EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

3alasan mengapa blog wajib menggunakan template bawaan terbaru

AvatarOleh:
Di dalam beberapa postingan kami telah menjelaskan tentang beberapa versi atau varian template default (bawaan) blogspot dari masa ke masa, satu diantaranya kini telah di hilangkan dari dalam dasbor dan pengaturan blogger.

Baca:

TELITI MEMILIH TEMPLATE. 
Setiap template mewakili zamannya, setiap masa (zaman) memiliki kebutuhan mereka sendiri. Template template tersebut di buat berbasis kebutuhan, teknologi web, dan bentuk atau fungsi perangkat pada masa itu.

Tidak terkecuali template template yang di buat oleh pihak ketiga (di desain oleh pembuat template yang bukan tim Google) template template yang mereka buat sebelum tahun 2017 umumnya mengadopsi layout 2. Meskipun itu dinyatakan sebagai premium, namun bisa jadi sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan blogging zaman now dan sudah tidak ramah SEO lagi. 

Contohnya template klasik (yang sekarang sudah tidak ada lagi terdapat di dasbor blogger) di pergunakan pada saat zaman keemasan layar komputer desktop besar, pada saat belum ada perangkat mobile yang mengusung teknologi internet pada masa itu. Bahkan laptop saja masih sangat langka.

Pada dasbor blogger sekarang masih terdapat 7 varian template lama yang populer di pergunakan pada tahun 2012 hingga tahun 2017. 
  1. Simple
  2. Dynamic
  3. perjalanan
  4. Picture window
  5. Awesome inc
  6. Watermark
  7. Ethereal
  8. Travel
Namun sekarang adalah zamannya template mobile, dan telah terjadi pembaharuan template terbaru blogger yang terdiri dari 4 varian:
  1. Contempo
  2. Emporio
  3. Soho
  4. Notable
Setelah pembaruan template Google kemudian memperbaharui antar-muka halaman dasbor blogger yang tampil seperti pada saat sekarang ini.
 
Mengenai empat varian template terbaru, begini cupilkan lengkapnya yang kami copy dari laman blogger.googleblog.com:


20 Maret 2017

Jika Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang menggunakan Blogger untuk berbagi tren dan pandangan saat ini, misal mengajari dunia cara membuat sushi, atau hanya menawarkan kisah kesaharian hidup Anda, maka Anda tahu betapa pentingnya untuk dapat membuat brand pribadi Anda di blog Anda. Lagipula, blog Anda bukan hanya tempat Anda berbagi, ini adalah cerminan dari siapa Anda dan kesan yang ingin Anda tinggalkan kepada pembaca Anda.

Untuk memudahkan Anda mengekspresikan gaya unik Anda, kami telah membuat kumpulan tema blog baru untuk Anda pilih. Setiap tema hadir dalam berbagai warna, dapat disesuaikan sepenuhnya, dan dapat ditambahkan ke blog Anda hanya dengan beberapa klik.

Tema-tema ini tidak hanya dirancang agar terlihat bagus, tetapi juga dirancang untuk berfungsi dengan baik. Masing-masing telah dibuat untuk secara otomatis menyesuaikan dengan layar mana pun dan memuat dengan cepat, sehingga Anda dapat yakin bahwa pembaca Anda akan dapat dengan mudah melihat pekerjaan Anda baik di komputer, ponsel, atau tablet.

Berikut sekilas tentang desain baru: 


Selain bagus untuk foto maupun untuk sebuah cerita, Contempo memberikan sentuhan modern yang segar pada banyak petualangan hidup. Style desainnya: Indie

Contempo ini memiliki 5 varian yang dibedakan oleh 5 warna utama:
  • light
  • dark
  • pink
  • aqua
  • flamingo
Contempo menduduki urutan pertama sebagai pilihan sebuah template blogger yang responsif dan mobile, contempo memiliki header yang kuat, ruang tulis untuk konten yang dinamis, menurut para desainernya (tim desainer pihak Google) tampak sebagai template yang pas buat blogger traveling, namun juga cocok untuk niche niche khsusus, apalagi jika Anda bisa merombak tampilannya tanpa merusak strukturnya.

template contempo


DEMO )

2. Soho

Tampil elegan, sederhana, namun kuat, Soho adalah ibarat galeri yang dibuat untuk menampilkan foto, desain, atau renungan terbaru Anda dalam tampilan terbaiknya. Gaya desainnya adalah 'Fancy'.

Soho juga memiliki 5 varian yang dibedakan oleh 5 warna:
  • light
  • dark
  • neon
  • pinkred
Template ini seolah tampil sebagai galeri web, sehingga sangat cocok buat blog gado gado, atau lebih khusus lagi buat blogging personal, cerpen, cerbung, novel, atau segala hal yang bersifat personal yang ingin Anda sampaikan kepada dunia.
template soho
DEMO )

3. Emporio

Dari proyek hingga objek, Emporio dapat menempatkan berbagai postingan dan menampilkannya dengan cara yang apik dan rapi. Style desainnya: Vegeclub

template emporio
DEMO )

Emporio memiliki 5 varian yang di bedakan oleh 5 warna warni:
  • Porcelin
  • toolbox
  • apron
  • techica
  • flamingo
Tampilan homepagenya grid dan modern, sehingga dapat menarik pengunjung pada pandangan pertama.

Emporio sebenarnya bisa dijadikan template tutorial, namun menurut saya ada kekurangan pada tampilan video yang kurang responsif sehingga kita harus menambahkan script atau pengaturan CSS tambahan ke dalam template ini.

Namun jika Anda memiliki hobi mengajar, teknik, membuat resep kue dan berbagi kepada dunia ini, maka template yang satu ini adalah jawabannya. Lakukan pengaturan


4. Notable

Tidak masalah jika Anda adalah orang yang bersemangat atau boros, Notable adalah buku catatan Anda untuk coretan, cerita, dan banyak lagi.
contoh template notable

DEMO )

Menggunakan template ini seolah memiliki buku catatan tanpa batas, ia juga memiliki 5 varian dengan 5 warna beriktu:
  • light
  • coral
  • dracula
  • pink
  • antique
Style desainnya adalah: rockpool.

Untuk melihat semua variasi tema yang berbeda, dan untuk mencoba yang baru untuk blog Anda, kunjungi dasbor blog Anda dan pilih tab Tema. 

Kami berharap pembaruan terbaru ini semakin memudahkan untuk memublikasikan hal-hal yang Anda sukai dengan cara yang sesuai dengan gaya Anda. Beri tahu pendapat Anda dan nantikan pembaruan lainnya untuk Blogger.

Selamat ngeblog!

(Diposting oleh Guy Ronen, Manajer Produk)

MENGAPA TEMPLATE LAMA MASIH ADA DI DASBOR BLOGGER?

Selain memang masih bisa dijadikan pilihan, baik terkait selera, pengatahuan maupun alasan teknis, 7 varian template lama tersebut masih di sana karena Google ingin memberikan kesempatan dan waktu pada pengguna baru dan dan terutama pengguna lama agar move on ke template terbaru. Kesempatan untuk membandingkan performanya seperti yang telah kami uraikan di atas.

Sedangkan template 'klasik' telah hilang dari dalam pengaturan dasbor terbaru blogger di tahun 2020 ini.

Baca:

SEJARAH TEMPLATE DEFAULT BLOGSPOT DARI MASA KE MASA

 
Sekali lagi menggunakan template lama 'masih' dapat dijadikan pilihan tapi menggunakan varian template blogspot terbaru adalah rekomendasi dari Google.
Alasannya kami himpun berdasarkan pengamatan, pengalaman dan referensi dari Google Webmaster adalah sebagai berikut:

Alasan pertama Template varian terbaru itu mobile

Google telah memberikan peringatan, bahwa di bulan Mei tahun 2020 ini, halaman blog yang tidak berkiblat pada halaman mobile akan terkena finalti. 

Mungkin tidak terdengar sekejam itu, akan tetapi dengan sangat jelas Google telah mengumumkannya baik melalui halaman official dan melalui notifikasi di halaman webmaster search console: Mulai hari ini index pencarian akan di alihkan ke pencarian mobile. Dan ingat, hanya halaman yang kanonik!

Artinya apa? Jelas, halaman harus mobile, mungkin diluar perkiraan kita artinya lebih dari hanya sekedar 'responsif' tidaklah cukup. Sedangkan template lama itu lebih diutamakan buat blogging layar besar desktop ketimbang layar hape atau ponsel.

Anda bisa beralasan, saya akan menambahkan pengaturan CSS ke dalam template dan mengatur kode @media screen agar template menjadi lebih responsif dan mobile. 

Tidak sesederhana itu, template terbaru di buat lebih tulen untuk layar mobile. Anda mungkin pernah merasa tidak senang pada saat menggunakan template contempo dan melihatnya di layar laptop, halaman full dengan sidebar split (di sembunyikan di sebelah kiri layar dan baru muncul saat menu di klik).

Akan tetapi demikianlah halaman modern ditampilkan dan bekerja. Jika Anda memiliki pengatahuan dan masih tidak bisa move on dari tampilan masa lalu, Anda dapat merombak tampilan contempo menjadi lebih 'klasik' namun tidak merusak struktur bawaannya, yo wis. Kami biasanya juga melakukannya pada template template yang sedang kami pergunakan.

Jadi jelas ke empat varian terbaru template blogspot ini sangat mobile dan untuk masa sekarang jika Anda menjalankan halaman blog menggunakan varian template sebelumnya dapat dipastikan halaman Anda tidak akan di prioritaskan oleh mesin pencari Google, mereka telah mengatakannya.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan template terbaru halaman Anda akan memiliki semua prioritas blogging modern dan sesuai dengan pedoman SEO on page. Paling tidak sekarang kita telah tahu bahwa template varian terbaru blogspot dibuat untuk ramah SEO.

Anda tahu bahwa di dunia ini tiada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri, sekalipun hari ini sudah masanya template template terbaru di rekomendasikan oleh Google, masih terbuka peluang Google membuat template yang lebih baru berbasis halaman AMP di masa depan.

ALASAN KEDUA TEMPLATE TERBARU ITU CEPAT, RINGAN DAN RESPOSIF

Ya ringan ketika dipergunakan untuk mobile, seperti klaim pihak Google sendiri bahwa template ini di buat : Tidak hanya dirancang agar terlihat bagus, tetapi juga dirancang untuk berfungsi dengan baik. Masing-masing telah dibuat untuk secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar mana pun dan mampu loading dengan cepat, sehingga Anda dapat yakin pembaca akan memahami dengan lebih baik postingan Anda baik di komputer, ponsel, atau tablet.

Sebagai penulis, pembuat konten atau apapun misi Anda, Anda pasti menginginkan agar konten sampai ke hadapan pembaca, mudah di pahami karena tampilan penyajiannya yang simple dan bersih. 

ALASAN KETIGA TEMPLATE TERBARU AKAN MEMBUAT HALAMAN DI INDEX LEBIH CEPAT.
 
Di banding menggunakan template lama, template baru memang sangat ramah SEO, terlihat jelas di halaman Google Webmaster grafik pengindeksan yang di bagi dua:
  1. Mobile
  2. Dekstop
Perhatikan tabel yang saya copy dari Google Webmaster berikut:
JenisValidKesalahanTren
Data Web Inti
Mobile
Desktop
181
0
0
0
BUKA LAPORAN
Kebergunaan Seluler
376
0
BUKA LAPORAN
Breadcrumb
718
0
BUKA LAPORAN
Kotak penelusuran Sitelink
363
0
BUKA LAPORAN
Data terstruktur tidak dapat diurai
0
BUKA LAPORAN

Tampak jelas penyempurnaan halaman di utamakan untuk halaman mobile, bukan? Tabel diatas adalah pertanda halaman dekstop akan ditinggalkan sama nasibnya dengan tamplate template tua. Kita hanya perlu bersiap siap.

Skor di atas (skor mobile, alih alih skor desktop) sangat mudah di dapatkan jika Anda menggunakan template AMP yang valid. Template AMP yang valid saja tidak cukup jika Anda tidak menyesuaikan postingan postingan Anda mengikuti kaidah AMP juga.

Anda mungkin tidak akan mendapatkan nilai atau skor mobile jika tidak menggunakan template mobile, dan template mobile non AMP itu adalah template template varian terbaru blogspot seperti yang telah kita singgung di atas.

Jangan takut perubahan, karena dalam blogging saat ini,  jika Anda masih menggunakan template yang jauh dari kata responsif dan mobile, halaman Anda akan terkena finalti dalam beberapa bulan lagi.

Referensi : https://blogger.googleblog.com/2017/03/share-your-unique-style-with-new.html

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
3alasan mengapa blog wajib menggunakan template bawaan terbaru

11 komentar

  1. Saya masih setia dengan contempo 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih pakai, kok. Cuma tampilannya saja sudah di modifikasi... 😁

      Hapus
  2. jadi itu ya alasannya, heem, menarik juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu viomagz dibuat mirip template generasi sebelumnya (layout generasi kedua) . Strukturnya mirip simple theme sih, namun memang sangat responsif dan mobile.

      Hapus
  3. Kalo yang klasik emg gak responsif ya. Dibuka di hape tampilannya tetap versi desktop

    BalasHapus

  4. Waahh baca ini saya jadi ingin ganti template Notable seperti dulu lagi...Thanks mas atas penjelasannya..😊😊

    BalasHapus
  5. Saya pakai template dari mas Sugeng. Apa sebaiknya pindah ke template bawaan blogger saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan Mas. Template buatan mas Sugeng sudah mobile friendly, kalau mau pindah juga pindah saja ke halaman AMP.

      Secara harfiah itu sudah baik.

      Hapus
  6. kalo gw malah lebih suka template klasik jadul, lebih enak di pandang menurut gw :D

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas