APAKAH IPAD DAPAT MENGGANTIKAN LAPTOP PC DALAM MENJALANKAN APLIKASI PERKANTORAN?


Trend orang beralih ke tablet untuk melakukan pekerjaan ringan, menengah dan berat sedang terjadi. Dan untuk itu apple tampaknya sedang bersiap menjadikan lini iPad pro dengan chipset M3 mendatang benar benar bisa menggantikan tugas laptop tampaknya mulai masuk akal.

Soalnya hanya iPad pro yang selama ini secara tehnis pada pada perangkat kerasnya benar benar sudah mirip sebuah PC, ia sudah menggunakan chipset "apple silikon M" yang juga dipasangkan ke jajaran macbook hingga macbook pro mereka, bahkan PC desktop mereka yakni iMac menggunakan chipset yang sama. Silahkan bandingkan sendiri dengan tablet android premium yang kadang kalah performa dengan mesin sebuah smartphone android kelas premium.

Tablet android di gadang gadang mirip PC windows, dan dapat menjalankan aplikasi perkantoran lebih optimal, lalu ada lagi tablet huawei pabrikan cina yang mengandalkan pemasarannya pada kemampuan office dengan menyertakan paket default WPS office yang mirip dengan microsoft office.

APAKAH KEMAMPUAN MENJALANKAN APLIKASI OFFICE PERTANDA TABLET MAMPU MENGGANTIKAN LAPTOP?

Paling tidak itu sekarang yang sedang "dikampanyekan" huawei melalui tablet harmonyOSnya. Huawei matepad air dengan paket instalasi WPS. Dan benar, itu cukup menarik perhatian calon pembeli tablet, bukankah kalau sebuah tablet mampu menjalankan aplikasi produktivitas, kita lantas tidak perlu membali laptop PC lagi?

Sedangkan iPad? iPad tampak tidak tertarik berpromosi seperti itu, bahwa seolah olah sebuah tablet telah benar benar mampu menggantikan laptop. Bahwa sebuah tablet mampu menggantikan laptop masihlah gimmick untuk menarik perhatian konsumen. Tapi tunggu, itu bukan berati sebuah tablet tidak bisa mengantikan tugas laptop sema sekali.

Pengalaman saya sebagai pengguna tablet premium android (saya galaxy pengguna tab s7 plus, dan kini tab s9), dan juga matepad 11 harmony OS, saya mendapati, dalam beberapa hal dengan memiliki sebuah tablet PC, kita memang tidak membutuhkan laptop lagi.

Tapi ketika berbicara pekerjaan berat seperti editing video dan pekerjaan banyak grafis, tablet android gagap sekali karena keterbatasan kekuatan chipset dan dukungan aplikasi yang kompatibel. Anda tidak akan memahaminya jika tidak menjadi pengguna tablet android selama bertahun tahun.

Namun sebuah iPad ternyata mampu sekali menjalankan aplikasi editing video kelas pc, sebut saja lumafusion, davinci resolve, adobe premiere rush. Ketiga aplikasi ini tidak ada dan tidak dapat di pasang di tablet huawei, sedangkan di Play store android tidak ada aplikasi da vinci resolve dan adobe premiere.

Faktanya, iPad mampu menjalankan apliaksi perkantoran manapun yang terdapat di android dan harmony OS. iPad mampu menjalankan microsoft office dengan sangat baik, bahkan lebih baik dari android, iPad mampu menjalankan WPS office.

Namun saya lebih suka Polaris office mobile versi premium yang hanya dapat di pasang di iPad dan iPhone, namun tidak bisa di pasang di android dan apalagi di huawei matepad. Ingat yang saya maksud adalah Polaris mobile, bukan Polaris office yang biasa. Sekali lagi Polaris office mobile hanya bisa berjalan di iPad dan di iPhone.

Aplikasi ini luarbiasa sederhana, tapi bagus disisi kualitas. Aplikasi memiliki fitur lengkap yang mendekati mircosoft

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak