CARA MEMAKSIMALKAN JARINGAN SELULER MENGGUNAKAN TAB S9 FE 5G


Bicara soal fitur jaringan, konektivitas dan environment . Samsung tab s9 FE versi 5G memiliki kecepatan koneksi internet yang tinggi karena pastinya ia sudah di dukung oleh tipe jaringan :

4G bands:
LTE
5G bands:
SA/NSA
Speed/kecepatan:
HSPA, LTE-A (CA), 5G. 

Nah ada satu lagi ke istemewaan, ini termasuk fitur baru dan belum semua perangkat mobile masa kini memilikinya, yakni, fitur seluler terkini. Sebuah simcard pemancar jaringan seluler teknologi terbaru, yakin e-sim, lalu apakah e-sim itu, bagi yang masih ingin tahu, baiklah akan saya jelaskan disini.

Kartu SIM operator seluler yang ada di ponsel semakin hari semakin canggih dan ukurannya bisa semakin kecil.
Ukuran kartu SIM atau kepanjangan dari Subscriber Identity Module dari yang awalnya mini SIM, berkembang jadi micro SIM, lalu menjadi semakin kecil lagi menjadi nano SIM, dan yang terbaru e-SIM atau SIM elektronik.

Jika Simcard fisik, baik macro maupun ukuran nano harus dipasangkan ke slot atau tray yang tersedia, maka esim tidak. Esim sudah terpasang semenjak sebuah tablet atau hape dan lain lain di buat di pabrik, tinggal mengaktifkannya melalui layanan jaringan seluler, seperti telkomsel jika telah tersedia, XL, 3 dan lain lain.

Sekali lagi saya perjelas, E-SIM merupakan SIM digital yang membuat setiap pengguna ponsel dapat mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa kartu SIM fisik.
Dilansir dari situs resmi Kominfo, e-SIM tertanam di dalam perangkat yang akan teraktivasi secara jarak jauh dengan operator lokal untuk digunakan di suatu wilayah. Jadi untuk membeli sebuah kartu esim dan mengaktifkannya, tidak perlu harus pergi ke kantor layanan jaringan seluler, bisa dilakukan sendiri mengikuti step step atau petunjuk yang di berikan atau silahkan cari saja langkah langkahnya di internet.

Hebatnya lagi, Pemilik ponsel yang tertanam e-SIM juga dapat menggunakan layanan seluler dari satu negara ke negara lain, cukup dengan melakukan aktivasi kartu tersebut di negara tujuan.
Teknologi ini memungkinkan setiap orang hanya menggunakan satu ponsel dan e-SIM di berbagai negara di penjuru dunia, tanpa berganti kartu SIM sesuai operator seluler lokal.

Dengan e-SIM, pemilik ponsel dan tablet tidak perlu bongkar-pasang kartu SIM agar bisa terhubung ke dalam jaringan.

Lalu apa bedanya kartu esim dengan kartu Simcard biasa?

1. e-SIM permanen, sedangkan kartu SIMcard fisik dapat diganti-ganti.

Fisik e-SIM tertanam pada bagian motherboard ponsel secara permanen. Ini berarti, e-SIM tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilepas-pasang seperti kartu SIM biasa.

2. Ukuran e-SIM sangat kecil

Ukuran e-SIM memiliki sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada kartu SIM Nano. Padahal, kartu SIM Nano termasuk kartu yang berukuran paling kecil dengan panjang hanya 12,3 mm dan lebar 8,8 mm. Sehingga sebuah perangkat mobile dengan esim tanpa tray atau slot, bisa menjadi sebuah perangkat yang sangat tipis dimasa yang akan datang.

3. e-SIM lebih mudah digunakan.

E-SIM lebih mudah digunakan karena pengguna ponsel tidak perlu membongkar-pasang kartu SIM. Sebagai gantinya, orang hanya perlu memindai barcode agar dapat mengaktifkan e-SIM pada ponsel yang diinginkan.

4. e-SIM berlaku multinasional.

Berbeda dari kartu SIM yang harus menyesuaikan operator lokal dalam suatu negara, e-SIM bisa digunakan di berbagai negara. Artinya, pengguna Hp tidak perlu mengaktifkan kartu baru saat pergi ke negara lain.

Namun di balik kelebihannya, beda dengan fitur jaringan 5G yang telah mulai merata, e-SIM juga memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan penggunaan kartu SIM biasa. Khusus untuk saat sekarang karena ia masih baru, E-SIM yang tertanam pada perangkat membuat pengguna harus mengganti ponsel yang ingin menggunakan teknologi ini. Jika terjadi masalah pada ponsel atau e-SIM, maka perangkat harus ganti dan diaktivasi ulang, namun tentu saja ini bukan masalah terlalu besar.

Selain itu, saat ini, ketersediaan ponsel yang bisa menggunakan e-SIM maupun operator penyedia layanan ini masih sangat terbatas.

Tapi jangan kuatir, samsung tab s9 FE masih dilengkapi dengan slot atau tray kartu simcard fisik biasa disamping fitur yang lebih terkini dan modern, yakni Esim seperti yang telah kita singgung di atas tadi.

Berikut penyedia jaringan seluler esim atau Provider eSIM di Indonesia:

Beberapa operator seluler yang telah menyediakan produk eSIM di Indonesia antara lain sebagai berikut. 

1. Smartfren

Smartfren menjadi provider eSIM pertama yang ada di Indonesia. Operator seluler ini tercatat telah meluncurkan produk eSIM sejak Juli 2019 lalu.
Menurut Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation, eSIM merupakan salah satu teknologi terobosan bagi Smartfren. Proses migrasi penggunanya pun tidak berlangsung lama dan cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya harus melakukan aktivasi dengan eSIM QR code yang dapat diperoleh galeri Smartfren. 

2. Indosat Ooredoo

Menyusul Smartfren, Indosat Ooredoo juga turut merilis eSIM ini pada akhir tahun 2022. Menurut SVP-Head of Corporate Communications of IOH, Steve Saerang mengungkapkan bawah produk eSIM dari IOH dinilai lebih simpel dan transparan.
Pengguna bisa memperoleh produk ini di beberapa gerai Indosat di Jakarta antara lain di KPPTI, Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mall Ambassador, dan Mangga Dua.

3. XL Axiata

Provider eSIM di Indonesia yang paling anyar adalah XL Axiata. Operator seluler yang satu ini baru saja merilis produk eSIM pada awal 2023. Meski demikian, menurut Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan kehadiran SIM digital dari XL Axiata ini masih belum secara langsung menggantikan versi SIM fisiknya.
Nah, itulah beberapa provider eSIM di Indonesia yang saat ini telah menyediakan SIM digital yang satu ini.

Kini Kalian sudah tahu, tablet ini juga mendukung dua fitur jaringan modern penting ini, yakni jaringan seluler 5G dan fitur eSim. Disamping ia juga memiliki jaringan nirkabel seperti bluetooh generasi ke 5, fitur berbagi nikabel quick share yang sangat cepat dan mampu mentransfer file besar antar perangkat, hingga dukungan environment yang luas dan luar biasa.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, Tablet ini memiliki banyak sekali kelebihan yang mungkin saja kita butuhkan pada saat ini. Namun pada akhirnya harus dikembalikan dan di sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan masing masing pengguna.

Untuk sementara ini saya menggunakan esim xl jaringan LTE di tablet yang telah mendukung fitur kecepatan jaringan 5G ini. Jika kalian ingin mencobanya, ada dua cara, pertama mendatangi gerai atau kantor penyedia operator layanan XL, agar di bantu langsung pemasangannya di hape atau tablet kalian jika sudah mendukung fitur esim ini. Atau jika kalian mau mencoba secara online, silahkan pelajari atau bertanya minta petunjuk kepada penjualnya yang juga tersedia di tokopedia, shopee dan toko toko online lainnya, saya akan meyertakan juga link pembelian kartu, yang telah saya pasang ke tablet ini, melalui link di bawah deskripsi video ini.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak