Saya beli dan bukan endors, jadi Inilah review jujur Samsung tab s9 FE


Saya tertarik membandingkan Tablet Samsung S9 FE, perhatikan ya, yang saya bahas ini versi Fans Edition, sedangkan versi reguler aslinya jauh beda di sisi kekuatan dan performa chipset, karena mereka menggunakan prosesor besutan qualcomm terbaru di tahun 2023, yakni snapdragon 8 gen 2. Sedangkan yang fan edision ini menggunakan chipset buatan samsung sendiri, yakni exynos 1380 yang juga digunakan pada hape kelas menengah samsung A54 5G.

Jadi inilah tablet samsung galaxy tab s9 FE.

Artinya tablet galaxy tab s9 reguler memiliki kekuatan mesin buat bekerja grafis terutama jika Anda ingin menggunakannya buat editing video menggunakan Lumafusion misalnya, tentunya chipset tersebut dapat merender video dengan sangat cepat. Mungkin, snapdragon 8 gen 2 tersebut sedikit mendekati iPad pro M1 dalam kinerja grafis.

Walaupun demikian, exynos 1380 pada tablet galaxy tab s9 FE juga adalah sebuah chipset kuat dan tangguh, terbukti sudah berjalan stabil di hape samsung A54 5G. Tetap enak buat nonton, main game dan buka buka file berat.

Jadi sekarang kita mulai tahu kan, bahwa versi murahnya galaxy tab s9 ini, yang konon memiliki beberapa fitur fitur utama turunan aslinya, ternyata hanya menggunakan chipset yang sama dengan smartphone kelas menengah. Jadi saya tidak bisa membandingkan tab s9 FE dengan yang versi regulernya atau membandingkannya dengan iPad pro M2 milik saya head to head, karena perbedaan performa dan kekuatannya jomplang sekali. Atau sangat jauh.

Maka, meskipun bukan head to head, saya akan membandingkannya dengan perangkat yang berbeda, namun memiliki performa yang sama dengan tablet ini, yakni dengan hape Samsung A54 5G. Ini di tangan saya hapenya.

Berikut adalah persamaan dan perbedaan antara Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Samsung Galaxy A54 5G:

Persamaan:

Memiliki dapur pacu yang sama yakni exynos 1380
Memiliki GPU yang sama yakni Mali-G68 MP5
Sama sama memiliki fitur ketahanan siraman air meskipun ada sedikit perbedaan, yakni Samsung A54 5G memiliki IP 67, sedangkan Galaxy tab s9 FE memiliki IP 68.

Akan tetapi Ada bagian bagian dimana hape samsung A 54G malah menang banyak, contohnya.

Jika Tab s9 FE memiliki refresh rate hanya 90 ghz, maka A54 telah memiliki refresh rate 120 ghz
Jika tab s9 FE hanya memiliki layar TFT LCD, maka A54 telah memiliki layar superamoled.
Disisi kamera baik depan maupun kamera belakang A54 jauh mengalahkan Tab s9 FE, meskipun sisi kamera tidak terlalu penting bagi sebuah tablet.

Kesimpulan:

Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Samsung Galaxy A54 5G adalah dua perangkat yang berbeda, tetapi memiliki banyak persamaan. Tab S9 FE adalah tablet yang lebih besar daripada A54 5G. Tab S9 FE memiliki layar yang lebih besar, memiliki s-pen atau pensil yang mewah dan sama denga yang terdapat pada tab s9 reguler, namun prosesor yang sama, dan sertifikasi IP yang lebih tinggi. Namun, A54 5G memiliki layar dengan refresh rate yang lebih tinggi, kamera belakang dan kamera depan yang lebih baik, dan tentu saja lebih mobile di genggaman.

Perangkat mana yang terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda mencari tablet yang lebih besar dan lebih lega untuk bermain game, menonton video, atau bekerja ringan, maka Tab S9 FE adalah pilihan yang tepat. Jika Anda mencari ponsel yang lebih terjangkau dengan layar yang bagus dan kamera yang mumpuni, maka A54 5G adalah pilihan yang tepat.

Untuk performa keduanya sama saja. Namun baterai tab s9 FE lebih besar yakni 10090Mah sedangkan A54 hanya 5000 Mah. Namun layar besar juga memakan daya yang besar. Jika Anda tidak keberatan dengan tampilan dan bukan performa aslinya galaxy tab s9 original, Samsung galaxy tab s9 FE masih worthed di miliki.

Tapi, bagi Anda yang mengutamakan performa, Anda pasti akan merasa kecewa dengan kekuatan chipset kelas hape menengah seperti yang terdapat pada samsung galaxy tab s9 FE.

Kedua perangkat ini, yaitu tab s9 FE dan A54 5G adalah, masihlah dua perangkat yang sangat bagus, di tahun ini 2023, keduanya berjalan sangat stabil dengan mesin exynos 1380, ini adalah sebuah kesuksesan lain bagi samsung dalam membuat chipset. Untuk A54, saya menyukai kameranya yang bagus yang bahkan tidak kalah jauh dengan hape hape premium. Untuk tab S9 FE saya menghargai performa standarnya yang terbukti berkualitas. Ia dengan ukuran dan kualitas kerapatan pixelnya nyaman buat menonton, bermain game hingga mengerjakan beberapa tugas ringan.

Saya dapat memberikan penilaian itu karena saya juga adalah pengguna ipad pro M1 dan M2, saya tidak menjudge perangkat pada kelas mereka, apalagi harganya memang relatif terjangkau.

Anda bahkan dapat membelinya dengan harga di bawah 6 jutaan untuk varian RAM 6GB dengan ruang simpan 128GB melalui penjualan online. Saya juga menyertakan link pembelian di bawah video ini, silahkan di periksa.

Nah untuk urusan mendengarkan menonton musik tablet ini dapat di padukan dengan galaxy buds, yakni TWS besutan samsung. Namun jika Anda tidak memiliki tws, anda masih tetap bisa mendengarkan musik melalui hedset dengan colokan usb type C seperti ini. Ini tetap enak di dengar berkat pengaturan speaker AKG. Mengapa colokan type C? Ya karena semua perangkat mobile keluaran terbaru sudah menghilangkan lubang dan colokan jack. Selamat datang du abad lubang dan colokan type C.

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. review performa saat menjalankan editor video legendaris Lumafusion...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak