MENGAPA ECOWAS BATAL MENYERANG NIGER?

 

Narasi: (original by Sufyan Yaan) Sejak sabtu yang lalu ECOWAS, mengancam akan melakukan tindakan militer terhadap niger, karena telah menggulingkan presiden terpilih Muhammed Bazoum. Seblumnya akan kita singgung terlebih dahulu apa itu ecwas, atau kepanjangan dari Economic Community of West African States (ECOWAS), adalah perkumpulan 15 negara Afrika Barat yang didirikan pada 28 Mei 1975, dengan penandatanganan Perjanjian Lagos.

ECOWAS adalah salah satu pilar Komunitas Ekonomi Afrika dan menggunakan tiga bahasa resmi, yaitu Prancis, Inggris, dan Portugis. Presiden komisi ECOWAS saat ini adalah Kadré Désiré Ouédraogo, sementara ketuanya adalah Macky Sall.

ke 15 anggotanya adalah:
  1. Benin
  2. Burkina Faso
  3. Tanjung Verde
  4. Gambia
  5. Ghana
  6. Guinea-Bissau
  7. Guinea
  8. Pantai Gading
  9. Liberia
  10. Mali
  11. Nigeria
  12. Niger
  13. Senegal
  14. Sierra Leone
  15. Togo.
Nah, niger adalah salah satu anggotanya, dimana pada video sebelumnya kita sudah singgung telah terjadi kudeta militer terhadap presidennya. Oleh karena itulah ECOWAS yang juga di dukung oleh Amerika dan Perancis, memberikan batas waktu agar pemimpin kudeta nigeria menyerahkan kembali kekuasaan kepada presiden muhammed bazoum dengan batas waktu hari minggu, tetapi junta militer mengabaikannya, dan batas waktupun terlewati, tanpa terjadi serangan militer seperti yang diancamkan oleh ecowas.

Apa yang terjadi? tampaknya pemimpin kudeta melihat dukungan yang luas dari rakyat nigeria sendiri. Dan kehadiran wagner group sebagai perpanjangan tanga rusia yang di elu elukan oleh mayoritas masyarakat nigeria, tampaknya telah menjadi pertimbangan yang sangat serius, apalagi setelah bungkam beberapa waktu, pihak rusia telah memberikan peringatan keras kepada negara negara yang tergabung dalam ecowas, agar tidak mencampuri keputusan rakyat niger.

secara resmi Rusia memberi peringatan keras, bahwa intervensi militer di Niger akan mengarah pada konfrontasi yang berkepanjangan. Itu dikeluarkan Moskow setelah blok regional Afrika barat, ECOWAS , mengatakan akan membentuk pasukan siaga.

Nah, peristiwa di niger ini memberikan gambaran bagaimana konflik barat dengan rusia tidak cukup sebatas wilayah ukraina dan eropa, ia bahkan menjalar hingga ke benua afrika.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak