TAB S9 FE SETELAH UPDATE KE ONE UI 6 titik SATU KALIAN TIDAK AKAN MENYESAL BELI


Saya pengguna iPad pro, dan tentu saja secara spesifikasi ia berada jauh di atas tablet samsung tab s9 FE yang kelas menengah, lagian beda pabrikan dan beda platform. Baiklah kita akan membahas tablet samsung tab s9 FE.

IP 68 Tahan air iPad pro tidak memiliki ini

Seperti kalian lihat tab s9 FE yang sedang saya cuci ini bukanlah peralatan dapur, ia adalah sebuah tablet dengan spesifikasi kelas menengah, bahkan Hape samsung A54 5G masih lebih tinggi speksnya, terutama pada bagian RAM dan refresh layarnya hape A54 jelas lebih unggul. Kalau urusan kamera dan lain lain ya sudah, kita abaikan saja.

Namun ada catatan penting setelah update ke ONE UI 6.1, performa tablet ini terasa kencang, baterai jadi awet dan, terutama pada bagian kamera yang di tingkatkan dan editor gambarnya yang akan saya berikan contoh berikut.

Inilah dia samsung tab s9 FE, yang mungkin akan cocok menjadi driver harian kalian dengan budget rendah, untuk dijadikan sebagai alternatif iPad pro atau laptop. 

Kemampuan edit photo default

Sekarang saya sedang membuka gambar di libari perangkat, salah satu gambar akan saya pencet agak lama sampai gambar dapat di drag begini, dan begini, pada bagian bawah gambar muncul menu yang salah satunya adalah perintah mengkopi gambar ini.

Setelah selesai saya masuk kepada gambar lain pada gambar ini saya cari menu paste, dan gambar yang tadi saya kopi saya pasterkan disini. Hasilnya adalah sebagai berikut, yang mana hasil paste bisa juga di perbesar atau diperkecil sesuka hati. 

Kemampuan browser opsi desktop vs iPad pro M1

Fitur selanjutnya adalah fitur browser, Samsung tab s9 FE seperti layaknya tablet tablet android, memiliki kemampuan brower opsi web atau desktop, Kalian mungkin perlu mengerjakan sesuatu secara online seperti yang saya lakukan ketika membuat filem atau video animasi menggunakan website adobe kreatif ini, ketika tombol start saya klik, dan saya merubah browser mobile ke opsi web, maka halaman editor adobe terbuka sama persis seperti layaknya ketika kita menggunakan laptop PC baik windows maupun chromebook. Ini berguna bagi saya karena saya sedang mencoba sebuah channel humor dengan tokoh tokoh avatar animasi. Kalian dapat berkreatifitas dengan bebas menggunakan tablet samsung tab s9 FE. 

Namun ia tidak akan bisa dilakukan jika kalian menggunakan iPad, karena pada iPad broswer terpaku pada paramater opsi mobile, ketika saya mencoba membuka halaman adobe kreatif, inilah yang terjadi, yang muncul adalah gambar tampilan mobile, walau opsi browser telah saya rubah menjadi desktop, ya itu tadi, parameternya tidak bisa di alihkan ke browser web. Kalau dalam hal ini mau tidak mau saya harus menggunakan tablet samsung tab s9 FE, bukan?

Peningkatan kecepatan transfer nirkabel menggunakan quickshare vs airdrop iPad pro M1

Pada update ONE UI 6.1, saya merasa kecepatan transfrer nirkabel  quickshare samsung belumlah dapat menandingi keepatan airdrop ipad pro saya, disini saya mentransfer video dengan ukuran yang sama, dan menghitung kecepatan yang sama walau telah saya lakukan berulang ulang, samsung dengan quick share men transfer video dari hape ke tablet dengan cepat memang sudah sama seperti saya mentransfer video dari iPhone ke iPad pro.
Bagi yang memiliki tab s9 FE dengan update ONE UI 6.1, silahkan mencoba ya.

Pekerjaan Office vs iPad pro M1

Untuk mengetik saya masih mempavoritekan iPad Karena keyboardnya yang intuitif, ini adalah bagian PR samsung agar menyempurnakan asesories yang satu ini. Memang harga keyboard samsung lebih murah dan di jual di kisaran 2,7 jutaan, sedangkan magic keyboard iPad pro, dikisaran 4 hingga 5 jutaan, tapi lihatlah feelnya memang terasa jauh sekali. Mungkin ini terasa subjektif. Untuk aplikasi office, kedua perangkat memiliki kemampuan menjalankannya dengan nilai yang setara. Dalam hal ini saya memilih iPad di karenakan kenyamanan ketika menggunakan magic keybaordnya, ketimbang Samsung dengan Samsung backcover keyboardnya. Kedua keyboard ini relatif mahal.

di dukung oleh layar yang multitasking dan mampu membuka beberapa jendela ya lumayanlah buat menopang beberapa pekerjaan atau tugas tugas ringan, sementara kalau di lihat secara fisik desain samsung tab s9 fe sudah termasuk dalam range premium, karena terbuat dari bahan metal, walau terasa agak lebih berat sedikit daripada iPad pro M1.

Game

Untuk bermain game karena saya tidak menggunakan ipad pro M4 2024, maka saya lebih memilih samsung tab s9, walau dengan chipset dan grafis yang lebih rendah, urusan game perangkat android terasa sedikit lebih kaya dan lebh mumpuni.

Menjalankan lumafusion (aplikasi editing video standar PC)

Sedangkan untuk urusan editing video, nah disini iPad sangat superior, apalagi chipset M1 memang mesin kelas PC, jadi editing video terasa sangat lancar tanpa lag. Namun walau demikian, jika seandanya saya tidak punya iPad pro ini, saya tetap bisa menggunakan samsung tab s9 FE buat editing video dengan pilihan editing hingga 4 K sama di iPad, hanya saja beda pada kecepatan dan kemulusannya.

Namun jika kalian menggunakan aplikasi editing video ringan, maka tab s9 FE sangatlah bisa di andalkan. Menurut saya tablet ini layak untuk di miliki oleh konten kreator pemula yang ingin maju.

Samsung tab s9 juga tentu saja bisa menjalankan lumafusion.

Bagaimana menurut kalian? silahkan di tambahkan kelebihan kelebihan dan kekurangan lain dari tablet samsung tab s9 FE ini.

Salam sampai jumpa lagi.




Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak