusahaan besar yang gajinya jauh lebih besar dibandingkan gaji di Jakarta.

Umumnya perusahaan di Batam bergerak di bidang manufaktur, galangan kapal, hospitality, bahkan industri berat hingga migas. Jadi keuntungan yang mungkin sangat menarik adalah di batam jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan daripada di tempat lain.

Keuntungan ke empat, anda dengan mudah menguasai bahasa inggris jika hidup di batam, Karena letaknya yang berbatasan dengan negara Singapura, Batam menjadi pintu masuk wisatawan asing ke Indonesia.

Oleh karena itu, penduduk di Batam juga mahir berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing.

Penduduk batam juga dari hasil survey terkenal logis, lebih disiplin dan jarang melakukan kerusuhan seperti demo yang sering terjadi di kota kota lain, angka kriminal tgergolong rendah, kotanya tertata dengan standar internasional, jalan jalannya lebar dan tiang tiang listrik tidak tampak ada kabelnya. Pendidikan juga tersedia dengan baik sekali.

Keuntungan kelima, Kota Batam dipenuhi dengan infrastruktur canggih, sehingga jarang sekali mengalami kemacetan jalanan.

Untuk mencapai waktu 17 km, kamu hanya memerlukan waktu hanya 30 menit saja, berbeda jauh dengan Jakarta, ini benar karena saya juga sering sekali ke Jakarta, rasanya untuk urusan kemulusan jalan jarang sekali ada kota kota besar lainnya di Indonesia yang dapat menandingi batam, ini adalah sebuah kota dengan standar dunia. Ini adalah bandar kota madani.

Asal kalian tahu, kita membaca berita bagaimana pemerintah daerah beberapa kota lain memperlakukan remaja yang mengkritik jalan rusak atau infrastruktur buruk, mereka di persulit. Asal kalian tahu pemerintah batam itu sangat low profile, bahkan ketika masyarakat mengkomplin lobang kecil di jalan melalui halaman facebook, biasanya tidak memakan waktu lama mereka akan melakukan tindakan perbaikan.

Saya juga sering melihat para pejabat walikota lari pagi termasuk walikotanya, ia melambaikan tangan kepada siapa saja, tanpa di buat buat. Dan dari beberapa walikota hampir semuanya memiliki prilaku logis yang positif terhadap warganya.

Tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini, mungkin kelak ketika batam telah padat oleh pendatang akan terjadi perubahan dinamika, segalanya akan menjadi mahal, menjadi lebih sesak, menjadi lebih tinggi kompetisi hidup di dalamnya. 

Tidak ada yang abadi di dunia ini.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak