LUMAFUSION TIDAK BISA BERJALAN DI PERANGKAT HARMONYOS HUAWEI

 

 Lumafusion adalah aplikasi editing video yang sangat bagus, saya telah menggunakan hampir selusin aplikasi editing video mobile premium (berlangganan dan berbeli), namun lumafusion adalah aplikasi editing video level PC yang juga tersedia di macbook. Saya menggunakan lumafusion di iPad pro M1 tua saya dan sepanjang menggunakannya ia cukup memuaskan. Perlu saya ulangi, saya telah menjelaskannya pada tulisan terpisah, ia dapat dibeli sekali bayar (once pay for lifetime).

Harganya relatif sangat murah karena tidak perlu membayar setiap bulan. Tadinya saya berharap ia dapat berjalan di tablet HarmonyOS yakni huawei matepad pro. Tapi setelah mencobanya berkali kali dan mencari penyebab mengapa ia tidak bisa berjalan di huawei saya akhirnya menyerah, karena sebagian besar pekerjaan saya adalah edit video, ya saya jual saja tu matepad, dan saya beli tablet android, ternyata, tablet android kelas menengah terengah engah ketika menjalankan lumafusion. Jelas lumafusion membutuhkan sumber daya dan kompatibiltas tinggi, entah ini kekurangan atau malah menjadi kelebihan, saya tidak teralu perduli, jadi pada tahun 2022 yang lalu saya beli iPad pro M1 dengan ruang simpan 512GB biar bisa menyimpan dokumen editing besar.

Sudah pasti tidak bisa berjalan di perangkat mobile huawei

Dan benar semenjak itu saya menjadi sangat bergantung pada iPad pro untuk editing video. Saya mencoba sekali lagi tablet huawei dan bersama pegawai toko huawei hampir setengah hari mencoba, ternyata lumafusion tidak dapat berjalan di tablet dan perangkat mobile huawei.

Saya membaca diskusi di reddit ternyata salah seorang telah menghubungi pihak pengembang lumafusion, dan mereka menegaskan tidak mendukung perangkat huawei, kecuali mungkin jika ada dukungan di masa depan.

Kesimpulannya adalah:

Pertama: Lumafusion dapat berjalan sempurna pada perangkat apple karena perangkat apple tidak ada yang entry level, premium semua, juga memiliki sumber daya dan ekosistem yang kuat buat menjalankan lumafusion.

Kedua: Lumafusion dapat berjalan mulus dan lancar pada perangkat baik hape maupun tablet premium android. Saya tidak menyarankan kalian memasang lumafusion pada perangkat entry level android, minimal yang mid ring, itupun sangat terbatas kemampuannya dalam menjalankan aplikasi editing video ini, karena lumafusion membutuhkan sumber daya yang cukup besar.

Ketiga: lumafusion tidak bisa berjalan sama sekali di semua perangkat baik tablet maupun hape harmonyOS buatan huawei. Sampai hari ini kalian tidak akan ada cara menginstal, dan menjalankan lumafusion di perangakat harmonyOS huawei, sekalipun kalian mencoba mencari APK nya. Tidak akan bisa.

Demikianlan semoga bermanfaat!


Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak