Samsung tab s9 vs Apple iPad M1 test Performa

samsung tab s9 vs iPad pro m1

Tablet adalah perangkat mobile yang dalam banyak hal telah menjadi alternatif bagi sebuah laptop PC, bahkan banyak pengguna yang telah mulai menggantungkan pekerjaan mereka kepada tablet, mulai dari pekerjaan perkantoran, mengetik dan mengolah dokumen hingga editing video. Kalau mau jujur, ada 2 nama besar produsen tablet ternama di dunia ini yang tidak di ragukan lagi memiliki nama besar. 

Yakni Samsung di lini Android, dan iPad iPad di lini Platform Apple. 

Keduanya sama sama memiliki environment yang kuat, kemampuan rekayasa teknologi dengan berbagai catatan paten yang hebat. Keduanya sama sama memiliki kemampuan dan telah membuat teknologi yang paling rumit di dunia ini: Chipset silikon. Samsung membuat exynos, Apple telah membuat Silikon chipset “M”. Walau semua pencapaian bukan segalanya dan masih akan berlanjut, untuk saat ini siapa yang lebih unggul dalam hal perfoma perangkat tablet?

Inilah artikel adu performa perangkat terbaru android premium dengan perangkat tablet lawas apple iPad pro M1.

ADU PERFORMA samsung galaxy tab s9 (2023) melawan iPad pro M1 (2021)

1. Geekbench perfomance

Baiklah Samsung walau telah membuat chipset, namun performanya masih jauh dari harapan, jadi tahun lalu samsung menggunakan snapdragon 8 Gen 2 untuk tablet premium terbaru mereka: Samsung tab s9 yang telah dibuat di pertengahan tahun (Juli) 2023 yang lalu.
Tablet ini akan kita bandingkan performanya dengan produk tablet premium Apple yang terbilang telah jadul, yakni Apple iPad M1 yang di buat pada awal tahun (April) 2021, selisih yang cukup lama lebih tiga tahun! Namun bagaimana jika kedua performa kita adu?.

Geekbench resulted: Samsung tab s9 (2023)

geekbench result for samsung tab s9


Jadi dari Geekbence kita dapat hasil: Samsung tab s9 memiliki skor 531 untuk SINGLE CORE, dan mempereoleh score 1832 untuk MULTI CORE. Pencapaian ini cukup tinggi karena tab s9 adalah tablet premium yang di banderol dengan harga belasan juta rupiah di tahun 2023 hingga 2024 ini. Performa ini menghasilkan banyak hal: Bermain game yang mulus. Menedit video. Kalau hanya edit dokumen perkantoran jauh melebihi cukup, ini adalah tablet premium Android!

Geekbench resulted: iPad pro M1 (2021)

Lalu bagaimana jika ia kita banding dengan produk tablet Apple? Untuk hasil geekbench saya tidak bisa membandingkannya dengan iPad pro M2 apalagi iPad pro M4. Jadi saya hanya bisa membandingkannya dengan iPad pro M1 yang usianya sudah terbilang jadul karena di produksi pada tahun 2021 yang lalu, tiga tahun lebih tua daripada samsung tab s9.

hasil geekbence ipadproM1


Anda lihat hasilnya bukan? Ini diluar ekspektasi saya. Ternyata hasil geekbench membuktikan, samsung tab s9 tidak berpeluang menandingi iPad pro M4, bahkan jika di banding iPad pro M2, dibanding dengan iPad pro M1 satu saja peluangnya sudah jelas, samsung tab s9 dengan mesin chipset snapdragon 8 gen 2 bukanlah tandingan iPad pro M1 dengan chipset M1. Bahkan untuk single core samsung tab s9 hanya menorehkan separoh lebih lemah daripada iPad pro M1.

2. ANTUTU

Lalu bagaimana kalau dilihat dari hasil test Antutu?

Samsung tab s9 (2023) antutu:
samsung tab s9 antutu test result

Pada antutu samsung tab s0 mencatatkan perolehan yang cukup signifikan yakni 1.250.000, serius, sebagai tablet dengan label premium ini sudah sangat tinggi. 

iPad pro M1 (2021) antutu:
ipad pro m1 antutu test result
Pada hasil test benchmark antutu, iPad pro M1 menorehkan hasil 1.808.909, jelas lagi lagi mengungguli samsung tab s9. 

Mengapa test ini penting?

Karena ketika memilih sebuah tablet pengguna akan mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari desain yang premium, brand, dan peruntukannya.

Namun ketika sebuah tablet mulai dipergunakan secara serius buat menggantikan laptop, performa akan menjadi keniscayaan. Contoh ketika saya test keyboard samsung buat mengetik, masih terdapat latensi, tidak senyaman keyboard ipad pro, walau sama sama memiliki koneksi 3 pins (bukan terhubung melalui bluetooth) produk keyboard apple jelas jauh lebih smooth.

Dan lebih jauh ketika saya pergunakan buat editing video menggunakan lumafusion, lagi lagi, edit video di ipad pro jauh lebih smooth daripada tab s9. Ini tidak terlepas dari hasil performa di atas. Terlepas dari fakta bahwa aplikasi editing video kelas PC juga lebih banyak tersedia di App store Apple di banding dengan Play store Android.

PRO DAN KONTRA

Perlu di ingat juga rasanya masih adil jika kita membandingkan tablet Android besutan samsung dengan iPad, karena sebenarnya samsunglah yang lebih memiliki kapasitas membuat tablet tandingan ipad. kekurangan iPad terhadap tablet Android adalah harga dan keluwesan pilihan mendownload aplikasi dari pihak ketiga. 

Sedankan kelemahan tablet Android samsung premium di banding dengan iPad pro adalah:

Pertama, tablet samsung menggunakan sistem operasi hape android jadi levelnya masih smartphone, sehingga memiliki pengalaman yang sama dengan smartphone namun dengan layar bongsor, sementara ipad telah menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan iPhone, iPad nyaris mendekati sistem operasi macOS yang level PC.

Yang kedua, tablet premium samsung lebih jauh hanya menggunakan chipset yang sama dengan hape premium android, contoh, jika hape S23 menggunakan snapdragon 8 gen 2, maka samsung tab s9 juga menggunakan chipset yang sama, jadi tidak heran jika performanya memang masih level hape. Sedangkan iPad pro menggunakan chipset yang sama dengan chipset PC yang dipergunakan di macbook pro sekalipun, misalnya jika iPhone 15 (hape) menggunakan Abionic 16, maka iPad pro 2024 telah menggunakan chipset M4 yang digunakan di Macbook pro.

Tidak main main bahkan chipset ini mengalahkan performa banyak laptop mahal di dunia.

Hal ini cukup menjelaskan mengapa hasil test performa iPad M1 melawan samsung tab s9 masih tetap unggul jauh. 

Jika Anda mempertimbangkan membeli tablet karena update dan baru, dipergunakan sekedar main game dan nonton, tab s9 cukup worth it. Namun jika Anda ingin performa pada saat bekerja dan edit video, iPad jadul M1 jauh lebih worth it.

Harga

Model iPad pro M1 memang sudah jarang di pamerkan di outlet resmi Apple, berhubung usia produksi sudah melebihi 3 tahun namun di tokopedia ada penjual yang menawarkan harga 9 jutaan dengan ruang RAM 8/128 wifi only. Anda dapat mengklik gambar untuk membelinya di tokopedia:

iPad pro M1 harga baru tahun 2024

Sementara itu jika Anda lebih tertarik dengan samsung tab s9 yang lebih baru, harganya yang relatif lebh murah (8 jutaan) mungkin bisa menjadi daya tarik yang bagus, saya juga menyertakan link pembelina melalui gambar berikut di bawah:

harga samsung tab s9 tahun 2024


KESIMPULAN

Anda mungkin akan membeli samsung tab s9 karena bagus buat nonton, karena harganya lebih murah, tapi Anda mungkin akan membeli iPad pro M1 karena mesinnya lebih kencang, dan lebih masuk akal digunakan buat beberapa jenis pekerjaan.

Demikianlah perbandingan performa samsung tab s9 2023 versus iPad pro M1 2021. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak