Inilah Jenis tablet dan 3 Aplikasi EDIT VIDEO PREMIUM paling worth it DI ANDROID midring!


Secara pribadi, kalau ada yang nanya, niat beli tablet digunakan buat apa? Saya jawab buat editing video! Karena saya sudah punya iPad pro M1, tablet premium besutan apple ini masih saya gunakan hingga kini. Bukan hanya karena chipsetnya yang supercepat, tapi terlebih lagi karena kompatibilitasnya pada saat saya menggunakan beberapa aplikasi editing video kelas PC. Sebut saja Da vinci resove, adobe premiere rush, dan yang terakhir adalah aplikasi editor video pavorite saya di ipad: Lumafusion!

Namun Lumafusion juga sudah hadir di store aplikasi Android, dan jangan lupa ia hadir berkat samsung! Samsunglah yang membawa lumatouch ke android, atau paling tidak yang membawanya ke android. Untuk itu terima kasih samsung! 

Nah karena tahun ini telah hadir tablet kelas menengah samsung yakni samsung tab s9 FE, saya ingin membahas 3 aplikasi video premium yang paling worth it di pasang ke tablet samsung tab s9 FE. Sehingga nanti kalian bisa putuskan mana yang terbaik buat kalian. 

Yang paling penting, ketiga aplikasi editing video ini akan membuat tab s9 FE menjadi mesin editing video yang dapat meningkatkan produktivitas, sekaligus penghasilan, jika kalian sedang, dan telah memulai debut kalian menjadi konten kreator video di berbagai aplikasi platform masa kini. Tapi mengapa harus menggunakan tablet? Tentu saja ia bisa di jalankan di hape, tapi layarnya yang kecil akan membuat sedikit masalah ketika mengedit video dengan berbagai lapisan, transisi, footage dan lain lain. Untuk itulah mengapa saya merekomendasikan tablet android.

Mari kita bahas bersama!

1. VLLO

VLLO adalah aplikasi editing video dengan fitur dan tool yang nyaris komplit, dan tentu saja hampir dapat menyamai aplikasi editing video preimium kelas PC. Dengan VLLO kalian dapat menambahkan footage, lapisan atau layer video, menambahkan efek animasi, suara dan transisi yang sangat berguna untuk membuat video kalian jadi tampak profesional. 

VLLO mampu mengedit video green screen. Atau latar hijau. Ia menghapus latar warna hijau dan biru dengan sempurna dan memperhalusnya melalui 3 tool tambahan. 

Pokoknya dengan menggunakan aplikasi video yang satun ini tablet android kalian benar benar menjadi mesin editing video, ini saya sarankan bagi konten kreator youtube, tikok dan instagram. Harganya murah dan ada pilihan sekali beli untuk penggunaan selamannya.

Saya merekomendasikan aplikasi editing video ini buat pengguna tab s9 FE, karena aplikasi ini bisa berjalan maksimal di layar lebar.

2. INSHOT.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi editing video VLLO, inshot adalah sebuah aplikasi editing video yang sangat mumpuni. Ia memiliki fitur mulitlayer, apa itu multilayer, sama seperti VLLO, kalian dapat menambahkan banyak lapisan video kedalam timeline inshot dan memilihnya untuk di tampilkan di segala sudut video sesuai selera.

Kalian juga dapat menambahkan footage, suara, efek transisi, dan green screen atau fitur kroma. Aplikasi ini tergolong lengkap dan memiliki kemampuan render hingga 4K, sangat cocok buat edit video buat di publikasikan di youtube, tiktok, instagram dan lain lain.

Inshot dapat di beli sekali bayar untuk dipergunakan seumur hidup. Saya tidak ragu merekomendasikan aplikasi ini buat tablet kelas menengah seperti samsung tab s9 FE, aplikasi ini akan berjalan optimal pada layar lebar.

3. Lumafusion.

Inilah aplikasi video pendatang baru di android, paling hebat, paling lengkap, dan tidak bisa dipungkiri, ia satu satunya aplikasi video di android yang memiliki fitur paling lengkap, paling premium., paling murah dan paling worth it. Bayak kalangan expert mengatakan bahwa aplikasi besutan lumatouch ini bakalan menjadi aplikasi editing video blockbuster di masa yang akan datang. Ia akan membuat pikiran beralih dari mengedit di laptop akan pindah ke tablet.

Selain kemampuan footage yang intuitif, timelinenya mampu menampung hingga 5 layer video, dan beberapa layer suara lagi, ia juga memiliki kemampuan mengedit melalui kartu simpanan eksternal seperti SSD disk yang di beli terpisah.

Saya menyukai kemampuannya mengedit suara, menambahkan fitur animasi dan transisi, dan ia memiliki power yang sangat baik hingga mampu merender video hingga 8K! (Tentu saja untuk ini Anda membutuhkan iPad pro M1 atau M2 dengan durasi relatif pendek).

Kemampuan fitur kromanya juga mengagumkan, bukan hanya menghilangkan latar hijau dan biru, dalam beberapa kondisi, ia mampu menghilangkan warna warna latar lainnya dengan baik.

Tentu saja, kalau kita bicara aplikasi editing video android, rasanya lumafusion berada di depan aplikasi editing video seperti kinemaster dan powerdirector yang juga sudah lama terpasang di tablet android saya sejak tahun 2016. Kerena itulah bagi kalian yang ingin lebih serius menjadi konten kreator, saya menyarankan lumafusion untuk tablet tablet android di tahun 2023. 

Saya menyarankan tablet tablet dengan SOC kelas menengah seperti Galaxy tab s9 FE (soc Exynos 1380 5NM), Xiomi pad 6 (snapdragon 870 (7NM). Bukan apa apa, hanya agar pengalaman mengedit menjadi lebih menyenangkan.

Sebenarnya saya lebih menyarankan lumafusion di gunakan buat tablet kelas atas alias premium, karena memiliki potensi yang lebih baik. Namun sekali lagi ia tetap bisa dapat di optimalkan di tablet kelas menengah, karena menurut saya lagi editing video tidak semata mata karena perangkat yang mahal, tapi lebih tergantung kepada kepiawaian dan kesabaran si pengedit video itu sendiri.

Tapi, saya tidak menyarankan kalian menggunakan tablet huawei matepad, sekalipun yang premium, karena luamtouch tidak mendukung harmony OS. Meskipun misalnya jika kalian memasang lumafusion APK di tablet huawei, itu tidak akan berhasil. Sungguh di sayangkan.

tablet huawei tidak support lumafusion

Namun huawei adalah tablet yang bagus di buat dengan kualitas yang baik dan sistem operasi Harmony OS yang stabil. Ia dapat melakukan banyak hal termasuk editing video menggunakan aplikasi capcut, Filmora,  misalnya

Kelebihan 3 aplikasi video di atas:

  • Murah, Sekali beli di pergunakan seumur hidup (lifetime), beda dengan aplikasi lain yang harus subscribe. Ibaratnya kalau beli salah satu aplikasi video di atas, kalian membeli rumah bukan menyewanya. 
  • Fitur lengkap, memiliki fitur kroma, atau green screen, buat memanipulasi tampilan latar.
  • Mudah dan sederhana di pergunakan.
  • Salah satunya adalah aplikasi editing video kelas monster di perangkat mobile, dan level PC (Lumafusion)

Syarat nyaman menggunakan 3 aplikasi editor video di atas:

Tablet dengan SOC kelas menengah dan premium. Terutama Lumafusion jelas membutuhkan sumber daya perangkat lebih. Aplikasi ini tadinya diperuntukan buat iPhone dan iPad. Di iPad sendiri, lumafusion sangat populer dipergunakan terutama pengguna iPad pro M1 dan M2.

Terutama lumafusion sangat nyaman di jalankan di ipad pro M1 dan M2. Ini menandakan bahwa aplikasi editing video yang satu ini memang membutuhkan sumber daya kapasitas mesin yang lebih.

Akan tetapi tentu saja pengeditan menggunakan aplikasi ini dapat di sesuaikan, misalnya jika kalian mengedit video dengan durasi 3-8 menit panjangnya, lalu memilih resolusi 2K dan kualitas normal, maka pengeditan akan lancar menggunakan tablet kelas menengah. Hasil video di jamin tetap tampil prima dan secara visual tampak berkualitas tinggi.

Namun jika kalian memiliki tab s9 snapdragon 8 gen 2, atau iPad air M1, atau iPad pro M1 dan M2, maka kalian dapat mengedit video dengan durasi yang lebih panjang dengan kuaitas di atas 4K, karena memang perangkat perangkat ini memiliki kemampuan yang paling peremium hingga di awal tahun 2024 ini.

Sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan saja. Bagi saya pengguna ipad pro M1 dan M2, saya tidak kecewa membeli samsung tab s9 FE yang murah karena ia mampu menjalankan lumafusion dan kedua aplikasi editing video yang telah kita bahas di atas. 

Demikian 3 aplikasi premium sekali bayar yang saya rekomendasikan buat tablet kelas menengah, jika ada kekurangan dari penjelasan saya dilahkan di tambahkan di komentar ya…terimkasih sampai jumpa lagi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak